Februari 26

0 comments

Unsur Yang Terlibat Dalam Harga Pokok Penjualan dan Harga Jual

Harga Pokok Penjualan (HPP) bukan kata asing yang bisa Anda dengar, bukan? Apalagi bagi orang yang bergerak di bidang pekerjaan akuntansi, istilah ini akan sangat familiar terutama untuk menentukan harga jual.

Namun, bagi sebagian orang, masih ada kebingungan. Sebagian orang akan beranggapan bahwa harga pokok jual barang adalah harga jual, bukan? Harga pokok penjualan bukanlah harga.

Harga jual dan harga pokok penjualan memiliki arti dan cara perhitungan yang berbeda. Di bawah ini, “Jurnal” akan memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai harga pokok dan harga jual barang yang dijual.

Harga pokok penjualan adalah total biaya perolehan langsung perusahaan atas barang atau jasa.

Perhitungan HPP bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya produksi yang akan dikeluarkan perusahaan pada saat memproduksi barang atau jasa. Umumnya penghitungan harga pokok penjualan (HPP) meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya tidak langsung.

Tujuan penghitungan harga pokok penjualan adalah untuk mengetahui biaya yang timbul dalam produksi barang dan jasa. Harga pokok penjualan merupakan bagian integral dari laporan laba rugi. Untuk menghitung COGS, rumus berikut dapat digunakan:

HPP = Persediaan Awal + Pembelian – Persedian Akhir
Pembelian Bersih = (Pembelian + Biaya Angkut) – (Retur Pembelian + Potongan Pembelian)

1. Persediaan Awal Barang Dagangan

Dalam sebuah perusahaan perdagangan, ketersediaan barang tentunya merupakan hal yang sangat penting, dan harus selalu diperhatikan agar tidak terjadi kekurangan persediaan yang akan mengakibatkan kelangkaan barang dan bahkan keuntungan perusahaan yang lebih fatal.

Persediaan barang dagangan awal adalah barang dagangan yang tersedia pada awal tahun fiskal berjalan. Informasi tentang neraca persediaan komoditas pada awal periode biasanya dicatat di neraca periode berjalan atau neraca tahun sebelumnya.

2. Pembelian Bersih

Untuk menjaga ketersediaan persediaan komoditas sepanjang tahun anggaran berjalan, perusahaan perdagangan akan melakukan pembelian komoditas.

Barang yang dibeli dengan uang tunai atau kredit, ditambah biaya pengiriman atau transportasi, dan dikurangi dengan diskon pembelian atau diskon dan pengembalian pembelian, merupakan bagian dari pembelian bersih.

Dalam komponen ini, diskon dan retur pembelian tidak selalu ada. Oleh karena itu, jika perusahaan membeli barang yang tidak termasuk diskon dan pengembalian pembelian, bagian pembelian bersih hanya mencakup semua pembelian barang, termasuk tunai dan kredit, dan hanya biaya pengangkutan atau transportasi.

3. Persediaan akhir barang dagangan

Selain persediaan awal, harga pokok penjualan juga termasuk komponen yang disebut persediaan akhir. Komponen ini mengurangi jumlah produk siap jual yang diperoleh dari persediaan produk awal ditambah pembelian bersih.

Persediaan barang dagangan akhir adalah persediaan barang dagangan yang tersedia pada akhir tahun fiskal berjalan. Informasi mengenai saldo persediaan pada akhir periode dapat ditemukan pada data penyesuaian perusahaan pada akhir periode.

Harga pokok penjualan barang dan harga jual adalah hal yang berbeda. Namun, dengan menggunakan COGS, Anda bisa menentukan harga jual yang sesuai untuk dibebankan kepada konsumen. Agar perusahaan bisa untung maka harga jual yang Anda tetapkan harus lebih besar dari harga pokok penjualan.

Harga jual merupakan besarnya harga yang dibebankan kepada konsumen. Untuk menghitung harga jual, kami jelaskan dalam sebuah video berikut ini agar lebih jelas.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Rahasia Sukses Buka Ratusan Cabang Ala Kopi Janji Jiwa

5 Kesalahan Utama Dalam Membangun Bisnis F&B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube