Agustus 13

0 comments

Strategi Perusahaan Yang Tepat Agar Meningkatkan Keuntungan

Di tengah perkembangan revolusi industri saat ini, bukan hal baru jika setiap bisnis berlomba-lomba menerapkan strategi perusahaan yang dianggap terbaik.

Mulai dari strategi perusahaan menggunakan media sosial, strategi bisnis direct marketing, bahkan terkadang melakukan merger perusahaan agar kekuatan bisnis semakin kokoh.

Tergantung bagaimana pengelolaan operasi bisnis berjalan, yang pasti adalah komitmen perusahaan untuk menjaga kelangsungan usaha.

Dengan dukungan strategi perusahaan yang efektif, bisnis setidaknya akan terus meningkatkan penjualan dan mencapai tujuan.

Apa itu strategi perusahaan? Yang dimaksud dengan strategi perusahaan adalah upaya perusahaan untuk meningkatkan keberhasilan keuangan dan bisnisnya. Bisa dikatakan, strategi perusahaan merupakan senjata yang memenangkan persaingan bisnis.

strategi perusahaan

Jenis Strategi Perusahaan

Pada dasarnya, ada berbagai jenis strategi perusahaan. Namun, berikut adalah beberapa jenis strategi perusahaan yang umum:

1. Mutu Perusahaan

Strategi perusahaan untuk bertahan dapat berawal dengan membuat produk yang berkualitas tinggi. Strategi bisnis ini terbukti ampuh menarik hati konsumen dalam jangka panjang.

Sebut saja, pasta gigi merek tertentu. Selama puluhan tahun telah mampu menjaga kualitas dan meningkatkan kualitas produk dengan meluncurkan berbagai varian.

Alhasil, dengan strategi jenis ini, merek pasta gigi ini menjadi sangat populer di masyarakat. Bahkan, berguna untuk turun-temurun dalam keluarga Indonesia.

2. Riset Pasar

Selanjutnya, strategi bisnis yang tidak boleh terlewat oleh pelaku UMKM adalah studi pasar. Riset atau riset pasar sangat penting agar Anda dapat memahami gambaran kondisi pasar saat ini.

Mulai dari siapa pemain atau pesaing lama, siapa calon konsumennya, produk apa yang menajadi favorit dan tidak menjadi favorit, hingga berapa harga yang paling cocok di kantong calon konsumen.

Semua pertanyaan tersebut, dapat terjawab melalui studi bisnis atau riset pasar untuk memahami dan mengidentifikasi “medan” yang akan menjadi target pasar Anda.

BACA JUGA:  Regulasi Terbaru Terkait E Faktur Yang Perlu Anda Ketahui

3. Inovasi Produk

Sedikit yang ada pada poin 1, variasi produk juga bisa menjadi strategi bisnis yang ampuh untuk menarik konsumen. Mengapa demikian? Sebab, ada kalanya konsumen menginginkan sesuatu yang berbeda atau tidak monoton.

Jadi, UKM harus berusaha mengembangkan produk dan berinovasi. Misalnya, jika Anda menjual keripik pisang. Anda bisa membuat varian baru keripik pisang. Seperti rasa keju, balado, coklat, dll.

Sebisa mungkin lakukan inovasi dan kreasi yang membuat produk lebih bervariasi sehingga konsumen tidak akan pernah bosan membeli produk Anda.

4. Promosi Produk

Media sosial yang menjadi bagian penting dari strategi sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Padahal, sebuah bisnis akan terlihat kuno dan ketinggalan zaman, jika belum merambah pemasaran online atau online marketing. Terlebih lagi, sebagian besar konsumen saat ini menggunakan media sosial dan smartphone untuk aktivitas sehari-hari.

Jadi, Anda dapat membagikan konten promosi atau iklan video untuk memperkenalkan produk Anda ke media sosial untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia, hingga manca negara.

5. Pengelolaan Keuangan

Bisnis tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa dukungan finansial. Manajemen keuangan merupakan salah satu strategi yang sangat penting. Buatlah rencana keuangan dan pastikan biaya operasional usaha dapat terpenuhi dengan lancar.

Perlu menjadi catatan bahwa, keuangan adalah urat nadi bisnis apa pun. Apalagi kini Anda tidak perlu repot mengurusi pengelolaan keuangan Anda sendiri. Lupakan pembukuan manual berbasis spreadsheet atau membuat catatan dalam buku besar yang membutuhkan waktu dan tenaga.

Di atas adalah mengapa pembukuan penting bagi perusahaan. Baik itu perusahaan kecil atau besar, pembukuan tetap menjadi bagian penting dari perusahaan. Dari pembukuan tersebut dapat terlihat bagaimana kinerja kinerja perusahaan. Sehingga mendapatkan kesimpulan apakah kinerja perusahaan baik atau tidak melalui pembukuan.

BACA JUGA:  Rahasia Ampuh mendapatkan Profit yang Lebih Besar Tanpa Menambah Modal

Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top