November 24

0 comments

Tugas Manajer Keuangan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

Manajer keuangan merupakan posisi yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, karena merupakan ujung tombak yang berhubungan dengan keuangan. Apa tugas manajer keuangan?

Peran seorang manajer keuangan dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan kompleksitas suatu perusahaan. Misalnya, di perusahaan yang lebih besar, mungkin manajer keuangan dapat melakukan kegiatan terfokus seperti analisis strategi.

Kegiatan ini berfungsi untuk membantu manajer senior membuat keputusan terbaik. Ini mungkin termasuk menafsirkan informasi keuangan dan memprediksi tren masa depan.

Di perusahaan kecil, manajer keuangan mungkin memiliki tanggung jawab yang jauh lebih luas, atau mungkin mengelola seluruh fungsi keuangan.

Beberapa manajer keuangan bahkan terus mengawasi tim lintas fungsi dengan departemen TI serta staf administrasi.

Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut berskala kecil, sehingga masih dapat ditangani oleh satu orang pengelola keuangan. Lalu, apa saja tugas dan tanggung jawab seorang manajer keuangan di sebuah perusahaan? Berikut penjelasannya.

Mengenal Lebih Dekat Manajer Keuangan Dalam Perusahaan

Tugas Manajer Keuangan Dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

Uraian di atas secara singkat membahas tentang pentingnya manajer keuangan dalam menjalankan suatu perusahaan. Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan manajer keuangan dan divisinya. Jadi pengertian manajemen keuangan adalah suatu kegiatan untuk mengelola keuangan perusahaan, kemudian terdiri dari perencanaan untuk mendapatkan pendanaan.

Jadi manajemen keuangan sendiri memiliki tujuan untuk mengalokasikan dana sekaligus mengelola aset perusahaan yang ada untuk tujuan tertentu. Kemudian untuk manajer keuangan adalah seorang individu yang bekerja membuat strategi, mengelola dan menerapkannya. Selain para manajer, tentunya operasional keuangan perusahaan sangat dipengaruhi oleh divisi khusus keuangan yang ada.

Dimana untuk pengertian divisi dalam bidang pendanaan bertugas merencanakan, melaksanakan, mengendalikan seluruh sumber daya perusahaan yang ada. Tujuan sumber daya perusahaan seperti karyawan, produk yang dimiliki hingga lokasi gedung kerja. Seluruh pengelolaan dan kegiatan tersebut digunakan untuk mendukung kemajuan pekerjaan secara efektif dan efisien.

BACA JUGA:  Rasio Solvabilitas, Sanggupkah Perusahaan Lunasi Hutang?

Tugas Manajer Keuangan Dalam Perusahaan

Pekerjaan utamanya adalah bertanggung jawab untuk membantu perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan dengan memberikan nasihat keuangan yang tepat. Tugas manajer keuangan lainnya adalah sebagai berikut:

1. Menyusun perencanaan keuangan umum perusahaan

Manajer keuangan bertugas menyusun perencanaan keuangan untuk operasional perusahaan yang berlaku dalam satu periode akuntansi. Perencanaan keuangan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kegiatan perusahaan pada periode tersebut.

2. Berkolaborasi dengan manajer dari divisi lain

Manajer keuangan perlu bekerja sama dengan manajer lain untuk mengembangkan perencanaan keuangan sesuai kebutuhan. Setiap divisi harus memiliki anggaran sendiri.

Selain itu, mereka juga harus bekerja sama dalam hal-hal lain yang berkaitan dengan proyek-proyek perusahaan. Bisa terbilang manajer keuangan sering mengadakan pertemuan dengan manajer lainnya.

3. Menjalankan kebutuhan keuangan perusahaan secara efisien

Salah satu tujuan manajer keuangan yang menyusun perencanaan keuangan adalah agar uang perusahaan dapat terpakai secara efisien. Sepanjang pelaksanaan operasional perusahaan, manajer keuangan akan memastikan bahwa uang yang ada terpakai sesuai rencana.

Jika perlu uang tambahan, manajer keuangan tidak akan langsung memberikan uangnya, tetapi memeriksanya dengan cermat sebelum mengambil keputusan.

4. Membuat keputusan mengenai investasi perusahaan

Perusahaan sering berinvestasi dalam instrumen atau bekerja sama dengan perusahaan lain untuk mendapatkan keuntungan. Keputusan investasi terlaksana oleh manajer keuangan yang mampu menilai apakah investasi tersebut baik untuk masa depan perusahaan atau tidak.

5. Menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan

Manajer keuangan juga bertanggung jawab untuk menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan untuk mendapatkan lebih banyak dana.

Pasar keuangan merupakan tempat terjadinya transaksi surat berharga. Manajer keuangan biasanya tahu bagaimana memilih instrumen pasar uang terbaik untuk perusahaan.

BACA JUGA:  Apa Itu Buku Besar Perusahaan Dagang? Bagaimana Buatnya?

6. Mempromosikan kondisi keuangan perusahaan

Kondisi keuangan perusahaan harus selalu sehat, dan terus berkembang yang menandakan kemajuan perusahaan. Tugas menjaga dan mengembangkan kondisi keuangan perusahaan berada di tangan pengelola keuangan.

Tanggung Jawab Seorang Manajer Keuangan Dalam Perusahaan

Selain tugas yang harus seorang manajer divisi keuangan bebankan, tentunya ada juga tanggung jawab yang harus terlaksana. Apa saja tanggung jawabnya? Berikut uraiannya!

1. Mengkoordinasikan Pengendalian Dana Perusahaan

Tanggung jawab manajer divisi itu sendiri harus dapat mengkoordinasikan pengendalian dana perusahaan. Jangan sampai masing-masing divisi kerja perusahaan memiliki biaya operasional yang di luar kemampuan perusahaan. Pengendalian keuangan harus manajer keuangan dan divisinya lakukan.

2. Mengelola Fungsi Akuntansi yang Ada

Selain bertugas mengendalikan dana perusahaan, tanggung jawabnya adalah mampu mengelola fungsi akuntansi. Tidak melanggar aturan dan sistem akuntansi kerja perusahaan yang telah ada. Pengawasan dan pengelolaan fungsi ini penting untuk menjaga ketertiban keuangan perusahaan.

3. Merencanakan dan Mengembangkan Sistem Keuangan Perusahaan

Selanjutnya, tanggung jawab seorang manajer divisi keuangan adalah merencanakan dan mengembangkan sistem keuangan di dalam perusahaan. Strategi keuangan yang tepat tentunya akan membuat keuangan perusahaan semakin berkembang. Pengembangan sistem keuangan yang tepat juga akan dapat membuat kemajuan dalam perusahaan.

4. Memastikan Efisiensi Kerja Perusahaan

Tanggung jawab lainnya adalah untuk dapat memastikan berjalannya kinerja perusahaan secara efisien. Tidak boleh bertele-tele, tidak memakan waktu kerja yang kurang efektif dan membengkakkan keuangan perusahaan. Manajer divisi keuangan harus mampu menjaga kinerja perusahaan agar sesuai, efisien dan efektif.

5. Bertanggung jawab untuk Menjaga Manajemen Pajak Perusahaan

Nama suatu perusahaan, maka dalam pelaksanaannya tentu akan terkena pajak pekerjaan. Jadi, tanggung jawab pengelola dan divisi ini sendiri harus bisa mengelola pajak perusahaan yang ada agar membayar tepat waktu. Jangan sampai terjadi pembengkakan agar perusahaan tidak terkena sanksi perpajakan.

BACA JUGA:  Konsultan Bisnis Kuliner Terbaik

6. Menjaga Arus Kas, Hutang Dagang dan Piutang Usaha

Untuk tanggung jawab manager divisi ini sendiri, yang terakhir adalah harus bisa menjaga arus kas, hutang dan piutang yang perusahaan miliki. Jadi jangan sampai jumlah uang tunai yang Anda miliki misalnya mengalami nilai Rp. 0,- yang akan merugikan. Kemudian Anda harus menjaga aliran utang perusahaan agar tidak terlalu membengkak dan juga keuangan perusahaan agar tidak terlilit utang secara berlebihan.

Nah, setelah memahami penjelasan di atas, Anda sudah memiliki gambaran tentang tugas seorang manajer keuangan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin berkarir di bidang keuangan atau yang sedang mencari pengelola keuangan untuk usaha.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top