Juni 20

0 comments

Tips Menerapkan SOP ada Bisnis Franchise Indomaret

Tips Menerapkan SOP ada Bisnis Franchise Indomaret – Pernah kah anda ke minimarket? Hampir kebanyakan orang sudah pernah ke minimarket, di minimarket banyak kita jumpai jenis makanan, cemilan dan minuman segala macam product hanya tidak semua barang ada di minimarket.

Minimarket identik dengan barang cemilan dan minuman kemasan namun di salah satu minimarket ini yaitu indomaret tidak hanya cemilan dan minuman kemasan, di Indomaret ada juga cafe dan makanan berat nasi dan jajanan pasar pula.

Konsep yang gila pun jadi ada di Indomaret dan sekarang pun waralaba atau franchise Indomaret pun jadi Hot Trending Bisnis di kalangan pengusaha waralaba, so guys kalian pun kalau memiliki franchise indomaret harus paham juga ide atau konsep yang bisa matching dengan minimarket modern ala milenials.

Tentang Standar Operasional Prosedur

Apa aja sih harus dipahami ketika menerapkan SOP di Franchise Indomaret, sebelum kita masuk ke pembahasan inti kita harus tahu dulu terkait dengan bidang bisnis dan budaya setempat. Karena Indomaret pun ada yang berfikir bahwa harga mahal dan tidak ramah untuk masyarakat tingkat ekonomi menengah – bawah.

Sebetulnya tidak jika kita pandai dalam melihat promo dan website yang ada kita bisa menemukan banyak promo pilihan dan bisa dapat 2 product dalam 1 pembelian barang saja. Asal kita paham kelola promo yang tepat di Indomaret. Promo tersebut termasuk salah satu sistem standart operasional prosedure yang pelanggan pun bisa lihat sewaktu – waktu. Maka dari itu kenapa penting penerapan SOP dalam perusahaan.

3 Hal yang harus dilakukan ketika menerapkan SOP di Franchise Indomaret

franchise indomaret

1. Merekrut karyawan yang kompetitif dan kompeten

Merekrut karyawan bukan hal yang mudah, namun perlu cara dan ke cermatan kualifikasi sesuai divisi yang di butuhkan. Jika kalian guys ingin franchise juga harus melihat dari sisi S.W.O.T nya agar kita pengusaha tahu tindakan awal yang harus di lakukan apa dulu. Misal harus merekrut karyawan dengan kriteria sesuai kebutuhkan divisi kasir, warehouse, merchandise dan juga puchasing.

BACA JUGA:  Teknik Pengarsipan Dokumen Usaha Yang Tepat Mudah

Merekrut karyawan yang kompetitif ataupun kompeten tidaklah harus memiliki pengalaman namun juga kita lihat dari sudut pandang pribadinya keluarganya dan kehidupan sehari – hari yang biasanya calon kandidat lakukan, agar HRD pun juga paham kualifikasi calon kandidat yang di butuhkan perusahaan seperti apa.

Yang harus di perhatikan dalam merekrut calon kandidat adalah kriteria yang di butuhkan, wawancara detail, berikan soal atau kasus mengenai pekerjaan, dan seberapa besar calon kandidat mempromosikan dirinya bahwa layak. Dari cara tadi kita bisa tahu calon kandidat yang perusahaan rekrut seperti apa.

Bayangkan jika anda salah memilih orang di dalam bidangnya bisa tidak sesuai SOP dalam pekerjaannya. Atau bisa saja ada kecurangan yang tidak kasat mata namun ada selisih barang ataupun uang. So cermat dalam merekut karyawan adalah salah satu goals yang penting untuk mewujudkan franchise kita yaitu indomaret bisa bergerak sesuai dengan visi perusahaan.

2. Membentuk divisi handal

Sebelum masuk ke divisi kita harus tahu alur bisnis retail, bagaimana cara penjualan atau gimana cara pembelian dan gimana sih cara penyimpanan barang agar terhindar dari barang waste atau expired.

Jika kita sudah memahami maka kita perlu yang namanya membentuk divisi di dalam perusahaan. Nah sekarang pertanyaan terdapat divisi apa aja di dalam bisnis retail? Yuk kita belajar bareng – bareng, di dalam bisnis retail ada yang namanya kasir, ya nama itu tidak asing kasir adalah transaksi terakhir ketika kita melakukan pembayaran atas belanja yang kita inginkan, namun tidak hanya itu saja.

Ada juga nama divisi purchasing atau pembelian itu merupakan salah satu metode untuk mendapatkan barang atau supply ke supplier atau vendor dengan barang yang kita minta. Dan barang yang tadi kita pesan ke supplier akan datang ke tempat penyimpanan barang atau di sebut dengan gudang.

BACA JUGA:  Tips Sukses Mendapat Omzet Tinggi Dari Bisnis Jual Pulsa

Nah di gudang tersebut terdapat namanya tim gudang atau bagian gudang yang tugasnya management gudang memilah mana barang fast, slow, atau barang mudah expired atau barang mati.

Pembagian Yang Sesuai

Dan yang harus di miliki adalah bagian keuangan atau akuntansi sebagai control atau pengendalian internal untuk pembukuan. Fungsinya sangatlah luas bisa di gunakan sebagai pedoman omset atau anggaran biaya yang terkadang membuat perusahaan boros.

Dan jika ada HRD maka perusahaan akan tertib dan SDM bisa termonitoring sesuai kaidah yang di harapkan perusahaan. Nah itu penjelasan divisi  apa saja yang perlu di ketahui dalam bisnis retail. Sekarang pertanyaan berikutnya gimana sih gaes membentuk divisi atau tim yang handal?

Pertama di setiap divisi harus paham tugas nya dalam beraktivitas setiap hari nya tidak asal. Misal kasir hanya untuk terima uang dan kembali uang, bukan itu saja namun juga ada opening dan closing. Setiap divisi harus ada brieafing, opening dan closing agar info antar divisi tersampaikan dan rencana kerja setiap hari harus ada.

Kedua SOP di jalankan dan ada indikator keberhasilan setiap SOP yang ada di divisi masing – masing. Ketika memiliki tim atau divisi kita harus di bekali dengan Rencana Kerja dan SOP Setiap divisi mempermudah management controling aktivitas perusahaan. So sampai di sini paham kan bagaimana membuat tim yang handal dan kompetitif dalam bekerja.

3. Standart Operasional Prosedure sudah dibekali pengendalian dan pencegahan

Jika sudah paham di point 1 dan 2 maka langkah berikutnya adalah Standart Operasional Prosedure. SOP di buat bukan hanya untuk pameran saja namun sebagai pengendali dan pencegahan dalam seluruh aktivitas perusahaan.

BACA JUGA:  SOP Perawatan Peralatan Operasional di Perusahaan Kontraktor

Bayangkan jika anda sudah memiliki divisi dan karyawan yang bagus namun tidak ada SOP. Maka yang terjadi kecurangan dan kerugian yang cukup dan tidak tahu rugi karena apa. Jika sudah memiliki divisi dan karyawan baik. Maka harus di terapkan SOP yang ada pengendalian internal divisi dan pencegahan atas fraud atau kerugian yang signifikan.

Franchise indomaret bukan berarti kita beli dan sudah selesai itu tidaklah cukup dan belum selesai. Karena setelahnya kita harus menguji SOP yang sudah kita buat. Dan di lakukan diskusi oleh jajaran direksi lainnya atau sharing dengan pemilik utama Indomaret.

Jika sudah yakin dengan SOP dan Karyawan anda maka yang di lakukan adalah pengembangan usaha. Dan penambahan SOP atas pengembangan tersebut karena bisnis selalu update dengan media atau issue – issue terkini.

Kesimpulan

Nah Begitulah 3 hal penting yang harus di lakukan dalam penerapan SOP di Franchise Indomaret. Sehingga perusahaan secara laporan kinerja perusahaan bisa tumbuh baik dan terkendali meskipun monitoring jarak jauh.

Kesimpulannya setiap kegiatan usaha apalagi franchise harus ada penerapan standart operasional prosedure ibarat kereta api dan rell. Apabila kita memiliki gerbong kereta maka juga harus di tuntun dengan kepala kereta / tenaga kereta. Namun kereta harus memiliki alur yaitu rell sebagai landasan kereta berpacu. Seperti itulah usaha kita memiliki divisi maka kita juga harus memiliki kepala dan landasan alur standart untuk mengontrol aktivitas kegiatan divisi. Terimakasih dan Salam Autopilot!


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Cara Menentukan Struktur Organisasi Yang Ideal Untuk Kontraktor

Cara Menentukan Struktur Organisasi Yang Ideal Untuk Kontraktor

Beberapa Metode Pencatatan Persediaan Dalam Laporan Keuangan

Beberapa Metode Pencatatan Persediaan Dalam Laporan Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top