Juli 26

15 comments

Apa Itu Cost Control? Yuk Ketahui 5 Tugas dan Tanggung Jawabnya

Di era saat ini banyak perusahaan yang menjalankan bisnis dengan berorientasi pada keuntungan atau biasa disebut profit oriented. Tetapi pada prakteknya tidak semua perusahaan bisa melakukan hal tersebut. Lalu,  sudahkah Anda tahu tentang fungsi, tugas dan tanggung jawab cost control yang bisa menjawab permasalahan keuangan yang timbul pada perusahaan Anda. Berikut kami rangkum artikel tentang Apa itu Cost Control? Ketahui 5 Tugas dan Tanggung Jawabnya.

cost-control, pengertian cost control, apa itu cost control

Peran Cost Control yang sangat vital bisa saja tidak efektif ketika keputusan manajemen tidak sejalan dengan visi Cost Control yang lebih mengacu pada efisiensi yang tepat dan terarah. Sehingga Cost Control harus mempunyai keberanian dalam menjalankan tugasnya dan harus memiliki argument yang logis dalam menjalankan tugasnya. 5 Tugas dan tanggung jawab ini diperlukan dalam penggunaan aset perusahaan karena Cost Control punya peran untuk mengamankan kas atau setara kas perusahaan karena setiap aktivitas financing yang bersifat consumable atau pun inventalisir dapat dimonitor oleh Cost Control.

#1 Berikut adalah beberapa tugas utama dari Cost Control

  1. Mengatur dan melaksanakan proses inventory setiap bulan.
  2. Menerapkan semua kebijakan dan prosedur Cost control kepada semua department dan memastikan semua penghitungan  inventory  beserta bukti atau document pendukungnya.
  3. Reviewer – Comprehensive. Memastikan kebenaran dari setiap transaksi (terutama transaksi pengeluaran/ Pembelian)
  4. Comparing data
  5. Double Control

Selain dari ke lima tugas utama cost control yang sangat membantu kita untuk mengontrol setiap alur proses keuangan dalam perusahaan. Cost control juga memiliki  5 tanggung jawab  utama yang juga harus diketahui untuk memaksimalkan pengimplementasian cost control pada perusahaan.

#2 Tanggung jawab cost controller :

  1. Mengawasi keluar masuk semua barang, storekeepers dan receiving
  2. Bekerjasama dengan Purchasing dalam hal pembelian harga barang serta penerimaan barang
  3. Mengecek order pembelian (PO) dan market list
  4. Membuat laporan daily flash cost
  5. Melaksanakan inventory atau penghitungan  semua barang setiap bulan serta membuat laporan bulanan ( Cost of product )

#3 Standard Control atau Pengawasan

  • Mengawasi  penerimaan barang yang dilakukan oleh receiving dalam penghitungan quantity dan kualitas barang berdasarkan form order pembelian atau market list.
  • Mengawasi dan memastikan barang yang keluar dari store  harus di sertai dengan document store requestion yang lengkap ( Quantity requestion item, Stock on hand, tanggal, nama, tanda tangan )
  • Mengecek semua document pendukung untuk pembelian ( Purchase Order, Purchase Requestion, Market List, Cash Purchase dsb) untuk semua jenis pembelian.
BACA JUGA:  Barcode Scanner Penting Dalam Gudang Perusahaan

Jadi dapat disimpulkan bahwa cost control adalah salah satu hal yang sangat penting untu suatu perusahaan guna untuk menekan pengeluaran seminimal mungkin sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. Paling tidak perusahaan bisa menggunakan asetnya untuk memperoleh pendapatan.


Tags

akuntansi, alr bisnis, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kontrol biaya, kontrol keuangan, kontrol pengeluaran, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, SOP


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

    1. Sama sama pak senang kami bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Oiya jangan lupa share artikelnya ya pak biar orang lain mendapatkan manfaatnya 🙂

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

GEBYAR CUAN MELIMPAH

BUKU STRATEGI MENGELOLA BISNIS TANPA STRES

Promo Potongan 10% dan 5 BONUS Spesial..

Hari
Jam
Menit
Detik