Januari 7

0 comments

Prosedur Melakukan Perubahan (Update) Data Pengguna NPWP

Kemudahan akses layanan adalah salah satu prioritas terpenting yang harus dicapai oleh setiap institusi dengan kebijakan publik. Khusus untuk badan administrasi perpajakan Indonesia adalah Kantor Pajak. Layanan berkualitas tinggi dan standar adalah fokus perbaikan berkelanjutan khususnya untuk melakukan perubahan data NPWP.

Untuk saat ini saja, Administrasi Perpajakan Negara telah menyediakan berbagai layanan berbasis elektronik. Semua ini untuk membuat masyarakat puas dengan pelayanan perpajakan. Diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menginspirasi kepatuhan sukarela terhadap kewajiban perpajakan.

Namun dari berbagai aplikasi perpajakan yang dikembangkan oleh Badan Administrasi Perpajakan Negara, banyak Wajib Pajak yang belum memanfaatkannya secara maksimal.

Misalnya menggunakan aplikasi e-reg untuk mendaftarkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Kemudahan ini sebenarnya memungkinkan wajib pajak di luar tempat tinggalnya untuk mendaftar sebagai wajib pajak berdasarkan alamat KTPnya.

Dalam aplikasi ini wajib pajak hanya perlu mengisi dan mengunggah dokumen prasyarat yang dipersyaratkan. Wajib pajak yang mungkin ingin mengirim kartu NPWP dapat mencetak ulang kartu NPWP di kantor pajak terdekat setelah dikonfirmasi oleh kantor pajak terdaftar. Tentu saja, layanannya gratis.

perubahan data npwp

Sebagian orang mungkin tidak menyadari bahwa dalam penerapan regulasi elektronik dapat melakukan perubahan data dan transfer wajib pajak sesuai dengan regulasi terkait yaitu PER-20 / PJ / 2013 (direvisi dengan PER-38 / PJ / 2013).

Proses ini dijabarkan secara jelas dalam standar operasional prosedur, yaitu proses perubahan data wajib pajak dan / atau pendaftaran kena pajak melalui aplikasi pendaftaran elektronik Kantor Pelayanan Pajak (KPP00-0044). Prosedurnya meliputi;

1. Wajib Pajak membuka website Administrasi Perpajakan Negara http://www.pajak.go.id, kemudian memilih menu aplikasi dan login ke aplikasi registrasi elektronik;

2. Wajib Pajak masuk ke menu modifikasi data Wajib Pajak dan / atau Pengusaha Kena Pajak, mengisi dan menyerahkan formulir permohonan secara lengkap dan benar melalui formulir permohonan pendaftaran elektronik;

3. Setelah melengkapi dan menyerahkan formulir permohonan, wajib pajak harus mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan ke biro pajak;

a. Apabila dokumen yang dipersyaratkan dikirimkan secara online melalui aplikasi pendaftaran elektronik, maka wajib pajak akan mengunggah dan mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan melalui sistem yang tersedia di aplikasi pendaftaran elektronik;

b. Apabila dokumen yang dipersyaratkan tidak dikirimkan secara online melalui aplikasi registrasi elektronik, Wajib Pajak akan mencetak surat penyerahan dokumen di aplikasi dan melampirkan dokumen yang dipersyaratkan ke KPP.

4. Setelah tahap ini, otoritas yang berwenang akan masuk ke registrar biro pajak sehingga jika ditemukan persyaratan yang tidak benar dan tidak lengkap, pemberitahuan akan dikirim ke wajib pajak melalui email untuk mencari wajib pajak.

Oleh karena itu, jelas bahwa Administrasi Perpajakan Negara telah menyediakan banyak cara untuk beradaptasi dengan situasi ini. Selain mengubah alamat wajib pajak dan informasi kontaknya, tingkat komunikasi untuk pemutakhiran kode bisnis masih sangat rendah.

Bahkan, masyarakat khawatir wajib pajak akan menjadi basis untuk menuntut lebih banyak pajak. Itulah bayangan yang dihadapi pembayar pajak. Meskipun di sisi lain kami memang harus melaporkan kewajiban perpajakan secara jujur, namun keabsahan data ini sangat berguna untuk dapat melihat pemetaan sektor bisnis Indonesia.

Pemerintah selalu memantau perusahaan secara terus menerus dan memberikan insentif atau fleksibilitas untuk pengembangan usaha. Pemetaan ini menjadi dasar sinkronisasi kebijakan pemerintah yang lebih efektif dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Oleh karena itu, pada kenyataannya sistem modifikasi data ini telah dibuat sesederhana mungkin, dan diharapkan Wajib Pajak yang terdaftar dapat antusias mengupdate datanya untuk keperluan perpajakan sehingga data pemetaan departemen bisnis dapat digunakan dengan benar.

Jika ingin memahami dengan jelas tentang bagaimana prosedur yang jelas untuk melakukan perubahan data NPWP, dapat Anda simak dalam video berikut ini.


Tags

bayar pajak, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, lapor pajak, mengatur keuangan, modal, online, pajak, pajak bisnis online, pajak dokter, pajak hotel, pajak makelar, pajak penghasilan, pajak usaha


You may also like

Rahasia Sukses Buka Ratusan Cabang Ala Kopi Janji Jiwa

5 Kesalahan Utama Dalam Membangun Bisnis F&B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube