April 26

0 comments

Bagaimana Cara Cek NPWP Pribadi secara Online yang Mudah

Di era digital yang semakin berkembang, mengakses segala informasi jadi mudah, termasuk mengetahui urusan perpajakan. Meskipun terkesan sederhana, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara cek NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak pribadi secara online. Alhasil, justru melakukan pengecekan secara manual yang merepotkan. 

Langkah cek NPWP pribadi online ini pun cenderung mudah. Anda hanya perlu menyiapkan akses internet dan data pribadi. Jika keduanya tersedia, selanjutnya silakan ikuti tutorial mudah berikut. 

Mengenal Apa itu NPWP?

konsultan pajak

Seperti yang sudah disinggung, NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, yakni sebuah dokumen penting dalam urusan perpajakan. Seperti halnya KTP, NPWP adalah identitas wajib pajak yang selalu diperlukan dan digunakan dalam mematuhi kewajiban perpajakan, sesuai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) 5 Tahun 2008. 

Saat ini NPWP terbagi menjadi dua jenis, yakni NPWP orang pribadi dan NPWP badan. Perbedaannya, NPWP orang pribadi diberikan kepada individu yang memiliki penghasilan di Indonesia, sementara NPWP badan diberikan kepada badan usaha yang mempunyai penghasilan di Indonesia.

Cara Cek NPWP secara Online

Saat ini, wajib pajak baik individu maupun badan memiliki opsi untuk memeriksa status NPWP mereka secara online atau offline. Fokus pada metode online, terdapat beberapa cara untuk melakukan pengecekan NPWP melalui situs resmi DJP, menggunakan NIK dan KK yang terdaftar, memindai kode QR, serta menggunakan aplikasi mobile resmi yang disediakan. Berikut berbagai cara untuk mengecek NPWP:

Cara Cek NPWP Pribadi secara online melalui DJP

  1. Akses situs ereg.pajak.go.id/ceknpwp
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NIK)
  3. Isi kode captcha yang muncul
  4. Tunggu hingga website menampilkan status serta detail NPWP Anda jika data yang dimasukkan tepat
BACA JUGA:  Pahami Ketentuan PPh Pasal 21 Demi Ketaatan Pajak Karyawan

Cara Cek NPWP Pribadi Jarak Jauh Lainnya:

Ada kalanya situs website terkendala saat hendak cek NPWP. Untuk itu, Anda dapat implementasikan alternatif cara berikut:

  1. Telepon Kring Pajak, silakan Anda hubungi layanan Kring Pajak pada nomor 1500200. Melalui layanan ini, petugas layanan pajak akan mengonfirmasi NPWP Anda
  2. Menggunakan Aplikasi Mobile, untuk langkah lebih mudah Anda bisa instal aplikasi mobile oleh DJP di Play Store atau App Store, yakni M-Pajak. Dengan ini, silakan login dan klik opsi ‘Cek NPWP’. Jika data muncul, berarti NPWP terdaftar dan valid, jika tidak, Anda perlu menghubungi kantor pajak setempat.

Butuh Konsultan Pajak Profesional untuk Menyelesaikan Pemasalahan?

Merasa sudah tertib pajak, tetapi ternyata muncul beberapa kendala yang justru merugikan Anda? Sebut saja seperti denda atau nominal besar yang tiba-tiba muncul. Namun Anda tidak perlu khawatir, D’Consulting siap menyelesaikan segala permasalahan pajak Anda dan perusahaan. 

Sebagai konsultan pajak profesional, D’Consulting menawarkan layanan konsultasi pajak secara detail, mulai dari perencanaan pajak, pelaporan pajak, hingga penanganan berbagai isu kompleks lainnya. Tim andal dan berpengalaman kami berkomitmen memberikan penyelesaian terbaik untuk kendala pajak Anda. Nah, sekarang Anda sudah mengetahui cara cek NPWP pribadi secara online dengan baik.

Jika Anda membutuhkan konsultan, Anda bisa mengonsultasikan ini dengan D’Consulting. Bersama D’Consulting, Anda tak perlu merasa sendirian dalam menghadapi tantangan. Bergabunglah dengan lebih dari 450+ perusahaan yang telah kami bantu di Indonesia, dan temukan solusi yang tepat untuk mengoptimalkan bisnis Anda. Informasi lengkapnya klik di sini!


Tags

bayar pajak, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, kantor akuntan publik, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, konsultan bisnis, konsultan keuangan, konsultan manajemen, konsultan pajak, kuliner, lapor pajak, mengatur keuangan, modal, online, pajak, pajak bisnis online


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik