Februari 17

0 comments

Tips Sukses Memulai Usaha Makanan Kekinian Bagi Pemula

Cari tahu ide bisnis makanan kekinian yang menguntungkan dan apa saja hal yang perlu Anda perhatikan untuk memulai bisnis Anda!

Memulai bisnis makanan kekinian akan menjadi salah satu bisnis yang paling menantang untuk dilakukan.

Banyak pengusaha yang gagal dalam menjalankan bisnis kuliner di tahun pertamanya. Meski terdengar berat, namun masih banyak cara untuk membuat bisnis kuliner Anda berjalan secara berkelanjutan.

Tentunya Anda membutuhkan riset, perencanaan, modal, ketajaman bisnis, dan ketekunan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis makanan kekinian Anda.

makanan kekinian

Tips Memulai Bisnis Makanan Kekinian Bagi Pemula

Berikut adalah tips yang dapat membantu pengusaha memulai, mengoperasikan, dan mengembangkan bisnis kuliner dengan sukses.

Perjelas Konsep Makanan Kekinian Yang Akan Di Eksekusi

Anda harus tahu bagaimana produk Anda terkesan, terlihat, dan terdengar unik dan tentunya lebih baik dari produk pesaing lainnya.

Di butuhkan lebih banyak intuisi dan kreativitas untuk kemudian memikirkan lini produk unik apa yang ingin Anda tawarkan kepada pelanggan.

Saat Anda berhasil menemukan resep produk yang unik, kemudian Anda bisa di pastikan titik terang kesuksesan bisnis Anda akan terbuka.

Lakukan Riset Bisnis Makanan Kekinian

Industri kuliner umumnya sangat kompetitif sehingga sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset sebelum memulai.

Ikuti acara seminar yang di buat oleh komunitas bisnis kuliner untuk kemudian menggali informasi sebanyak-banyaknya.

Coba cari tahu alasan apa saja yang bisa membuat bisnis Anda kemudian berhasil dan gagal.

Jangan lupa selidiki bagaimana pengusaha lain membangun bisnis kuliner dengan cara berbeda yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

Berpartisipasi dalam diskusi di forum komunitas untuk menilai kebutuhan pasar dan pendapat pelanggan tentang bisnis kuliner saat ini.

Melakukan penelitian akan membantu Anda menentukan target pasar, dan mengidentifikasi faktor risiko terbesar.

Sehingga Anda dapat menyelesaikan masalah yang Anda alami di tengah perjalanan bisnis Anda.

Buat Rencana Bisnis Makanan Kekinian Anda Secara Rinci

Tidak ada struktur yang di tetapkan untuk kemudian membuat rencana untuk bisnis Anda.

BACA JUGA:  Strategi Bisnis yang Mengikuti Perkembangan Tren Pasar

Selalu memperbarui rencana bisnis Anda sejalan dengan perkembangan pasar bisnis kuliner akan membantu Anda untuk kemudian menyesuaikan keunggulan bisnis Anda dengan peluang yang di tawarkan pasar.

Ini juga dapat membantu Anda mengatasi risiko ancaman yang muncul dengan lebih baik. Rencana bisnis juga di perlukan saat Anda berkomunikasi dengan orang lain seperti pelanggan, mitra, dan investor.

Jika Anda ingin bisnis kuliner Anda di percaya, Anda kemudian harus bisa meyakinkan mereka bahwa Anda tahu apa yang Anda jelaskan melalui rencana bisnis Anda.

Ketahui Target Bisnis Makanan Kekinian

Tak bisa di pungkiri, salah satu kunci sukses saat memulai bisnis kuliner adalah kemudian mengetahui siapa target pasar Anda.

Mengetahui target bisnis Anda akan sangat membantu Anda mengembangkan bisnis dengan cepat karena Anda dapat merencanakan berbagai hal, seperti jenis produk, alur bisnis yang ideal, hingga strategi untuk kampanye dan promosi.

Misalnya, jika calon pembeli yang Anda targetkan untuk bisnis Anda adalah anak muda, maka kemudian Anda bisa mengikuti tren kuliner terkini yang sedang di anut oleh mereka sehingga daya tarik bisnis Anda akan semakin kuat.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyesuaikan gaya komunikasi dalam promosi bisnis Anda dengan perkembangan zaman.

Ketahui Regulasi Hukum yang Berlaku Untuk Bisnis Makanan Kekinian

Ketahui dan kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai regulasi dan regulasi hukum terkait produk kuliner di negara kemudian tempat tinggal Anda.

Dari Undang-undang Ketenagakerjaan hingga Undang-undang Keamanan Pangan yang dapat berdampak besar bagi kesuksesan operasional bisnis kuliner Anda.

Mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku. Seperti salah satunya mendapatkan lisensi untuk produk makanan Anda. Ini akan mengomunikasikan kemudian kepada pelanggan bahwa produk Anda aman untuk dikonsumsi.

