Oktober 14

0 comments

Teknik Fixed Asset Opname yang Cepat, Tepat dan Mudah

TEKNIK FIXED ASSET OPNAME

Menurut PSAK (2004) pengertian aktiva tetap adalah aktiva yang berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dengan dibangun terlebih dahulu yang digunakan dalam operasi perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun. Sementara tu, Sedangkan pengertian aktiva tetap menurut Ikatan Akuntansi Indonesia adalah aktiva berwujud yang diperoleh dalam bentuk siap pakai dengan dibangun terlebih dahulu, yang digunakan dalam operasi perusahaan tidak dimaksudkan untuk dijual dalam rangka kegiatan normal perusahaan dan mempunyai masa manfaat lebih dari satu tahun.

Pengertian Stock Opname adalah penghitungan fisik persediaan barang yang ada di tempat dimana barang berada. Dalam kaitannya dengan Fixed Asset (aktiva tetap) stock opname adalah menghitung dan mengecek jumlah dan kondisi fisik aset beserta lokasi dan penanggung jawab aset-aset tersebut. Proses stock opname terhadap fixed asset lebih dikenal sebagai Teknik Fixed Asset Opname.

Dalam sebuah perusahaan manufaktur, penghitungan harta adalah sebuah kegiatan yang paling melelahkan, baik secara fisik dan mental. Mengapa? Karena saat proses opname, kegiatan bisnis kita seringnya harus berhenti. Selain itu, dalam konteks lelah secara mental, seringnya kita akan menyadari, banyak aset secara fisik yang tidak ada, jika dibandingkan dengan nilai harta yang tercatat di laporan keuangan kita. Pusing? Pasti pusing.

Tapi, sialnya, proses opname aset adalah proses yang sangat penting. It’s time to wake up, bagi saya itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan proses opname aset.

Lalu bagaimana cara mudah melakukan opname aset?

Untuk opname aset tetap, yang perlu dipersiapkan adalah mental. Karena potensi kehilangan bisa bermilyar-milyar di sini. Selain itu, pastikan kita mempersiapkan daftar aset dan lokasinya di mana.

Mengapa lokasi juga harus dicatat? Karena hal itu akan berpengaruh pada mau ditaruh di mana biaya yang disebabkan oleh aset tersebut.

Yap, kurang lebih itulah beberapa teknik fixed asset opname yang dapat saya bagikan untuk Anda. Jika ingin mendalami pengetahuan tentang teknik-teknik yang tepat dan mudah untuk melakukan Fixed Asset Opname, Anda bisa simak dalam penjelasan yang kami rangkum dalam video berikut ini.


Tags


You may also like

Apa Pentingnya Software Akuntansi Buat Usaha Anda?

Bagaimana Prosedur Penjualan Yang Tepat Pada Usaha Distributor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube