Juni 14

0 comments

Tips Mengontrol Pengeluaran Kas Perusahaan Agar Terjaga

Kas bersifat sangat likuid, artinya kas merupakan aset perusahaan yang paling mudah digunakan dalam operasional perusahaan setiap saat. Oleh karena itu, perlu untuk mengontrol pengeluaran kas serta pengelolaan yang disiplin. Pertama untuk memastikan operasional perusahaan berjalan dengan baik, kedua untuk mencegah potensi kecurangan.

Manfaat Mengontrol Pengeluaran Kas

Laporan keuangan termasuk arus kas perusahaan harus sistematis, efektif, mudah dilakukan dan menyajikan kinerja keuangan perusahaan secara rinci dan akurat. Oleh karena itu, pengendalian arus kas harus dilakukan dengan baik bahkan setiap hari.

Jika tidak, maka pengelolaan keuangan perusahaan bisa tidak stabil akibat laporan yang tidak sehat. Ada banyak alasan mengapa arus kas harus di kontrol dengan baik. Salah satunya adalah menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Bukannya kami tidak mempercayai karyawan, tetapi lebih untuk berhati-hati. Di sisi lain, profesionalisme perusahaan juga di nilai dari bagaimana perusahaan dapat mengendalikan arus kas.

Sehingga pencurian dana tunai, penyalahgunaan wewenang, pemborosan penggunaan dana tunai juga dapat di hindari dengan pengendalian arus kas.

Selain itu, untuk meningkatkan kepercayaan dan keakuratan arsip, termasuk menghindari kesalahan dalam proses pembukuan atau pencatatan.

mengontrol pengeluaran kas

Jenis-jenis Kas

1. Kas Kecil

Pengertian kas kecil adalah salah satu jenis kas berupa kas yang di siapkan oleh suatu perusahaan untuk membayar berbagai pengeluaran yang nilainya relatif kecil dan tidak ekonomis untuk di bayar dengan cek.

2. Uang Tunai di Bank

Yang di maksud dengan kas di bank adalah uang yang di simpan oleh perusahaan dalam rekening bank tertentu yang jumlahnya relatif besar dan memerlukan pengamanan yang lebih baik.

Dalam hal ini, kas di bank selalu berkaitan dengan rekening giro perusahaan di bank.

BACA JUGA:  Cara Membuat Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan Manufaktur

3. Pelaporan Kas

Pelaporan kas dapat di lakukan secara langsung. Namun dalam pelaksanaannya dapat terjadi beberapa masalah, antara lain:

a. Setara Kas atau setara kas adalah sekelompok aset perusahaan dengan jangka waktu jatuh tempo kurang dari tiga bulan.
b. Kas yang di batasi penggunaannya adalah kas yang di pisahkan khusus untuk membayar kewajiban di masa depan yang nilainya cukup besar.
c. Cerukan Bank adalah rekening negatif yang terjadi karena nasabah menulis cek yang melebihi jumlah dana di rekeningnya dan di anggap sebagai utang sehingga dapat di laporkan sebagai ekspansi kredit.

Tips Mengontrol Pengeluaran Kas

Apa yang perlu di lakukan agar kas perusahaan aman sesuai fungsinya? Inilah jawabannya!

  1. Harus ada tanggung jawab terpisah antara mereka yang menyimpan uang tunai, mereka yang mencatat uang tunai, dan mereka yang memiliki wewenang atas penggunaan uang tunai. Hal ini untuk mencegah potensi penipuan.
  2. Jika ada penerimaan kas, setor ke bank pada hari yang sama. Karena jika esok hari, rasa khawatir sudah terlupakan.
  3. Untuk setiap penerimaan dan pengeluaran kas, harus di buat dokumen pendukung berupa bukti transaksi. Hal ini penting di lakukan agar arus kas yang masuk dan keluar akan mudah terlacak di kemudian hari.
  4. Lakukan pemeriksaan fisik secara teratur, untuk memastikan jumlah fisik sesuai dengan jumlah yang tercatat.

Selain keempat hal di atas, Anda juga bisa membuat rencana arus kas. Dalam perencanaan arus kas Anda perlu merencanakan sumber pendapatan di luar bisnis jika suatu saat perusahaan mengalami kekurangan kas.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera

Buku Besar Akuntansi Untuk Mencatat Transaksi Usaha

Buku Besar Akuntansi Untuk Mencatat Transaksi Usaha
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top