November 18

0 comments

Tips Meningkatkan Produktifitas Karyawan Dengan Outing!

Jika Anda memiliki bisnis Outing sangat di perlukan, Anda tahu bahwa karyawan mengalami hari yang sibuk dengan banyak pekerjaan yang harus di lakukan. Jika tidak segera di atasi dapat menimbulkan kebosanan bahkan kehilangan semangat karyawan Anda. Hal ini dapat menyebabkan penurunan aktivitas dalam bisnis. Lalu, bagaimana cara mencegah kebosanan karyawan di perusahaan Anda? Anda dapat melakukan Office Outing.

Apa Itu Outing Kantor?

Outing kantor adalah perjalanan yang di lakukan untuk kesenangan yang biasanya hanya berlangsung sehari sampai tiga hari. Outing merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap karyawan Anda agar bisa kembali bersemangat dalam bekerja dan membuat karyawan Anda kompak dan saling mengenal. Namun, dalam outings Anda juga harus tahu bahwa perencanaan kegiatan harus jelas dan bukan hanya kekompakan. Anda bisa saja memasukkan kegiatan outbond dan gathering dalam outing kantor Anda.

outing

Perbedaan Outing, Outbond, Gathering

A. Outing

Kegiatan yang di adakan perusahaan bersifat menyenangkan seperti rekreasi alam terbuka. Outing di lakukan dengan acara bebas atau hanya permainan ringan yang tidak berat secara fisik, mental dan emosional.

B. Outbond

Kegiatan edukasi yang di selenggarakan oleh perusahaan di alam terbuka. Jenis permainan yang membutuhkan kebutuhan fisik, mental dan emosional seperti permainan strategi, permainan otak, permainan yang menyenangkan, ice breaking dan team building. Dalam outbond, karyawan Anda akan di latih untuk meningkatkan komunikasi, empati, kerjasama tim dan kesabaran.

C. Gathering

Kegiatan yang di adakan oleh perusahaan di lokasi tertentu baik di dalam maupun di luar ruangan. Kegiatan tersebut hanya bersifat rekreasi atau hiburan dengan tujuan mempererat tali silaturahmi, keakraban dan kekeluargaan.

Manfaat Outing

1. Mendekatkan Satu Dengan Yang Lain

Outing kantor bisa menjadi cara strategis untuk membangun tim antar karyawan dalam bisnis Anda. Baik saat bermain ringan maupun saat istirahat, karyawan dapat berkomunikasi lebih baik dan mengenal satu sama lain.

BACA JUGA:  Tips Menaikan Penjualan Baju Lebaran Diluar Musim Ramadhan

2. Istirahat Dari Segala Rutinitas

Setelah hari-hari kerja yang di lalui karyawan, kini saatnya outing untuk membuat karyawan beristirahat sejenak agar bisa lebih produktif dan kembali beraktivitas.

3. Bentuk Kepedulian Perusahaan

Selama jalan-jalan, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda peduli dengan karyawan Anda dengan memberi mereka kesempatan untuk mendiskusikan lingkungan kerja atau masalah yang ada satu sama lain. Ketika karyawan merasa saling mengenal, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk terbuka dan menyampaikan keluhan saat bekerja. Namun, jangan terlalu memaksakan jika kondisi tidak memungkinkan.

Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Jika di lakukan dengan benar, tamasya dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, ada beberapa tips yang bisa HR lakukan saat outing agar manfaat tersebut tercapai, antara lain:

1. Lakukan Kegiatan Yang Mengasah Kreativitas

Tips pertama untuk meningkatkan produktivitas karyawan adalah melakukan aktivitas yang mengasah kreativitas. Tentu Anda sudah tahu bahwa kreativitas sangat erat kaitannya dengan produktivitas.

Jadi, Anda bisa mencoba mengajak karyawan untuk berkreasi atau saling bertukar pikiran dalam kegiatan outing yang sedang di lakukan. Mengasah kreativitas bisa di lakukan di alam terbuka sambil melihat sekeliling.

2. Bangun Relasi dan Interaksi

Produktivitas karyawan juga dapat di bentuk melalui hubungan dan interaksi dengan sesama karyawan. Tips meningkatkan produktivitas karyawan dengan outing adalah dengan menciptakan kegiatan yang melibatkan semua pihak.

Artinya, melalui kegiatan outing ini, karyawan di harapkan mampu membangun hubungan kekeluargaan dan kebersamaan antar semua pihak di perusahaan sehingga dapat menunjang produktivitas karyawan.

3. Buat Karyawan Merasa Dihargai

Kegiatan outing adalah salah satu kesempatan Anda untuk meyakinkan karyawan bahwa kontribusi mereka sangat penting bagi perusahaan dan mereka adalah bagian dari perusahaan.

BACA JUGA:  Tabel Contoh Pembukuan Stok Barang Masuk dan Keluar Pemula

Tips meningkatkan produktivitas karyawan dengan jalan-jalan adalah membuat karyawan merasa di hargai. Katakan kepada mereka bahwa Anda berterima kasih atas semua kontribusi yang telah di berikan. Memberi mereka nilai-nilai kerja yang tepat sehingga mereka dapat termotivasi dalam bekerja.

4. Dengarkan Pendapat Karyawan

Mendengarkan pendapat karyawan merupakan salah satu tips untuk meningkatkan produktivitas karyawan dengan jalan-jalan. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendengarkan keluhan, pendapat, atau hal lain yang sehingga dapat di sampaikan oleh karyawan.

Sebab, dalam kegiatan, segala bentuk komunikasi harus terbuka, transparan, dan bebas. Anggap saja, Anda sedang berbicara dengan seorang teman yang memberikan pendapatnya. Kemudian menampung pendapat mereka dan menjadikannya bagian dari perkembangan perusahaan.


Tags

bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi, supermarket, tips, toko, usaha, waralaba


You may also like

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top