Agustus 20

0 comments

Siapa Yang Bayar Pajak Karyawan / Pegawai di Perusahaan

Siapa yang bayar pajak karyawan/pegawai? Perusahaan memilki kewajiban pajak terkait gaji karyawan yakni mulai dari perhitungan, pembayaran hingga pelaporannya yang tercantum pada Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-32/PJ/2015. PPH 21 adalah pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa, dan kegiatan yang dilakukan oleh orang pribadi subjek pajak dalam negeri.


Di bulan Desember, perusahaan wajib menghitung dan melaporkan kembali keseluruhan gaji karyawannya, termasuk apabila perusahaan memberikan bonus akhir tahun maka perusahaan wajib melakukan perhitungannya kembali dan mengalkulasikan keseluruhan pendapatan karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut selama satu tahun. Atas hasil perhitungan yanga ada, perusahaan wajib menerbitkan bukti potong dan diberikan pada masing – masing karyawan yang telah dipotong pajak. Dalam hal ini karyawan hanya pada batas menerima bukti potong di setiap akhir tahunnya sebagai bentuk pemenuhan hak perpajakannya. Ketika menyampaikan SPT Tahunan orang pribadi bisa dilihat kembali apakah ada kurang bayar atau tidak atau hanya bekerja dengan 1 perusahaan saja berarti yang dilaporkan atas pajak penghasilannya hanya dari bukti potong PPh 21 dari perusahaan tersebut. 


Pemahaman mudahnya adalah  bisa dengan diibaratkan bahwa karyawan menitipkan di perusahaan tempat dimana mereka berkerja untuk membayar dan melaporkan pajak dari pengahasilannya setiap bulan. Nah, dapat disimpulkan bahwa karyawan tidak berkewajiban membayarkan pajak di setiap bulannya dengan catatan karyawan yang bersangkutan tidak memiliki penghasilan diluar pekerjaan utama atau sumber-sumber pendapatan yang lain. Jika ada penghasilan diluar perusahaan karyawan tersebut bekerja maka kemungkina akan dikenakan pajak yang berbeda.  Simak penjelasan selengkapnya di video berikut :


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

5 Langkah Mudah Melakukan Audit di Perusahaan Anda

5 Langkah Mudah Melakukan Audit di Perusahaan Anda

Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis

Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SPECIAL WORKSHOP

4 Strategi Audit Internal Untuk Mencegah Kecurangan Pada Bisnis Anda

Hari
Jam
Menit
Detik