Dapatkan Pendanaan

Tidak semua bisnis membutuhkan modal awal dari investor, apalagi jika Anda sedang memulai bisnis kuliner skala kecil.

BACA JUGA:  Jasa Pembuatan SOP Perusahaan

Namun, ada berbagai pilihan seperti produk kredit usaha mikro dari berbagai bank swasta atau konvensional. Jika Anda ingin mencari produk investasi lain, maka mulailah merencanakan sejak dini.

Gunakan rencana bisnis Anda sebagai dasar proposal pinjaman atau rencana investasi. Kemudian Para investor dan pemberi pinjaman tentu ingin mengetahui segala aspek bisnis atau bisnis kuliner Anda.

Dan realistislah berapa nominal modal yang benar-benar Anda butuhkan.

Pertimbangkan dengan cermat biaya dan semua kebutuhan yang di butuhkan kemudian untuk membangun operasional bisnis Anda.

Jangan melihat anggaran yang terlalu besar, karena itu akan mempersulit diri Anda sendiri saat harus melunasi pinjaman Anda.

Ketahui Lokasi Bisnis yang Strategis

Jika Anda memiliki tempat usaha sendiri di lokasi yang strategis, mungkin kemudian akan sangat menguntungkan.

Namun bagaimana jika Anda tidak memilikinya, sedangkan harga sewa tempat usaha di lokasi yang strategis biasanya sangat mahal.

Jika ini menjadi salah satu kendala Anda dalam memulai usaha, Anda tidak perlu khawatir, Anda mungkin bisa mencari mitra yang lokasinya strategis, kemudian bermitra dengan sistem bagi hasil.

Cara kedua, Anda bisa mulai berpikir untuk membuka usaha kuliner kecil-kecilan dengan sistem gerai yang tidak membutuhkan banyak modal serta biaya sewa lahan yang relatif kecil.

Dengan menggunakan stan, Anda bisa berjualan di lokasi yang strategis, misalnya di pekarangan minimarket, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk menyewa tempat.

Menu Andalan Makanan Kekinian

Banyak yang memutuskan untuk memulai bisnis kuliner karena banyaknya keuntungan yang di tawarkan. Hal ini memang sangat umum, mengingat setiap hari orang pasti butuh makan.

Namun tahukah anda bahwa persaingan di dunia kuliner juga sangat ketat, memiliki ciri khas yang membuat pelanggan tertarik, mudah mengingat produk merupakan nilai tambah.

Oleh karena itu, Anda memerlukan menu andalan sebagai ciri khas bisnis kuliner Anda.

BACA JUGA:  5 Langkah Membuat Sistem Operasional yang Sederhana

Menu andalan tidak harus mengikuti standar kekinian kemudian dengan cita rasa internasional. Anda bisa mengusung menu lokal yang unik namun memiliki nilai tambah.

Pastikan Anda sudah mencoba menunya dan mendapat pengakuan yang baik dari orang-orang terdekat Anda terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk mencatat pengeluaran atau biaya makan dari resep yang sudah Anda temukan.

Food cost adalah pengeluaran dalam porsi makanan.

Susun Strategoi Promosi Makanan Kekinian

Strategi pemasaran bisnis kuliner merupakan bagian terakhir dari bisnis yang harus segera di lakukan ketika bisnis baru di mulai.

Promosi memegang peranan penting agar produk kami lebih di kenal sebelum datang ke bisnis kuliner Anda.

Hal terpenting yang harus kita pahami dari bidang promosi ini adalah efektifitas.

Promosi yang di lakukan harus tepat sasaran, gunakan media yang sesuai dengan target pemasaran Anda.

Jika target pasar Anda adalah orang tua atau karyawan kantor, Anda bisa kemudian mulai menawarkan atau membagikan flyer ke kantor-kantor terdekat dengan lokasi bisnis Anda.

Kelola Keuangan Yang Baik untuk makanan kekinian

Bisnis apapun membutuhkan manajemen keuangan yang baik, kemudian tidak terkecuali bisnis kuliner.

Mengingat terkadang penjualan dari bisnis ini agak sulit di hitung secara manual, apalagi jika Anda mulai menyerahkannya kepada pihak lain seperti karyawan, ada baiknya Anda mulai berpikir untuk berinvestasi di bisnis Anda dengan software akuntansi yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Itulah enam peluang bisnis kuliner yang bisa Anda pilih untuk memulai bisnis. Perlu di ingat, dalam menjalankan bisnis kuliner, Anda juga harus selalu melakukan inovasi baru dari segi menu, kualitas, tampilan, dan cita rasa baru yang dapat memikat pelanggan.

Dalam menjalankan bisnis makanan/minuman, di butuhkan strategi bisnis yang matang dan pengelolaan keuangan yang tersistem dengan bantuan sebuah aplikasi.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik