September 14

0 comments

Tips Jitu Memulai Bisnis Cafe Kopi Yang Sukses

Kopi telah menjadi salah satu minuman paling populer di Indonesia sejak lama. Dari kalangan bawah hingga kalangan atas, mereka semua menyukai kopi. Saking populernya, kini banyak pengusaha Indonesia yang memulai bisnis cafe kopi, mulai dari kedai kopi tradisional hingga kafe modern.

Bisnis cafe kopi atau coffee shop merupakan peluang yang besar dan menjanjikan. Namun, itu semua tergantung bagaimana Anda mengelola dan mengembangkannya. Lalu bagaimana cara memulai bisnis coffee shop atau cafe kopi? Ikuti tips di bawah ini.

Tips Jitu Memulai Bisnis Cafe Kopi Yang Sukses

Modal Usaha Kedai Kopi

Membuka usaha kedai kopi membutuhkan biaya yang tidak sedikit, minimal sekitar Rp. 20 juta. Itu belum termasuk biaya sewa tempat. Jadi pastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang harus ada di coffee shop.

Kemungkinan Anda membutuhkan waktu 6-12 bulan untuk menikmati manfaatnya. Oleh karena itu, modal yang ada harus memenuhi kebutuhan biaya operasional hingga keuntungan usaha kedai kopi Anda dapat menutupi biaya operasional tersebut. Mengenai total biaya, ada baiknya untuk menanyakan kepada orang-orang yang pernah berkecimpung dalam bisnis semacam ini sebelumnya.

Dengan modal Rp. 20 juta, Anda bisa membeli alat pembuat kopi sederhana. Jika modal yang Anda miliki masih kecil, Anda bisa mengajak beberapa teman untuk bergabung di bisnis ini. Jangan lupa pastikan untuk membuat kesepakatan sebelum memulai bisnis untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan di kemudian hari.

Perlu Anda pahami juga bahwa pada awalnya, bisnis ini belum tentu bisa langsung menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari setidaknya selama 6 bulan ke depan.

Selain mengajak teman untuk bergabung, cara lain untuk mengembangkan bisnis adalah dengan mencari pinjaman untuk tambahan modal.

BACA JUGA:  8 Langkah Membangun Bisnis Startup

Target Konsumen

Sebelum memulai, Anda juga harus memikirkan dan menentukan siapa target yang tepat untuk bisnis kedai kopi Anda.

Setelah menentukan target konsumen, Anda juga harus mulai menganalisis mereka, berapa penghasilan mereka, apa pendapat mereka tentang rasa kopi, dan apa pekerjaan mereka?

Memahami konsumen dengan baik, berarti Anda bisa menentukan strategi yang tepat seperti lokasi usaha, desain coffee shop yang cocok, harga yang tepat, dan lain sebagainya.

Mencari Supplier Bisnis Coffee Shop

Mencari supplier juga harus sesuai dengan target konsumen yang telah Anda tetapkan. Misalnya, Anda menentukan bahwa target konsumen Anda adalah kelas menengah ke bawah, artinya Anda dapat menemukan pemasok dengan mudah di pasar.

Namun, jika target konsumen Anda adalah kalangan menengah ke atas yang lebih mementingkan rasa daripada harga, Anda harus mencari pemasok kopi dengan kualitas yang baik, dan tidak cukup dengan kopi bubuk instan yang terjual di pasaran.

Jadi, cobalah mencari pemasok kopi yang bisa memberikan kualitas bagus dengan harga yang sesuai. Coffeeland merupakan salah satu supplier kopi yang menyediakan segala kebutuhan Coffee Shop / Coffee Shop. Hanya dengan biaya awal paket bisnis mulai dari 78 juta hingga 125,5 juta, Anda sudah bisa memulai bisnis kopi sendiri.

Konsep Bisnis Kedai Kopi

Untuk menghindari persaingan dalam bisnis kopi, Anda harus membuat konsep yang kuat. Selain membedakan bisnis Anda dengan bisnis kopi lainnya, konsep bisnis juga dapat membantu menarik konsumen untuk membantu mengembangkan bisnis.

Konsep yang Anda gunakan dalam membuka kedai kopi akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis.

Misalnya jika mengusung konsep minimalis, menu kopi yang dibuat juga harus berkonsep minimalis. Apapun konsep yang digunakan, Anda tetap harus mengutamakan kenyamanan.

BACA JUGA:  Siklus Purchasing?? Apakah Juga Bisa Terjadi Fraud??

Apalagi kebanyakan orang menikmati kopi sambil bersantai.

Lokasi bisnis

Apapun bisnis yang Anda jalankan, lokasi yang strategis merupakan salah satu hal yang dapat menentukan apakah bisnis Anda akan berkembang pesat.

Misalnya, Anda menggunakan konsep kedai kopi sederhana, artinya Anda harus memilih lokasi yang dekat dengan banyak orang.

Namun jika menggunakan konsep kafe, Anda bisa mencari lokasi yang dekat dengan kampus, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya.

Promosi Bisnis

Untuk memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat luas, Anda harus melakukan promosi bisnis.

Dimana Anda bisa melakukan promosi bisnis dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan strategi word of mouth, mengulas kedai kopi Anda melalui media sosial, atau memberikan potongan harga kepada pelanggan Anda di hari-hari spesial seperti ulang tahun, Natal, dan lain sebagainya. dll.

Selain promosi bisnis, Anda juga harus terus berinovasi untuk terus menjaga eksistensi kedai kopi dan mengembangkan bisnis.

Setelah membaca artikel ini, semoga teman-teman yang berwirausaha tidak ragu lagi untuk memulai bisnis kedai kopi atau coffee shop. Selain diramaikan peminatnya, bisnis kedai kopi juga pesat meraup untung karena semakin banyak konsumen yang keluar rumah untuk minum kopi di kedai kopi. Namun, sebelum memulai bisnis, beberapa tips seperti memiliki konsep, target pasar, menu, sumber daya manusia, dan terakhir fasilitas harus diperhatikan. Semoga beruntung!


Tags

biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi, supermarket, tips, toko, usaha, waralaba


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top