April 27

0 comments

Sebuah Perusahaan Rugi Puluhan Milyar Sebab Tak Terapkan Strategi Ini

Tahukah Anda bahwa perusahaan yang mengalami masalah sistem perusahaan bisa rugi hingga puluhan miliar? Bayangkan saja, jika hal ini terjadi di perusahaan Anda, pasti Anda akan merasa pusing dan stres.

Jadi sebenarnya apa penyebab dari permasalahan di atas?
perusahaan rugi

Setelah di lakukan penelitian, ternyata banyak penyebab dari permasalahan di atas. Alasan tersebut antara lain:

1. Menambahkan terlalu banyak detail SOP

Kesalahan paling umum yang di lakukan perusahaan saat membuat standar operasional prosedur (SOP) adalah menambahkan lebih banyak detail daripada yang di perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar. Tidak hanya menambah terlalu banyak detail dan menambah dokumentasi, tetapi juga memperlambat kecepatan kerja staf saat menentukan cara bekerja. Membaca semua detail ini membutuhkan waktu lebih lama dan dapat menunda tugas.

2. Tidak sepenuhnya di uji dengan baik

Prosedur operasi standar hanya dapat berfungsi dengan baik jika sepenuhnya di uji dan di revisi untuk membuatnya bekerja seefisien mungkin. Perusahaan yang belum menguji prosedurnya atau melakukan perbaikan tidak akan mendapatkan keuntungan dari SOP ini. Pastikan Anda mempelajari dan meningkatkan program. Jika Anda tidak melakukan perbaikan rutin pada program, setiap bisnis yang Anda jalankan dapat berkinerja buruk karena kurangnya praktik yang baik dari perusahaan Anda.

3. Prosedur yang terlalu lama / terlalu bertele-tele

Salah satu kendala yang sering muncul dalam penerapan SOP adalah proses penulisan yang panjang. Maka dengan menyampaikan prosedur secara panjang lebar, bisa di pastikan bahwa kebanyakan orang tidak akan benar-benar memahami konsep lengkap dari prosedur yang di gunakan.

4. Tidak ada penjelasan efektif yang di berikan

Kesalahan besar yang di lakukan pemilik bisnis saat menerapkan SOP adalah mereka mendokumentasikan bagaimana prosedur harus di lakukan, tetapi mereka tidak menjelaskan secara mendalam mengapa hal-hal harus di lakukan dengan cara SOP.

Oleh karena itu, ternyata masalah ini merupakan masalah yang sangat pelik, dan tidak semudah berpindah tangan untuk menyelesaikan masalah tersebut, karena resikonya perusahaan bisa rugi! Tapi, seperti pepatah “Ada banyak jalan menuju Roma”, kami yakin bahwa setiap masalah pasti ada solusinya!

perusahaan rugi

3 strategi menerapkan SOP yang tepat agar perusahaan tidak rugi

Dalam menghadapi permasalahan di atas, tentunya kita akan mencari akar permasalahan dan permasalahan yang di hadapi oleh berbagai departemen secara satu persatu.

Dari informasi yang di peroleh, kita dapat menarik kesimpulan tentang bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Kami akan memberi Anda 3 tips praktis agar Anda dapat segera menerapkannya di lapangan.

1. Membuat SOP yang cocok untuk perusahaan

Ternyata SOP yang berhasil adalah SOP yang fleksibel dan bisa cocok dengan kondisi yang ada di lapangan. Bukan berarti SOP yang di buat ini tidak sesuai standar. Tapi lebih pada adanya justifikasi dalam penyelerasan operasional di lapangan, sehingga lebih sesuai dan lebih mudah di terapkan pada seluruh kegiatan operasional perusahaan.

SOP ini di terapkan oleh departemen dari lini yang paling atas sampai dengan yang paling bawah. Jika Anda membuat SOP dengan bahasa yang detail dan profesional, maka yakin dan percaya SOP ini hanya dapat di pahami oleh departemen dengan lini menengah keatas. Maka buatlah SOP yang lebih mudah di terapkan sekalipun itu oleh departemen lini paling bawah. Hal ini berkaitan dengan kondisi lapangan yang dapat berubah-ubah.

2. Mencari karyawan yang tepat dan tugas yang sesuai

Banyak orang yang mencari team yang pandai, pengalaman dan bila perlu IPK mereka tinggi. Namun ternyata kepandaian, pengalaman dan IPK, bukan merupakan hal utama dalam hal anda membangun SUPER TEAM di perusahaan Anda. Menurut pengalaman kami, team yang memiliki akhlak atau behavior yang baik lah, yang bisa menjadi super team Anda.

Lebih baik mencari team yang masih pengalaman 2 tahun tapi memiliki akhlak yang baik, dari pada team yang memiliki pengalaman 5 tahun, tapi akhlaknya tidak baik. Namun memang apabila mendapatkan yang pengalaman 5 tahun dan memiliki akhlak yang baik, akan jauh lebih baik.

Buatlah visi, misi dan culture yang mendukung pertumbuhan perusahaan dan seluruh team. Visi, misi dan culture yang bisa di terima oleh seluruh calon team adalah visi, misi dan culture yang menginspirasi.

3. Buatlah divisi terpisah untuk menerapkan SOP di lapangan

Langkah terakhir ini juga tidak kalah pentingnya, di karenakan proses eksekusi dari langkah pertama dan kedua akan di lakukan di sini. Sebaik apapun SOP yang di buat dan sebaik apapun team yang di pilih tidak akan bisa berhasil kalau proses implementasi SOP oleh team independen bermasalah.

Perusahaan bisa merekrut team baru, yang memang benar-benar melakukan penerapan implementasi SOP di lapangan. Di karenakan team yang di tunjuk adalah team baru, maka tentunya rasa sungkan bisa di dapatkan oleh masing-masing team dan tentunya harapan untuk sikap profesional akan bisa di lakukan.

Apabila menggunakan team baru ataupun team lama di perusahaan yang di tunjuk sebagai implementor SOP di lapangan, maka sebaiknya team tersebut memiliki tugas utama untuk mengawal proyek penerapan SOP baru di dalam perusahaan. Jadi tugas-tugas yang lain sebaiknya di kesampingkan dulu atau bisa di alihkan kepada pihak yang lain. Sehingga team tersebut bisa fokus untuk melakukan penerapan SOP di lapangan dan bisa di berikan standar penilaian yang tepat, apabila sampai gagal dalam melakukan penerapan SOP tersebut.

Kami sadar bahwa membuat SOP yang Tepat dan Efektif di perusahaan Anda bukanlah perkara mudah, tetapi ini adalah HAL WAJIB yang perlu Anda lakukan agar perusahaan Anda terhindar dari kesalahan ataupun kecurangan yang mengakibatkan Rugi Puluhan Milyar.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Tips Mengubah Bisnis Apapun Agar Bisa Punya Untung Besar

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Membuat Bisnis Anda BANGKRUT Dalam 3 bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube