Februari 11

0 comments

Memahami 5 Kode Akun Dalam Pembukuan

Setiap perusahaan, terutama pemilik usaha atau perusahaan kecil pasti mengalami masalah pencatatan transaksi. Jika masalah tertunda, ini dapat menyebabkan masalah jangka panjang. Inilah mengapa perusahaan atau pemilik bisnis harus membuat kode akun atau bagan pelanggan atau CoA.

Dalam akuntansi, pembukuan membutuhkan kode akun. Nomor ini yang digunakan untuk mengklasifikasikan akun pos atau transaksi. Kode pembuatan akun tidak boleh sembarangan.

Setiap kode yang digunakan memiliki arti masing-masing, sehingga Anda dapat mengkategorikan transaksi ke dalam jenis transaksinya hanya dengan melihat kode akun.

Kode akun atau bagan akun (CoA) adalah daftar akun perusahaan yang digunakan untuk mengidentifikasi atau mempercepat proses pencatatan transaksi (entri dan pengeluaran).

Nantinya, semua catatan transaksi akan diringkas dalam “Log Umum”. Setiap perusahaan dapat mengatur bagan akunnya sendiri sesuai kebutuhan.

Bagan akun biasanya digunakan dalam perangkat lunak akuntansi untuk menyederhanakan proses akuntansi.

Dengan bantuan bagan akun, perusahaan dapat mengatur atau mengubah bagan proses dan struktur akun mereka sendiri.

Bagan akun selalu ditandai dengan simbol angka untuk menunjukkan bahwa setiap jenis berbeda. Biasanya, bagan akun dibuat untuk menampilkan laporan keuangan dari neraca hingga laporan laba rugi.

Kemudian, Anda dapat terus menggunakan akun lain, seperti modal (ekuitas), pengeluaran atau pengeluaran, dan kewajiban atau hutang.

Manfaat membuat bagan akun meliputi:

  1. Catatan atau data yang sudah ada lebih mudah untuk dikontrol, dibandingkan, dan dianalisis secara akurat, dan pengguna dapat menggunakannya dalam pengambilan keputusan.
  2. Sangat mudah untuk memperbaiki data atau catatan yang telah diubah karena kesalahan pengguna atau transaksi lainnya.
  3. Mempermudah untuk mengolah hasil catatan atau data yang telah didapatkan, dan akan lebih mengontrol pengolahannya.
  4. Permudah penulisan laporan.
  5. Laporan tersebut mudah dibaca sehingga semua pihak yang berkepentingan dapat mengambil keputusan dengan mudah dan akurat.

CoA memiliki 5 kode akun utama, dimana akan digunakan sepenuhnya dalam membuat laporan akuntansi. Lalu apa sajakah 5 kode tersebut? Simak dalam video berikut ini untuk mempelajari lebih jelas dan lengkap.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Tips Mengubah Bisnis Apapun Agar Bisa Punya Untung Besar

Sebuah Perusahaan Rugi Puluhan Milyar Sebab Tak Terapkan Strategi Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube