D' Consulting Business Consultant

November 26

0 comments

Apa Pentingnya Software Akuntansi Buat Usaha Anda?

Software Akuntansi dan aktivitas keuangan usaha

Mengelola bisnis adalah hal yang menantang dan rumit. Apapun jenis bisnisnya, manajemen bisnis memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Pemilik usaha diharapkan mampu mengetahui tentang laporan keuangan sederhana, cara pemasaran, produksi, penjualan, dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan bisnis. 

Ketelitian dalam mengelola bisnis menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Termasuk ketika mencatat setiap transaksi bisnis yang terjadi. Setia transaksi bisnis dicatat dengan teliti dan tepat agar tidak terjadi kesalahan pada saat pelaporan keuangan. Karena laporan keuangan merupakan dokumen penting perusahaan, proses pengerjaannya pun harus detail dan rinci. Termasuk salah satunya adalah dengan detailnya catatan transaksi bisnis yang terjadi.

Saat ini, semakin banyak bisnis dengan skala kecil menengah yang bermunculan. Hal ini berarti semakin banyak pemilik usaha yang juga berusaha mengelola keuangan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak juga software akuntansi yang bermunculan. Software akuntansi ini digunakan untuk membantu tugas akuntansi sebuah bisnis. Tentunya software akuntansi berbeda dengan proses akuntansi konvensional.

Perbedaan Akuntansi Konvensional dan Software Akuntansi

Akuntansi konvensional

  • Akuntansi konvensional membuat semua pekerjaan Anda dilakukan mulai dari proses pencatatan hingga pengikhtisaran yang murni dilakukan oleh tangan dan pikiran manusia. Semua dicatat oleh manusia dengan proses pencatatan manual.
  • Manusia yang memegang peranan penting dalam menjalankan proses akuntansi secara  konvensional.
  • Kecermatan dan ketepatan waktu sangat dibutuhkan untuk menjalankan proses perhitungan keuangan dengan akuntansi konvensional.
  • Kecermatan dan ketepatan waktu dalam mencatat data keuangan dan juga penyajian laporan keuangan diperlukan secara detail dalam akuntansi konvensional..
  • Perlu adanya pemisahan antara pihak yang mempersiapkan buku harian, buku besar dan jurnal akuntansi. Sehingga lebih perlu banyak tenaga ahli dalam hal tersebut.

Software Akuntansi

  • Pada proses penggunaan software, melibatkan tangan manusia dalam kegiatan pencatatan transaksi atau mencatat dokumen bisnis yang dilakukan untuk memasukkan data kedalam komputer.
  • Dengan menggunakan software, dibutuhkan kecermatan dan ketepatan waktu untuk pencatatan hingga penyajian informasi dan laporan keuangan sudah cukup terjamin oleh komputer. Karena software akan memproses setiap data yang telah dimasukkan.
  • Software komputer yang dipakai dalam memproses kegiatan pembukuan cukup handal. Kehandalan hardware, Issue G.I.G.O (Garbage In Garbage Out) dan muncul dalam sistem komputerisasi.

Sebenarnya, akuntansi berbasis software tidak memerlukan software yang sangat canggih dan mesin yang sangat pintar. Ms Excel yang sudah tersedia di setiap komputer sudah cukup untuk menjadi software yang sederhana. Dengan microsoft excel, pemilik usaha juga bisa melakukan banyak hal. Mulai dari mencatat data transaksi hingga memproses laporan keuangan.

Lalu mengapa sih kita perlu menggunakan software akuntansi? Apa manfaatnya bagi usaha kita? Bukannya malah biaya semakin besar dengan menggunakan software berbayar? Ketahui apa saja sih manfaat atas penggunaan software ini bagi usaha Anda, simak video berikut ini.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

5 Strategi Mengelola Toko Online yang Kompetitif

5 Strategi Mengelola Toko Online yang Kompetitif

Konsep Pembukuan / Akuntansi Nirlaba Tanpa Mencari Profit

Konsep Pembukuan / Akuntansi Nirlaba Tanpa Mencari Profit
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Copyright 2019 D'Consulting Business Consultant -

Top