Juni 10

0 comments

Tips dan Trik Membangun Usaha Agen Sembako Yang Sukses

Sembako merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Sembako adalah kebutuhan primer yang sangat penting bagi masyarakat dan permintaan tidak pernah sepi, sampai kapanpun sembako akan dibutuhkan masyarakat. Peluang yang sangat besar untuk usaha agen sembako.

Bisnis ini kadang dipandang sepele dan dipandang sebelah mata bagian Sebagian masyarakat. Tetapi jangan di anggap remeh untuk usaha agen sembako ini jika di kelola dengan tepat akan menjadi agen sembako yang sukses dan dapat memberikan keuntungan yang besar. Usaha sembako dapat dijalankan oleh siapa saja dan dimana saja tentunya dengan Tips dan trik yang benar untuk membangun usaha agen sembako yang sukses.

usaha agen sembako

Berikut Tips dan trik untuk membangun usaha agen sembako yang sukses :

Rencanakan usaha

Usaha sekecil apapun tentunya harus ada perencanaan yang matang. Tentunya usaha sembako ini perlu ada perencanaan yang matang supaya saat memulai usaha tidak mengalami kerugian di kemudian hari. Pahami terlebih dahulu alur atau seluk beluk dari usaha sembako ini supaya tidak salah dalam mengambil keputusan pahami juga apa saja yang mendukung ataupun yang menghambat dari usaha ini.

Rencanakan Langkah-langkah yang akan anda lakukan. Mulailah dari reset pasar, carilah pemasok dengan harga terbaik, Mengatur manajemen persediaan yang baik, perhatikan tata letak barang, pilihlah sembako yang berkualitas,siapkan strategi dan pelayanan terbaik, siapkan pembukuan yang baik.

Riset Pasar

Tahapan ini sangat perlu sekali anda ketahui supaya dalam melakukan usaha bisa cepat berkembang menjadi besar. Dengan melakukan reset pasar bisa untuk mengetahui peluang bisnis yang anda bangun dan seberapa besar tingkat kesuksesan bisnis agen sembako ini. Dengan demikian anda bisa mengenali usaha agen sembako ini sehingga akan lebih teliti lagi dalam mengambil Langkah selanjutanya.

BACA JUGA:  5 Tips Melakukan Stock Opname Yang Tepat

Agar usaha agen sembako yang anda bangun dapat berjalan dengan lancer dan lebih berkembang lakukanlah beberapa Langkah riset pasar perhatikan lokasi usaha anda apakah lokasi itu strategis atau tidak untuk membuka usaha ini, lihat tingkat persaingan di lokasi anda, kenali kebutuhan dari konsumen dan juga perhatikan perilaku konsumen di lokasi usaha yang akan anda bangun sehingga dapat memudahkan anda untuk mengambil Langkah yang tepat untuk kedepannya.

Carilah pemasok atau Supplier dengan harga terbaik

Setelah melakukan riset pasar penting juga untuk mencari pemasok yang mejual sembako dengan harga terbaik. Karena dengan harga yang baik dan juga rendah dari pemasok lainnya anda bisa mengambil profit yang di inginkan apalagi kita membeli produk tersebut untuk di jual kembali tetapi perlu di ketahui juga walaupun dari pemasok mendapat harga yang murah perlu di ketahui juga ongkos kirim yang di keluarkan jangan sampai anda mendapat harga yang murah tetapi mahal di ongkos kirimnya itu sangat mempengaruhi harga anda saat menjual Kembali sembako tersebut.

Pilihlah Sembako Yang Berkualitas

Bahan pokok seperti beras,minyak goreng, dan gula pasir di kelompokkan kedalam beberapa kelas, kelas ini di buat berdasarkan kualitasnya. Sebaiknya anda menjual sembako dengan kualitas yang berbeda sehingga saat pembeli datang mereka akan mendapatkan banyak pilihan di tempat anda.

Itu memberi hal positif juga bagi pembeli untuk mempertimbangkan barang yang mana yang akan mereka beli dan juga membiarkan pembeli untuk memilih barang berdasarkan kualitas dan kemampuan belinya. Anda juga harus memberi pernyataan yang jujur kepada pembeli barang katakanlah kualitas barang berdasarkan faktanya.

Mengatur Manajemen Persediaan Yang Baik

Sebaiknya anda lebih berhati-hati lagi saat mengeluarkan modal untuk bisnis sembako ini. Karena bila terlalu banyak menyimpan barang tertentu yang mana tingkat perputaran dari barang tersebut rendah akan mengakibatkan kerugian bagi anda.

BACA JUGA:  Proses Produksi Adalah Komponen Paling Penting Dalam Bisnis

Kenali sembako yang tingkat perputarannya tinggi maupun rendah, sehingga kita mudah untuk mengendalikan persediaan barang tersebut. Pastikan anda memiliki standart under dan over dari sembako tersebut supaya tidak ada barang yang berlebihan maupun kekurangan pada persediaanya.

Perhatikan Tata Letak Barang

Tata letak barang yang akan di jual harus rapi dan mudah di cari serta kelompokan dengan masing-masing produk. Dengan tata letak yang rapi juga dapat menarik perhatian pembeli sehingga mudah juga bagi pembeli untuk menemukan produk yang ingin mereka beli. Gunakan Pallet untuk dasar meletakkan sembako seperti beras karena dapat jika langsung di letakkan di lantai rawan kerusakan bagi barang itu.

Siapkan Strategi dan Pelayanan Terbaik

Agen sembako yang sukses di mulai dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Jangan ragu untuk memberikan promosi agar masyarakat lebih mengenal usaha anda.

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Ada cara konvensional seperti menyebar pamphlet dan brosur. Ada pula cara pemasaran yang lebih modern dengan menggunakan media sosial. Di era sekarang lebih tepat jika promosi menggunakan media sosial karena hampis seluruh masyarakat sekarang ini yang memiliki media sosial dan berpotensi melihat iklan anda.

Anda juga bisa menerapkan diskon atau potongan harga untuk barang tertentu yang pembeliaanya melampaui target sehingga pembeli merasa senang dan akan menjadi langganan di tempat anda.

Siapkan Pembukuan Yang Baik

Dan yang terpenting dari usaha agen sembako perlu di lakukan pembukuan yang baik sehingga anda dapat mengetahui seberapa besar keuntungan atau kerugian anda usaha ini. Transaksi sekecil apapun sebaiknya anda harus mencatatnya. Pembukuan biasanya di dokumentasikan dalam buku kas. Di mana data di dalamnya dapat memudahkan anda untuk mengetahui status keuangan anda pakah mengalami keuntungan atau kerugian.

BACA JUGA:  Mengenal Pentingnya Analisis Rasio Keuangan Bagi Usaha Anda

Pembukuan juga dapat menjadi acuan untuk evaluasi strategi bisnis anda. Untuk menjadi acuan untuk melakukan keputusan yang tepat. Begitu pentingnya pembukuan ini terkadang di abaikan oleh beberapa pengusaha agen Sembako bahkan tak semuanya memahami cara melakukan pembukuan. 

Sembako merupakan salah satu kebutuhan yang selalu di butuhkan setiap hari oleh masyarakat. Sehingga peluang untuk usaha agen sembako ini sangat besar. Untuk tips membuka usaha agen sembako yang sukses sudah tertera di atas. Dengan itu anda bisa mencoba membangun usaha Agen Sembako yang sukses dengan tips di atas.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top