November 19

0 comments

Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Masa Perputaran Persediaan Cepat

Rasio perputaran persediaan merupakan bagian dari rasio keuangan penting yang biasa menjadi acuan memeriksa kesehatan keuangan perusahaan. Rasio ini terdiri dari komponen persediaan, harga pokok produksi maupun penjualan.

Rasio ini sering jadi acuan departemen produksi dan penjualan. Melalui rasio ini mereka dapat bekerja selaras sehingga produk yang diproduksi tidak berlebihan.

Pengertian Perputaran Persediaan

Perputaran persediaan sering pula disebut dengan Inventory Turnover. Rasio ini digunakan untuk mengukur seberapa lama waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk menjual persediaannya. Semakin cepat perusahaan menjual persediaan maka mempengaruhi pula laba yang dihasilkan dan berdampak pada Return of Investment.

Manfaat Mengetahui Perputaran Persediaan

Menurut para ahli, perhitungan ini wajib dilakukan setiap perusahaan. Menurut Sudana (2008 : 226) menyatakan bahwa pengelolaan persediaan yang baik akan mendukung kelancaran penjualan Anda. Manfaat menghitung rasio perputaran persediaan adalah sebagai berikut :

1. Rasio ini mampu digunakan untuk mengurangi resiko kerugian yang timbul karena pemborosan biaya produksi. 

2. Mencegah resiko kehilangan semakin banyak bila ada penurunan harga

3. Mampu mengoptimalkan produksi sesuai batas minimalnya serta mengurangi pemanfaatan investasi dalam peralatan gudang yang tidak dibutuhkan

4. Mencegah resiko kecurangan yang mungkin terjadi dalam produksi. Dari rasio ini dapat diketahui kecepatan dari pergantian persediaan tersebut. Hal ini berdampak pula dari tingginya laba yang bisa dihasilkan bila pergantian persediaan semakin cepat.

5. Melalui rasio ini mampu mengetahui tingkat permintaan masyarakat akan produk Anda. Dengan begitu perusahaan bisa pula menentukan apakah menaikan volume produksi atau tidak. Keputusan akan menambah hutang atau modal demi peningkatan kapasitas produksi dipengaruhi pula dengan rasio ini. Tak heran bila rasio ini juga mempengaruhi rasio lainnya seperti rasio Debt to Equity

Dengan mampu menghindari biaya produksi yang berlebihan akan mampu memaksimalkan laba. Hal ini berdampak pula pada perhitungan Return of Equity yang berfokus pada pengembalian modal dari laba perusahaan.

Lalu bagaimana cara menghitungnya? Kami buatkan sebuah video untuk memberikan penjelasan secara lengkap mengenai perputaran persediaan di youtube channel kami. Tonton video berikut ini. Jangan lupa subscribe dan like ya.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Tips Mengubah Bisnis Apapun Agar Bisa Punya Untung Besar

Sebuah Perusahaan Rugi Puluhan Milyar Sebab Tak Terapkan Strategi Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube