September 17

0 comments

Pentingnya SOP Bagi Usaha Anda: Ibarat Kereta Tanpa Rel

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah secara garis besarnya SOP sendiri tidak memiliki standar yang terdefinisi dan menyeluruh. Setiap perusahaan memiliki standar masing-masing dari standar, sehingga dibuatlah SOP yang sesuai pada perusahaan. Di dalam perusahaan sendiri dalam pembuatan SOP perlu adanya review terlebih dahulu karena pentingnya SOP juga tergantung kondisi lapangan dan jenis usaha. Terdapat 3 langkah dalam membangun system perusahaan, mulai dari business plan, review struktur organisasi, hingga menyusun standar operasional prosedur (SOP). 

SOP diibaratkan seperti rel kereta api, dimana perjalanan kereta api mengikuti rel kereta untuk mencapai tujuan dengan arahan jalan yang baik dan benar. Dalam proses kerjanya terdapat rambu-rambu untuk belok ke kanan atau sebaliknya, dan ini merupakan bentuk pendelegasian yang tepat dari operator. SOP juga bisa dikategorikan sebagai polisi untuk pencegahan dimana yang melihat kebocoran-kebocoran tertentu. Maka dari gambaran tersebut, perusahaan akan tertib dan teratur secara sistematis dengan adanya SOP, serta karyawan maupun owner dapat mendelegasikan tugas-tugasnya dengan baik. Jadi SOP adalah dokumen yang berkaitan dengan standar prosedur untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam memperoleh hasil kerja yang efektif dan efisien. 

Dengan penerapan SOP ini juga berfungsi untuk mengontrol biaya. SOP memiliki alur yang konsisten dari setiap aktivitas, seperti tata cara penggunaan biaya, mencegah perputaran piutang, dan sebagainya. Terkadang dalam berwirausaha, tidak memahami pentingnya SOP sehingga terjadi kecurangan-kecurangan dari oknum-oknum tertentu. Jadi ketika akan memulai sebuah usaha, perlu membuat SOP. Begitu juga pelaku usaha atau perusahaan yang sudah berjalan lama namun belum memiliki SOP, ini penting untuk diterapkan.  

Revisi pada SOP idealnya dilakukan setiap 6 bulan sekali, namun ini tergantung dari masing-masing usaha apabila dirasa pembenahan sudah perlu untuk direvisi, maka bisa dilakukan segera. Sering terjadi di perusahaan-perusahaan yang sudah eksis selama 50-60 tahun seringkali menyepelekan SOP, karena dirasa mungkin omset yang sudah banyak. Namun jika adanya SOP yang baik, maka omset bisa lebih maksimal. Namun jangan menilai SOP menjamin dalam kenaikan omset perusahaan, SOP membenarkan alur bisnis penjualan yang dijalankan agar penjualan dapat secara konsisten. 

SOP juga dapat menekan pengeluaran karena terdapat aturan tertentu untuk mengatur pengeluaran biaya agar tidak semena-mena. Walaupun perusahaan yang sudah eksis tersebut selama 50-60 tahun tidak ada SOP ketika terjadi masalah perekonomian perusahaan akan ada banyak kebocoran di berbagai departemen karena SOP untuk mengatur itu. 

Tanpa SOP yang jelas siapapun dan berapapun pemimpinnya semuanya dapat memberikan perintah dan mengambil kebijakan. Akhirnya mengakibatkan operasional perusahaan kacau, karyawan kerja individual, terjadi banyak miskomunikasi. Hal ini sangat tidak relevan di dalam perusahaan, karena mencerminkan belum adanya persiapan dalam menerima resiko-resiko di dalam perusahaan. Perlu diketahui bahwa SOP ini bukan aturan yang kaku, tetapi membuat alur bisnis lebih tertib dan menghindari kebocoran/kecurangan sehingga mudah dideteksi. 

Selain itu SOP bertujuan untuk menciptakan efektivitas di segala lini perusahaan. Beberapa diantaranya, seperti parameter dalam menilai mutu layanan perusahaan dan untuk menjaga kualitas produksi dengan kinerja yang konsisten untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, serta untuk menjaga alur dan koridor masing masing tugas tenaga kerja. Jadi SOP didalam perusahaan sangatlah penting karena SOP ini dibangun untuk bisa disiplin di dalam segala kegiatan didalam perusahaan. 

Jika masih bingung dengan penjelasan di atas, kami jelaskan lebih detail beserta contohnya di dalam video berikut ini. Tonton sampai habis agar dapat memahami betapa pentingnya SOP bagi perusahaan Anda.


Tags


You may also like

Fungsi Arus Kas Bagi Usaha atau Bisnis Anda

Teknik Fixed Asset Opname yang Cepat, Tepat dan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube