November 1

0 comments

Persiapan Pengusaha Menghadapi Isu Resesi 2023

Bayangan resesi ekonomi global di tahun 2023 menandakan badai besar bagi pengusaha. Kondisi yang sulit di prediksi akibat stagnasi ekonomi di berbagai sektor menekan para pengusaha untuk melakukan protokol penyelamatan perusahaan. Akibatnya, efisiensi seringkali dapat di terjemahkan ke dalam tindakan dalam bentuk Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Ujian ekonomi datang berulang kali pascapandemi. Mulai dari kenaikan inflasi hingga suku bunga Bank Indonesia (BI) yang meroket hingga 50 basis poin hingga ancaman resesi pada 2023. Belum lagi situasi pasar yang suram akibat perang antara Rusia dan Ukraina yang belum usai.

Sektor makanan, pariwisata, dan ritel di perkirakan akan memberikan dampak yang signifikan. Sementara itu, jauh sebelum ancaman itu datang, Presiden Joko Widodo telah mengingatkan perekonomian akan resesi global.

Persiapan Pengusaha Menghadapi Isu Resesi 2023

“Mengenai resesi global, tahun ini sulit dan tahun depan. Sekali lagi saya katakan akan gelap. Dan kita tidak tahu seberapa besar badainya, seberapa kuatnya, tidak bisa di hitung,” katanya. Jokowi di Jakarta Convention Center.

Pergantian tahun hanya hitungan bulan, resesi 2023 hanyalah prediksi atau ancaman. Karena itu, kata Jokowi, di tengah resesi global, rasa optimisme harus di gaungkan.

“Kita semua harus optimis, meski lembaga internasional mengatakan tahun ini sulit, tahun depan akan gelap. Negara kita harus tetap optimis,” kata Jokowi di Trade Expo Indonesia ke-37.

Lantas bagaimana para pengusaha memandang ancaman resesi 2023? Apakah efisiensi merupakan sekoci bagi pengusaha di bawah pengaruh prediksi resesi? Apakah bahtera telah di persiapkan untuk beradaptasi dengan tsunami ekonomi? Cari tahu dalam video berikut ini.


Tags

bayar pajak, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, karyawan, kena pajak, keuangan, kuliner, lapor pajak, mengatur keuangan, modal, online, pajak, pajak bisnis online, pajak dokter, pajak hotel, pajak makelar, pajak penghasilan, pajak usaha, peluang


You may also like

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top