Juli 24

0 comments

Tips Sukses Mendapat Omzet Tinggi Dari Bisnis Jual Pulsa

Semua orang ingin sukses dalam hidup. Salah satu cara untuk sukses dalam hidup adalah dengan membangun bisnis atau perdagangan termasuk jual pulsa. Bisnis yang tidak membutuhkan modal besar dan memiliki stok tanpa tanggal kadaluarsa adalah bisnis kredit. Meski terlihat sepele, bisnis ini sebenarnya menguntungkan karena penjual tidak perlu repot menjaga stok dan tidak perlu membawanya saat promosi. Modal utama yang dibutuhkan dalam bisnis ini hanyalah sebuah handphone yang siap online selama 24 jam. Bisnis kredit juga bisa memberikan omzet yang tinggi jika mengetahui tips suksesnya. Mau tahu apa saja tips agar bisnis kredit sukses? Berikut beberapa tips sukses menjalankan bisnis kredit yang bisa Anda ikuti.

jual pulsa

A. Cari Distributor Terpercaya

Tips pertama yang perlu Anda lakukan dalam menjalankan bisnis kredit adalah mencari distributor yang berkualitas. Sebelum memastikan memilih menjadi agen, survey dulu bagaimana kualitas pelayanan distributor. Pilih distributor yang dapat mengirimkan pulsa dalam waktu singkat dan tidak sering mengalami gangguan. Anda juga perlu mempertimbangkan jenis pulsa apa yang mereka tawarkan, apakah itu hanya untuk isi ulang pulsa biasa atau bisa juga isi ulang paket data, dan token listrik. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan cara mengadu, menanggapi, dan cara mengatasinya. Yang terakhir adalah harga pulsa dari distributor bisa dijual kembali atau tidak.

B. Tetapkan Harga Yang Sesuai

Setelah Anda mendapatkan distributor pulsa terbaik, tips selanjutnya adalah menetapkan harga jual. Penentuan harga jual dapat didasarkan pada harga beli, biaya yang diperlukan, keuntungan yang diinginkan dan perbandingan harga pasar. Tidak masalah jika harga yang Anda tetapkan lebih rendah dari harga pesaing selama Anda mendapatkan keuntungan yang tepat. Anda juga bisa memilih harga yang lebih mahal asalkan mampu memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

BACA JUGA:  1300 Cabang di 9 Negara, Simak Rahasia Sukses Kebab Turki Baba Rafi

C. Memiliki Fokus Berjualan

Masih terkait dengan harga, jumlah transaksi juga menentukan besaran keuntungan Anda. Misalnya Anda menetapkan margin Rp 500 per transaksi, maka Anda berhasil melakukan 100 transaksi per hari. Maka pendapatan per bulannya adalah Rp 500 x 100 x 30. Hasilnya adalah Rp 1.500.000. Jadi, lebih baik Anda jual pulsa dengan nominal kecil tapi banyak transaksi, daripada nominal besar tapi sedikit transaksi. Demi menarik perhatian pelanggan dengan mengadakan promosi melalui berbagai media seperti media sosial.

D. Hindari Terima Hutang Dari Jual Pulsa

Meski terkesan biasa, hal inilah yang paling sering membuat bisnis kredit tidak berkembang. Banyaknya pembeli yang terlilit hutang, membuat penjual tidak bisa memutar modal. Ketika deposit habis, Anda tidak dapat melakukan top up deposit secara maksimal karena sebagian modal belum dikembalikan.

E. Pastikan Tidak Kehabisan Saldo

Meski dalam bisnis kredit tidak perlu repot menghitung stok barang, namun tetap harus memperhatikan saldo yang dimiliki. Jangan habis. Perkirakan saldo minimum yang harus Anda miliki untuk melakukan setoran berikutnya. Jangan biarkan pelanggan Anda kecewa karena Anda harus menunggu. Selalu cek sisa saldo deposit dan gunakan mobile banking untuk kemudahan penambahan deposit tanpa harus datang ke distributor agar bisnis berjalan dengan efisien.

F. Pastikan Menggunakan Lebih Dari Satu Server

Memiliki satu server kredit saja sudah cukup, tetapi Anda juga perlu mencari server lain untuk ditangani jika ada masalah dengan server itu. Dengan menggunakan lebih dari satu server, Anda selalu siap ketika pembeli membutuhkan pulsa. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol saldo yang Anda miliki dan tentunya memudahkan proses transaksi. Bila Anda memiliki server kredit yang berbeda, Anda perlu berhati-hati saat menulis buku transaksi penjualan agar tidak terjadi kesalahan.

BACA JUGA:  3 Tips Menerapkan Sistem Informasi Manajemen Ideal Bagi Usaha UMKM

G. Pastikan Selalu Online Ketika Jual Pulsa

Banyak orang membutuhkan kredit di malam hari. Oleh karena itu, Anda harus memiliki ponsel yang selalu siap untuk online kapanpun orang butuh untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Jika Anda tidak dapat melayani di malam hari, cobalah untuk memiliki karyawan atau rekan yang bertugas. Untuk melayani pembeli pada malam hari, Anda perlu berhati-hati jika pembelian tidak dapat akses langsung melalui loket karena pembelian pulsa tidak bisa langsung terbayarkan. Anda hanya dapat menjualnya kepada pelanggan yang tepercaya dan jelas sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian.

H. Memberikan Pelayanan Terbaik

Layanan dalam bisnis kredit bervariasi. Mulai dari sikap Anda saat menerima pembeli hingga pelayanan jika ada masalah seperti kredit terlambat atau gagal masuk. Selalu perlakukan pelanggannya dengan ramah dan sabar dalam setiap pelayanan Anda. Meskipun Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik, namun Anda juga harus berhati-hati.

I. Pelajari Pengelolaan Keuangan Jual Pulsa

Kiat utama dalam bisnis kredit adalah masalah manajemen keuangan. Setiap kali Anda melakukan transaksi, catatlah transaksi tersebut dengan jelas. Setiap catatan harus berisi rincian tanggal transaksi, nomor transaksi, nama pembeli, sisa saldo yang ada dan keterangan apakah sudah terbayarkan atau belum. Jika belum terbayar maka harus jelas kapan pembayaran akan selesai. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah melihat berapa saldo yang masih Anda miliki.

Jika bisnis kredit Anda besar dan telah menjadi loket kredit yang juga menjual berbagai aksesoris, Anda perlu membuat pembukuan yang detail. Pembukuan harus bisa menunjukkan jumlah stok setiap barang yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga harus memiliki catatan berapa modal, aset lancar dan tidak lancar, berapa utang dan piutang. Pembukuan ini memang sedikit rumit, namun keuangan Anda bisa memiliki pengelolaan dengan baik dan rapi.

BACA JUGA:  Mengenal Sistem Perusahaan Manufaktur Lebih Dalam

Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top