April 3

0 comments

Peran Konsultan Keuangan dalam Perusahaan yang sedang Bertumbuh

Peningkatan jumlah Pengusaha Kena Pajak (PKP) adalah indikator pertumbuhan ekonomi suatu negara yang bernilai positif. Akan tetapi, masih banyak di antara mereka yang kurang familier dengan prosedur dan besaran pajak yang harus dibayar, sehingga memerlukan bantuan konsultan keuangan.

Konsultan keuangan memainkan peran penting dalam membantu pengusaha yang bingung soal perhitungan pajak, yakni dengan memberikan informasi tentang persyaratan dan kewajiban yang harus dipenuhi. Pihak ini turut menjanjikan dan memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan pendapatan pajak negara, sementara juga memberikan manfaat bagi para wajib pajak. Lebih lanjut, yuk kenali peran konsultan keuangan dalam perusahaan yang sedang bertumbuh

Apa itu Konsultan Keuangan?

konsultan keuangan

Seorang konsultan keuangan merupakan individu yang secara profesional memberikan layanan konsultasi keuangan perusahaan, perencanaan keuangan, investasi, manajemen risiko, hingga persoalan perpajakan. Kehadiran profesi ini memberikan kontribusi signifikan bagi perusahaan, karena bantu perusahaan memahami kewajibannya dalam membayar pajak yang mengikat dan diwajibkan secara hukum.

Konsultan keuangan juga memberikan analisis mendalam tentang kondisi pasar keuangan dan memberikan rekomendasi sesuai dengan situasi keuangan perusahaan klien. Selain memberikan saran, konsultan keuangan juga bertanggung jawab untuk memahamkan klien tentang berbagai instrumen keuangan, peraturan pajak, dan strategi investasi yang relevan. Pihak ini secara proaktif bekerja dengan klien untuk menangani kebutuhan keuangan perusahaan dan membantu mengambil keputusan yang tepat sesuai situasi dan tujuan keuangan yang diinginkan.

Peran Konsultan Keuangan Terkait Pajak Perusahaan

konsultan keuangan

Sekilas mengenai konsultan keuangan di atas, pasti Anda mulai paham peran konsultan keuangan ini. Lebih lanjut, Anda juga harus mengetahui peranan atau manfaat konsultan keuangan pada perusahaan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengelola Keuangan Perusahaan agar Lebih Efektif

Pada perusahaan yang sedang berkembang, peran konsultan keuangan terbilang penting dalam mengelola keuangan perusahaan agar efektif. Konsultan keuangan membantu perusahaan merancang dan menerapkan strategi keuangan yang sesuai dengan pertumbuhan perusahaan. Pihak ini akan memberikan analisis mendalam terhadap arus kas perusahaan, mengidentifikasi potensi risiko keuangan, dan menyarankan langkah-langkah mengelola risiko sekaligus memaksimalkan peluang pertumbuhan.

BACA JUGA:  Tugas Konsultan Bisnis yang Penting Diketahui Calon Klien

Selain itu, konsultan keuangan membantu perusahaan mengelola pengeluaran dan alokasi dana dengan lebih efisien. Konsultan keuangan pun turut memberikan saran perencanaan pajak efisien sehingga membantu perusahaan menghemat biaya dan meningkatkan profit.

2. Melindungi Perusahaan dari Kerugian Finansial

Sebagai konsultan keuangan, melindungi perusahaan dari kerugian finansial adalah salah satu tugas utama. Untuk itu, konsultan keuangan bertanggung jawab untuk memberikan nasihat dan strategi yang sesuai untuk menangani risiko keuangan perusahaan. Konsultan keuangan melakukan analisis mendalam terhadap situasi keuangan perusahaan, mengidentifikasi potensi risiko, dan mengembangkan rencana aksi yang efektif untuk mengurangi atau menghindari dampak negatifnya. 

Oleh karena memahami pasar keuangan dan prinsip manajemen risiko, konsultan keuangan, seperti halnya D’Consulting mampu membantu perusahaan mengambil keputusan keuangan dan mengelola aset mereka dengan lebih efisien. Konsultan keuangan juga menyusun kebijakan dan prosedur keuangan terbaik untuk perusahaan yang sedang berkembang.

3. Mengatasi Masalah Keuangan Dengan Lebih Cepat dan Efisien

Perusahaan mengalami permasalahan yang sulit dipecahkan? Tampaknya perusahaan Anda membutuhkan persan konsultan keuangan andal seperti D’Consulting. Dalam perusahaan yang sedang berkembang, peran konsultan keuangan menjadi penting untuk mengatasi berbagai masalah keuangan. 

Konsultan keuangan akan membantu perusahaan mengidentifikasi dan menganalisis masalah keuangan yang mungkin timbul dengan cepat, seperti manajemen arus kas yang kurang efisien, struktur modal tidak optimal, atau kebutuhan modal kerja yang meningkat. Dengan pengetahuan praktik keuangan tinggi dan pengalaman dalam menangani situasi serupa, konsultan keuangan akan berikan solusi terbaik dan tepat sasaran untuk mengatasi masalah keuangan yang perusahaan.

4. Membuat Keputusan yang Lebih Cerdas dan Strategis

Peran konsultan keuangan dalam membantu perusahaan membuat keputusan yang cerdas dan strategis berpengaruh pada operasional hingga pendapatan perusahaan. Untuk itu, konsultan keuangan akan berkontribusi lebih dalam memberikan analisis terkait situasi keuangan perusahaan, mengidentifikasi peluang yang muncul, serta menyusun strategi keuangan yang sesuai dengan tujuan pertumbuhan perusahaan. 

BACA JUGA:  Tugas Konsultan Bisnis yang Penting Diketahui Calon Klien

Berhubung sudah berpengalaman mengurus 450 + klien dengan jam terbang tinggi, D’Consulting tentu paham tentang struktur keuangan, sehingga dapat memberikan rekomendasi alokasi finansial yang optimal, baik untuk investasi dalam ekspansi bisnis, pengembangan produk baru, atau akuisisi perusahaan lain. Tidak berhenti di sana, D’Consulting turut membuat rencana bisnis yang terintegrasi baik dengan keputusan perusahaan, dan memastikan setiap langkah yang diambil mendukung visi jangka panjang dan pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan.

5. Merencanakan Strategi Perpajakan yang Efisien

Terakhir, konsultan pajak berperan dalam merencanakan strategi perpajakan efisien. Pada poin ini, konsultan keuangan bertanggung jawab memahami secara mendalam struktur bisnis perusahaan yang berkembang, termasuk aktivitas operasional, investasi, hingga ekspansi. Setelah memahami secara mendalam, konsultan keuangan dapat mengidentifikasi peluang-peluang penghematan pajak yang mungkin terlewatkan atau belum dimanfaatkan, sehingga membantu perusahaan untuk mengurangi beban pajak mereka secara efektif.

Konsultan keuangan juga akan merencanakan strategi perpajakan jangka panjang yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Pihak ini akan membantu perusahaan dalam memilih struktur perusahaan yang optimal dari sudut pandang perpajakan, serta memberikan saran terkait kebijakan pengelolaan pajak yang tepat. Dengan demikian, konsultan keuangan, yakni Dconsulting berperan sebagai mitra strategis bagi perusahaan yang sedang bertumbuh, membantu pemilik perusahaan mengelola aspek perpajakan dengan efisien sehingga dapat mendukung pertumbuhan di masa mendatang.Nah, itulah beberapa peran konsultan keuangan. Sebagai pemilik bisnis baru, bisa jadi Anda masih kebingungan terkait pengelolaan hingga alokasi keuangan perusahaan. Bersama D’Consulting, Anda tak perlu merasa sendirian dalam menghadapi tantangan. Bergabunglah dengan lebih dari 450+ perusahaan yang telah kami bantu di Indonesia, dan temukan solusi yang tepat untuk mengoptimalkan bisnis Anda


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, kantor akuntan publik, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, konsultan bisnis, konsultan keuangan, konsultan manajemen, konsultan pajak, kuliner, laba rugi


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik