Juli 24

0 comments

Percepatan Pembayaran Piutang Usaha Ketika Masa Krisis

Percepatan Pembayaran Piutang Usaha

Cash flow adalah laporan keuangan yang berisi informasi tentang pengaruh kas dari kegiatan operasi, transaksi investasi, serta transaksi pembiayaan atau pendanaan yang mengalami kenaikan ataupun penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan. Simplenya, cash flow adalah aliran kas tunai baik yang dipegang di perusahaan ataupun di bank. Ketika sebuah perusahaan mengalami kesulitan cash, maka kegiatan operasional akan terhambat.

Opsi yang biasanya diambil ketika perusahaan dalam keadaan kesulitan cash adalah hutang ke bank. Tetapi opsi hutang ini belum tentu menjadi pilihan tepat bagi perusahaan yang bersangkutan. Kenapa ? Karena hutang akan menambahkan biaya untuk perusahaan, sehingga hal ini sebaiknya dihindari.  Lalu opsi lain yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menambah aliran kas, tanpa melakukan hutang yakni mempercepat piutang usaha.

percepatan pembayaran piutang

Piutang usaha adalah semua penjualan kepada customer dan perusahaan belum mendapatkan pembayaran dari barang ataupun produk yang dijual, sehingga customer memiliki hutang kepada perusahaan. Pelunasan piutang ini biasanya akan dibayarkan apabila sudah jatuh tempo yang sudah disepakati bersama. Lalu, apa saja kiat untuk mendapatkan pembayaran piutang agar pelunasannya bisa lebih cepat ? Mari simak tips – tips nya di bawah ini :

Memberikan Discount

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mempercepat pembayaran piutang adalah dengan mempertimbangkan untuk pemberian discount pada customer. Discount ini tentunya diberikan dengan adanya pertimbangan perhitungan besarannya terlebih dahulu. Contohnya, apabila perusahaan melakukan hutang bank sebesar 12 % pertahun sehingga perbulannya 1%, dan disisi lain customer yang akan diberikan discount masih terdapat piutang selama 3 bulan, maka perusahaan bisa memberikan discount hanya sebatas maksimal 2% – 3%. Customer tentunya harus diberikan pengertian tentang kondisi perusahaan secara persuasive dan apa adanya agar customer paham dan mau mempercepat pelunasan pembayaran piutangnya

Pemberian Bonus

Percepatan pembayaran piutang selanjutnya bisa dilakukan dengan memberikan bonus barang ataupun bonus dalam bentuk yang lain. Untuk pemberian bonus ini sebaiknya berkaitan dengan harga pokok yang diberikan pada customer tersebut. Misalnya, perusahaan menjual sebuah barang dengan harga Rp. 100.000, apabila dari harga tersebut harga pokoknya adalah sebesar 50.000 maka ketika memilih bonus bagi customer sebaiknya perusahaan memilih barang yang sesuai dengan harga pokok penjualannya. Hal ini akan berguna bagi perusahaan dan bisa menjadi bargaining power dengan customer, sehingga customer bisa dengan cepat melakukan pembayaran piutangnya.

Setelah melakukan kedua cara diatas untuk membantu mempercepat pembayaran piutang perusahaan, hal berikutnya yang sebaiknya diterapkan adalaha melakukan penjualan – penjualan dengan system cash. Dimasa pandemic yang sulit seperti ini perusahaan harus banyak memegang liquid/cash dikarenakan kondisi yang tidak menentu. Hal terakhir yang mungkin bisa diterapkan sebagai salah satu strategi di masa seperti saat ini adalah memberlakukan metode DP (Down Payment) atau dengan strategi PO (Pre Order). Dengan kedua metode ini perusahaan akan lebih mudah mendapatkan penambahan cash. Untuk mendapatkan video versi lebih jelas terkait pembayaran piutang usaha, klik link dibawah ini :


Tags

bisnis, keuangan, laporan keuangan, menagih piutang usaha, pemabayaran piutang usaha, piutang usaha


You may also like

Tanggal Setor & Lapor Pajak Anda Harus Tahu. Belum Tahu? BAHAYA!

Negosiasi Utang ke Bank atau Supplier dalam Strategi Keuangan

Leave a Repl​​​​​y

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube