Juni 22

0 comments

Rasio Solvabilitas, Sanggupkah Perusahaan Lunasi Hutang?

Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang mampu mengukur berbagai faktor penting yang menjadi landasan bisnis perusahaan, mulai dari rasio solvabilitas, rasio profitabilitas perusahaan hingga tingkat kesejahteraan karyawan. Apa itu rasio solvabilitas? Untuk apa rasio solvabilitas di gunakan?

Apa itu Rasio Solvabilitas?

Rasio solvabilitas adalah metrik utama yang di gunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban utang jangka panjangnya dan sering di gunakan oleh calon pemberi pinjaman bisnis.

Dalam rasio solvabilitas menunjukkan apakah arus kas perusahaan cukup untuk memenuhi kewajiban jangka panjangnya dan dengan demikian merupakan ukuran kesehatan keuangannya.

Rasio yang tidak menguntungkan dapat menunjukkan beberapa kemungkinan bahwa perusahaan akan gagal membayar kewajiban utangnya.

Keutamaan Rasio Solvabilitas

Banyak orang beranggapan bahwa ciri utama perusahaan yang sehat adalah besarnya keuntungan usaha yang di peroleh perusahaan tersebut.

Padahal, ada satu faktor lain yang tidak kalah penting dari profitabilitas perusahaan. Yaitu kemampuan perusahaan dalam mengelola asetnya sekaligus melunasi setiap utang perusahaan.

Hutang dan keuntungan perusahaan harus berada dalam posisi tawar (bargaining position) agar kelangsungan usaha perusahaan dapat terjamin.

Untuk pengelolaan utang, praktik akuntansi di perusahaan mengenal istilah solvabilitas.

Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi semua kewajibannya.

Solvabilitas juga berarti menunjukkan kemampuan perusahaan untuk melunasi seluruh hutang yang ada dengan menggunakan seluruh aset yang di milikinya.

Ukuran ini dapat di bandingkan dengan rasio likuiditas, yang mempertimbangkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek daripada jangka menengah dan jangka panjang.

rasio solvabilitas

Jenis Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas juga di kenal sebagai Rasio Leverage, yang mengukur rasio dana yang di sediakan oleh pemilik dengan dana yang di pinjam dari kreditur perusahaan.

BACA JUGA:  Fungsi Catatan Atas Laporan Keuangan Dalam Laporan Keuangan

Namun analisis rasio keuangan di maksudkan untuk mengukur sejauh mana aset perusahaan di biayai oleh utang.

Jenis rasio keuangan ini menunjukkan indikasi tingkat keamanan pemberi pinjaman (Bank).

1. Rasio Hutang terhadap Aset (Total Debt to Asset Ratio)

Rasio ini mengukur seberapa besar aset perusahaan di biayai oleh hutang atau seberapa besar hutang perusahaan mempengaruhi manajemen aset, atau mengukur persentase seberapa besar dana yang berasal dari hutang.

Hutang di sini adalah hutang perusahaan, baik hutang jangka panjang maupun hutang jangka pendek.

Rasio ini menggambarkan seberapa jauh utang dapat di tutupi oleh aset. Sehingga semakin rendah rasio debit, semakin baik tingkat keamanan dana tersebut.

2. Debt to Equity Ratio (Total Debt to Equity Ratio)

Rasio ini di gunakan untuk mengetahui hubungan antara hutang jangka panjang dengan jumlah modal sendiri yang di berikan oleh pemilik perusahaan. Dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar dana yang di sediakan oleh kreditur dan pemilik perusahaan.

Jadi semakin tinggi rasio, semakin kecil ekuitas di bandingkan dengan hutang. Kebijakan perusahaan seharusnya memiliki hutang yang tidak lebih besar dari modal yang di milikinya.

Karena semakin kecil rasio ini maka semakin baik kondisi perusahaan, artinya semakin kecil hutang semakin aman.

Kesimpulan

Maka dengan mengetahui rasio solvabilitas perusahaan penting untuk mengetahui sejauh mana perusahaan memiliki kemampuan untuk membayar kembali atau melunasi seluruh pinjaman melalui jumlah aset yang di miliki.

Perhitungan solvabilitas untuk setiap perusahaan akan lebih mudah jika kita memiliki sistem akuntansi yang baik.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Karyawan Perusahaan Anda

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Karyawan Perusahaan Anda

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top