Hallo Business Owner, Direktur, Manager Keuangan / Accounting & Entrepreneur!

Bisnis semakin berkembang namun cash flow tidak lancar?

Atau Anda tidak dapat mengambil keputusan hanya karena laporan keuangan tidak terbit setiap bulan

Pelajari akar masalah, solusi dan strategi untuk memiliki laporan keuangan yang valid dan cash flow yang lancar agar usaha Anda bisa semakin berkembang dan terus berkelanjutan

Dari pengalaman kami membantu lebih dari 250 perusahaan di Indonesia terdapat beberapa masalah utama seperti halnya

Dari Segi Keuangan Perusahaan  

USAHA BERKEMBANG NAMUN HUTANG SEMAKIN BERTAMBAH

Banyak perusahaan yang berkembang tetapi mereka tidak menyadari bahwa beban hutangnya juga semakin bertambah sehingga akan menimbulkan kemungkinan gagal bayar hutang dikemudian hari

OMZET USAHA BERTAMBAH TAPI CASH FLOW TIDAK TERKONTROL

Hal yang biasanya terjadi karena pemilik usaha terlalu fokus untuk mengerjar omzet sehingga mengesampingkan pentingnya cash flow yang sangat berdampak bagi sendi sendi usaha

LAPORAN KEUANGAN TIDAK DAPAT TERBIT SETIAP BULAN

Tidak adanya kesadaran dan kemampuan akan pentingnya membuat laporan keuangan yang dapat menjadi dasar dalam mengambil keputusan strategis dalam perusahaan

USAHA BERKEMBANG PESAT NAMUN MERASA KEUTUNGAN YANG DIDAPAT BELUM MAKSIMAL

Berkembangnya usaha tidak serta merta membuat keutungan yang dipat juga ikut naik, hal ini dikarenakan butuknya pengelolaan cash flow dalam perusahaan

Dari Segi Pengembangan Usaha  

Laporan keuangan terbit setiap bulan, namun tidak yakin kevalidanya

Banyak perusahaan yang berkembang tetapi mereka tidak menyadari bahwa beban hutangnya juga semakin bertambah sehingga akan menimbulkan kemungkinan gagal bayar hutang dikemudian hari

Pengerjaan Laporan Keuangan Masih Manual sehingga menghabiskan banyak waktu

Banyak perusahaan yang berkembang tetapi mereka tidak menyadari bahwa beban hutangnya juga semakin bertambah sehingga akan menimbulkan kemungkinan gagal bayar hutang dikemudian hari

mau expand usaha namun merasa sdm yang dimiliki tidak mampu menangani beban pekerjaan 

Banyak perusahaan yang berkembang tetapi mereka tidak menyadari bahwa beban hutangnya juga semakin bertambah sehingga akan menimbulkan kemungkinan gagal bayar hutang dikemudian hari

Apa Penyebab Permasalahan Diatas

Dari pengalaman kami membantu lebih dari 250 klien di Indonesia hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal sebagai berikut

  1. 1
    Tidak SOP yang menghubungkan setiap alur yang berhubungan dengan sistem keuangan
  2. 2
    Tidak adanya laporan keuangan yang bisa terbit setiap bulan 
  3. 3
    Tidak adanya software keuangan yang memudahkan dalam pembuatan software keuangan 
  4. 4
    Ketidakmampuan SDM dalam mengoperasikan software keuangan
  5. 5
    Laporan keuangan yang terbit tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya

Solusi dari permasalahan tersebut

Memiliki SDM yang kompeten

SDM yang kompeten menjadi modal dasar untuk memiliki usaha yang tahan akan berbagai macam kondisi dan perubahan zaman 

Memiliki laporan keuangan yang valid

Memiliki laporan keuangan yang valid dalam perusahaan seperti halnya memiliki catatan kesehatan perusahaan yang dapat dijadikan dasar atau acuan untuk mengambil kebijakan strategis

Memiliki laporan keuangan yang terkomputerisasi

Tidak hanya memiliki laporan keuangan yang valid tapi juga harus terkomputerisasi untuk memudahkan dan mempercepat proses pembuatan laporan keuangan  itu sendiri 

Memiliki SOP yang menghubungkan setiap alur yang berhubungan dengan sistem keuangan

Untuk menciptakan laporan keuangan yang Valid salah satunya harus memiliki SOP yang dapat menghubungkan setiap alur yang berhubungan dengan sistem keuangan

Siapa D'Consulting?

D'Consulting merupakan perusahaan jasa konsultasi bisnis dan keuangan yang berdiri sejak tahun 2011 dan melayani lebih dari 250 perusahaan di seluruh Indonesia. D'Consulting memiliki pelayanan utama dibidang keuangan, Implementasi SOP, Implementasi Sistem Akuntansi, Implementasi Software Keuangan, Perpajakan, Auditing, Business Valuation, dan ISO

Perusahaan yang pernah memakai jasa kami

More than 300 client around Indonesia

Apa kata mereka terhadap kinerja kami

PT. HARTA SAMUDRA

Sekarang PT. Harta Samudra sudah punya laporan keuangan yang lebih jelas dan pembagian tugas karyawan yang lebih optimal terimakasih D'Consulting yang selalu memberikan yang terbaik bagi PT. Harta Samudra

Robert  Tjoanda  //  Owner

Kacang Mayasi (PT. Manohara Asri)

Senang sekali bekerjasama dengan DBC. Selama kita bekerjasama ini, saya sangat puas dengan team yang ada karena sangat solid, disiplin dan mereka bisa bekerjasama dengan baik.

Bu Lisa  //  Head Finance Accounting 

Perusahaan yang menjadi partner kami

More than 50 partner

Bagaimana team kami melakukan proses implementasi di perusahaan Anda

Team konsultan kami yang berpengalaman akan terjung langsung di perusahaan Anda setiap bulan dan akan melakukan review, konsultasi, hingga bertanggungjawab atas jalannya sistem baru yang telah dibuat dan disepakati bersama. Proses untuk implementasi operasional prosedur ini juga memiliki tahapan seperti berikut 

1

Mereview dan merevisi business process 

  • Mereview dan merevisi business proses perusahaan
  • Mereview dan merevisi formulir terkait dengan transaksi dilapangan
  • Mereview dan mendesain ulang formulir yang terkait dengan operasional perusahaan apabila diperlukan
  • Mereview dan merevisi batasan approval tiap-tiap departemen pada perusahaan


Proses Implementasi Sistem Keuangan

  • Menentukan key user yang akan terkait dengan proses controlling ketika berjalannya SOP
  •  Melakukan training penggunaan program kepada user dan key user
  • Membuat konsep kustomisasi kerangka database agar sesuai dengan business process perusahaan 
  • Melakukan evaluasi terhadap kinerja dari user dan key user selama proses implementasi 
  • Mengajarkan cara pengecekan didalam program (report to report) kepada project manager

2

3

Proses Implementasi Laporan Keuangan

  • Membuat / merevisi kerangka laporan keuangan
  • Menerbitkan dan mempresentasikan laporan keuangan, maksimal H+1bulan setiap bulan berjalan
  • Mendampingi dan mengajarkan dalam pembuatan laporan keuanagn
  • Melakukan korelasi akun dengan laporan keuangan pajak (PPh 21, 22, 23, 25, 4(2) & PPN)


Proses Auditing di perushaan  

  •  Melakukan sampling pengecekan dokumen fisik (pembelian, penjualan, kas bank, persediaan, dsb) dibandingkan dengan laporan
  • Melakukan cash opname 
  • Melakukan pencocokan saldo bank 
  • Melakukan sampling stock opname 

4

Benefit yang akan Anda dapatkan dengan melakukan implementasi sistem keuangan

Meminimalkan Hutang

Anda dapat meminimalkan penambhan hutang bank karena Anda memiliki usaha yang berkembang

Omzet Bertambah

Cash flow Anda akan terkontrol dan omzet akan bertambah

Memiliki laporan keuangan yang valid

Tidak hanya memiliki laporan keuangan tetapi laporan keuangan yang valid dan terbit setiap bulan

Memilik SDM yang kompeten

Mempunyai SDM yang kompeten sehingga dapat menangani berbagai macam hal yang berhubungan dengan sistem keuangan

SOP yang terhubung dengan sistem keuangan

Anda akan memiliki SOP yang terhubung dengan sistem keuangan yang akan mempermudah accounting dalam membuat laporan keuangan

Pengambilan keputusan dengan tepat

Anda akan dapat mengambil keputusan dengan tepat dan cepat dari dasar laporan keuangan yang valid

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube