Desember 11

0 comments

5 Tips Melakukan Stock Opname Yang Tepat

Topik kali ini mengenai “Bagaimana Melakukan Stock Opname yang Baik”. Sebelum dimulai perlu diketahui Stock Opname adalah cara untuk kita menilai apakah persediaan kita benar atau tidak. Namun banyak perusahaan tidak melakukan Stock Opname. Jadi apabila sudah memulai usaha dan semakin berkembang jangan lupa melakukan Stock Opname secara berkala. Dan waktu sebaiknya melakukan stock opname yang baik minimal 1 kali perbulannya, namun berbeda lagi semisalkan contoh pada resto/rumah makan yang mana sebaiknya melakukan stock opname setiap harinya. Jadi dilihat dulu kepentingan setiap tempatnya karena setiap tempat/perusahaan kepentingannya berbeda-beda. Selanjutnya Bagaimana melakukan Stock Opnam yang baik?. Berikut 5 Tips melakukan stock opname yang baik:

#1. Perhatikan penataan gudang yang baik.

Ketika gudang tidak tertata dengan baik tentunya akan kesusahan dalam melakukan proses stock opname, seperti kesulitan dalam mencari barangnya hingga membongkar dan mengembalikannya lagi begitu seterusnya. Jadi sebelum melakukan Stock Opname pastikan terlebih dahulu bahwa Gudang sudah ditata dengan baik. Mulai dari rakking yang baik, dipalet dengan baik, managemen inventori yang baik, labeling dan kartu stock nama produk dll. Serta pisahkan lokasi antara barang fast moving dan slow moving dengan jelas.

#2. Menggunakan Program Inventory Management

Menggunakan program inventory management adalah dengan mencatat berapa barang yang dimiliki serta keberadaan lokasi barang yang ada . Ketika sudah melakukan opname maka Anda juga harus mengetahui barang apa yang harus diopname dan punya list persediaan, dimana lokasinya sampai dengan jumlah pencatatan kuantitasnya. Serta ketika dilapangan, secara program barangpun harus dipastikan kebenarannya atau kesesuaiannya.

#3. Membentuk Team (Minimal 2 Orang)

Pelakasana opname adalah bagian accounting yang langsung bisa turun kelapangan dengan catatan dengan tidak mengobrol atau membicarakan terlebih dahulu kepada pihak warehouse. Namun, ketika turun ke lapangan tim warehouse harus mendampingi. Ketika memiliki accounting banyak jumlahnya sebaiknya ini dimanfaatkan dengan melakukan opname secara bergantian/tidak satu orang itu saja secara terus menerus, karena untuk menghindari fraud yang sangat mungkin bisa terjadi (adanya kerjasama tidak baik antara bagian gudang dengan accounting tersebut).

#4. Siapkan Tools

Perlu diperhatikan juga sebelum melakukan stok opname, Anda harus menyiapkan terlebih dahulu tools atau alat-alat yang dibutuhkan saat proses opname seperti bolpoin, spidol ceksheet dan lain sebagainya.

#5. Buat Berita Acara Stock Opname 

Pastikan apa yang sudah dicek harus disepakati oleh kedua belah pihak agar nantinya jelas apakah kurang atau lebih serta pertanggung jawabannya seperti apa.

Demikian penjelasan kami tentang “Tips Melakukan Stock Opname Yang Tepat”, semoga dapat membantu Anda untuk sedikit memahami bagaimana stock opname yang baik dan benar. Semoga bisa bermanfaat. 


Tags

audit, bisnis, fraud, stock opname, tips bisnis


You may also like

Apa Pentingnya Software Akuntansi Buat Usaha Anda?

Bagaimana Prosedur Penjualan Yang Tepat Pada Usaha Distributor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube