Juli 14

0 comments

Cara Membuat Budget Operasional Perusahaan untuk Periode Selanjutnya

Banyak bisnis yang gagal di usia yang cukup muda karena masalah perencanaan budget, salah satunya karena menentukan anggaran yang belum matang.

Menentukan budget operasional perusahaan merupakan perkiraan pengeluaran dan pendapatan untuk periode tertentu. Dengan memiliki mennetukan anggaran yang jelas, Anda bisa belajar bagaimana membelanjakan uang. Jadi, Anda memiliki perencanaan yang matang sebelum membuat keputusan untuk membelanjakan uang.

Jika Anda telah berhasil menyusun anggaran secara efektif dan efisien, maka Anda dapat menjalankan bisnis Anda dengan lancar. Rencana anggaran yang kurang efektif dan efisien bersumber dari pengeluaran yang terlalu besar di awal, namun tidak tepat sasaran, sehingga pendapatan tidak bertambah.

Alasan Anda Harus Menentukan Budget Operasional Perusahaan

Untuk mempersiapkan pengeluaran-pengeluaran yang pasti akan terjadi pada triwulan atau tahun mendatang. Berikut ini adalah beberapa tujuan menentukan budget operasional:

  1. Membantu perusahaan dalam menetapkan batasan jumlah dana yang akan masuk dan keluar.
  2. Menjadi landasan yuridis formal dalam menentukan sumber dana investasi.
  3. Membantu manajemen untuk melakukan pengawasan karena terdapat rincian sumber dana dan investasi dalam anggaran.
  4. Rasionalisasi sumber dan investasi dana.
  5. Untuk menyempurnakan rencana bisnis yang telah tersusun.
  6. Membantu manajemen untuk menampung dan menganalisa serta mengambil keputusan dalam kegiatan operasional perusahaan.

Pada dasarnya, Anda harus membuat rencana anggaran karena dapat membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda miliki, berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan, dan berapa banyak pendapatan yang harus Anda hasilkan untuk mencapai target perusahaan.

Hal Penting Yang Harus Ada Dalam Menentukan Budget Operasional

Untuk menentukan rencana anggaran operasional yang tepat, setidaknya harus ada tiga komponen. Namun perlu Anda ingat, ketiga komponen tersebut masih berupa rencana. Ini berarti bahwa angka-angka yang tercantum untuk masing-masing komponen ini mungkin tidak sesuai dengan kenyataan. Ketiga komponen tersebut adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:  Hitung Break Even Point (BEP) Agar Tahu Kapan Bisnis Untung
1. Pendapatan

Pendapatan yang terproyeksi masuk dalam seperempat atau satu tahun adalah dasar dari rencana keuangan. Sebab, rencana ini akan mendorong Anda untuk menetapkan prioritas dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, proyeksi pendapatan ini harus terbentuk seakurat mungkin.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan periode sebelumnya sebagai referensi. Jika Anda belum memiliki data itu, maka Anda harus melakukan riset pemasaran. Misalnya dengan berdiskusi dengan para pebisnis yang bergerak di bidang yang sama dengan Anda.

2. Biaya Pengeluaran

Pengeluaran dalam menjalankan bisnis adalah hal yang pasti. Namun, jika pengelolaannya baik, pengeluaran ini justru bisa meningkatkan pendapatan berkali-kali lipat. Setelah menetapkan perkiraan pendapatan, maka Anda harus menyiapkan anggaran untuk dapat mencapai pendapatan yang diinginkan.

Untuk itu, Anda dapat membagi biaya menjadi beberapa kategori, yaitu biaya tetap, biaya variabel, dan biaya semi variabel.

3. Keuntungan

Proyeksi keuntungan dapat diperoleh dengan mengurangkan pendapatan dari pengeluaran. Jika Anda sudah mendapatkan perkiraan angka keuntungan, maka Anda bisa melanjutkan perencanaan keputusan keuangan lainnya. Pada tahap ini, jangan ragu untuk memeriksa ulang pengeluaran Anda.

Mungkin ada beberapa pos pengeluaran yang masih bisa dikurangi untuk memaksimalkan keuntungan.

Cara Membuat Budget Operasional Perusahaan

Menentukan rencana anggaran operasional memang tidak mudah. Namun, percayalah, siapa pun bisa membuat rencana anggaran keuangan yang tepat jika memiliki keinginan untuk mempelajarinya. Untuk membantu Anda mengembangkan rencana anggaran yang efisien, berikut beberapa langkah yang dapat Anda coba:

  1. Siapkan anggaran pendapatan dari penjualan. Caranya adalah dengan mengalikan volume produk dengan harga produk rata-rata.
  2. Mempersiapkan anggaran produksi yang berguna untuk memenuhi target penjualan dan kebutuhan persediaan.
  3. Menyiapkan anggaran untuk biaya bahan langsung, yaitu biaya yang berguna untuk pembelian bahan baku untuk memenuhi jumlah unit produksi yang tertargetkan.
  4. Menyiapkan anggaran biaya tenaga kerja yang berguna untuk mencapai target produksi.
  5. Siapkan anggaran biaya overhead pabrik, yang menjelaskan perkiraan biaya produksi tidak langsung. Biaya overhead meliputi biaya overhead variabel dan tetap. Dalam anggaran ini, biaya overhead pabrik tidak dapat teridentifikasi antara biaya dan output per item.
  6. Siapkan anggaran untuk harga pokok penjualan.
  7. Siapkan anggaran untuk biaya non-manufaktur, termasuk biaya administrasi, biaya pemasaran, biaya distribusi produk, dan penyusutan aset perusahaan.
BACA JUGA:  Kenali 9 Cara Efektif Dalam Mencegah, Mendeteksi dan Menginvestigasi Kecurangan Dalam Perusahaan Anda

Agar rencana anggaran operasional perusahaan dapat terstruktur dengan baik, maka harus berjalan secara sistematis dan rapi. Dalam menyusun anggaran, akan lebih mudah jika Anda telah membuat rencana anggaran keuangan di tahun sebelumnya. Sebab, seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, proyeksi tahun lalu merupakan landasan bagi rencana ke depan.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top