Juli 7

0 comments

Tips Mengelola Keuangan pada Bisnis Coffee Shop Anti Rugi

Coffee shop kini menjadi kawasan bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis yang satu ini sangat berkembang saat ini, karena adanya minat masyarakat untuk mengkonsumsi kopi. Tak hanya di kota besar seperti Jakarta, coffee shop juga berkembang di kota-kota kecil. Apalagi didukung dengan trend ngopi di kafe atau kedai kopi yang semakin menjadi trend dan budaya.

Lantas apa saja yang perlu kita persiapkan untuk bisnis ini, khususnya di sektor keuangan? Berikut pembahasannya.

Tips Mengelola Keuangan pada Bisnis Coffee Shop Anti Rugi

1. Membuat rencana

Dalam mengelola keuangan, Anda harus membuat rencana untuk bisnis Anda. Perencanaan ini berkaitan dengan pengeluaran barang, biaya operasional, pengadaan barang dan lain-lain. Dengan perencanaan, aliran uang atau modal usaha akan lebih terkontrol.

2. Pantau arus kas keuangan

Anda juga harus memantau arus keuangan yang ada. Tujuannya adalah untuk menghindari kebocoran uang tunai dan keuangan. Memantau arus kas bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi. Namun proses monitoring ini sangat penting untuk Anda lakukan.

3. Buat anggaran secara teratur

Bukan hanya mencatat anggaran yang ada, Anda juga perlu melakukan penganggaran. Proses penganggaran ini penting untuk Anda lakukan agar dapat membatasi pengeluaran yang ada dan tidak mengalami pembengkakan anggaran. Anda bisa membuat budget per minggu atau per bulan. Anda juga harus memastikan bahwa anggaran yang Anda buat dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis.

4. Kembangkan bisnis dengan keuntungan

Jika Anda sudah mendapatkan keuntungan dari bisnis Anda, Anda dapat memperluas bisnis Anda sehingga dapat mendatangkan keuntungan lebih. Dari keuntungan yang ada perbulannya, sisihkan sedikit keuntungan untuk masuk modal usaha.

5. Hitung Biaya Produksi

Untuk menjaga arus kas tetap stabil, sebaiknya jangan asal-asalan memberikan diskon atau jenis promosi lainnya untuk menarik pelanggan. Sebelum menentukan harga atau memberikan potongan harga, hitung dulu berapa biaya produksi yang keluar.

BACA JUGA:  Tips Mengelola Kasbon Agar Keuangan Usaha Tetap Lancar

Jika Anda menjual menu kopi di bawah harga pokok produksi atau cost of production, maka akan mengakibatkan cash flow negatif. Jika telah menghitung biaya produksi keseluruhan dan menentukan jumlah diskon, maka akan menghasilkan arus kas positif.

Oleh karena itu, menghitung seluruh biaya produksi sebelum menentukan besaran diskon merupakan salah satu metode manajemen arus kas terbaik untuk bisnis kopi Anda. Jadi, pastikan harga menu dan promosi yang Anda berikan untuk menarik pelanggan sudah sesuai dan membuat arus kas tetap terjaga dengan baik.

6. Gunakan Akun Terpisah

Sebagai pemilik bisnis, salah satu cara terbaik untuk melakukan manajemen arus kas adalah dengan mencatat jumlah pendapatan yang diterima dan pengeluaran kedai kopi dalam satu periode. Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan, gunakan akun terpisah antara arus kas masuk dan arus kas keluar.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memisahkan akun pribadi dengan akun bisnis agar uang yang seharusnya digunakan untuk bisnis kopi tidak disalahgunakan untuk kepentingan pribadi.

7. Kelola Utang dengan Baik

Menjalankan coffee shop memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tak heran jika para pemilik coffee shop memiliki pinjaman jangka panjang atau pinjaman jangka pendek. Setiap pinjaman tersebut tentunya membutuhkan pembayaran bulanan yang akan berdampak pada arus kas atau cash flow.

Agar kondisi arus kas tetap stabil, pengelolaan arus kas terbaik yang harus Anda lakukan sebagai pemilik coffee shop adalah mengelola utang dengan baik. Namun, jika Anda memiliki niat untuk meminjam untuk tujuan bisnis, Anda harus mempertimbangkannya dengan matang.

Mengelola keuangan bisnis coffee shop ternyata sangat mudah!

Itulah 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan keuangan terbaik agar bisnis Anda tidak merugi. Mulai sekarang, coba lihat kembali bagaimana manajemen keuangan yang Anda lakukan. Jika ada yang kurang, kamu bisa menerapkan 7 cara di atas. Semoga beruntung!

BACA JUGA:  Tips Membuat Bisnis Plan Hanya Dari Laporan Keuangan

Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top