Juni 6

0 comments

Pentingnya Membuat Laporan Perubahan Modal Pada Bisnis UMKM

Membuat Laporan Perubahan Modal – Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar tentang UMKM bukan? UMKM disebut juga Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Menengah adalah usaha manufaktur yang dimiliki oleh perorangan dan organisasi usaha yang memenuhi kriteria usaha mikro.

Banyak  UMKM yang masih melewatkan penyusunan laporan keuangan karena selalu fokus memasarkan usahanya. Mereka lupa bahwa mereka juga membutuhkan laporan keuangan untuk melayani kebutuhan bisnis perusahaan mereka dengan lebih baik.

Padahal, dengan adanya laporan keuangan tersebut, pengusaha dapat lebih memahami keadaan usahanya dengan mengendalikan biaya, mengetahui laba rugi, mengetahui hutang usaha dan faktor-faktor lain, piutang dan kena pajak.

Salah satu laporan keuangan yang paling penting untuk dipahami adalah laporan perubahan modal. Namun sebelum itu, dalam artikel ini, akan  membahas beberapa poin penting lainnya terlebih dahulu.

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah pernyataan yang mencerminkan keadaan usaha dari suatu lembaga keuangan. Fungsi dari laporan keuangan ini sendiri adalah untuk melihat apakah posisi keuangan Anda dalam bisnis itu baik.

Rata-rata banyak UMKM yang operasionalnya mulai berantakan karena tidak memperhatikan penyusunan laporan keuangan tersebut. Sedangkan kondisi keuangan usaha Anda mungkin tidak tahu. Sebaliknya, jika Anda menyusun laporan keuangan, akan terlihat dengan jelas posisi keuangan Anda. Sehingga Anda juga dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat untuk langkah selanjutnya.

Jenis Laporan Keuangan

Laporan keuangan lebih dari satu laporan. Jenis-jenis laporan keuangan adalah:

  • Laporan Laba Rugi
  • Neraca
  • Arus Kas
  • Laporan Perubahan Modal

Apa yang harus dilaporkan oleh UMKM?

Jawabannya adalah semua pernyataan. Jangan berpikir karena masih BSME, cakupannya kecil, jadi yang dibutuhkan hanya laporan laba rugi dan neraca.

Dari bisnis kecil tepatnya, Anda harus terbiasa dengan jenis pelaporan sehingga Anda dapat terbiasa dengan pertumbuhan bisnis Anda. Selain itu membuat keputusan manajemen menjadi lebih tepat dan akurat.

BACA JUGA:  Tips Mengatur Cash Flow Agar Keuangan Perusahaan Tetap Aman!

Alasan Pentingnya Membuat Laporan Perubahan Modal bagi UMKM

Laporan Perubahan Modal merupakan laporan  penting bagi UMKM. Laporan ini biasanya tidak dilakukan oleh UMKM karena masih dianggap tidak terlalu penting untuk kondisi perdagangannya.

Apa pentingnya pelaporan perubahan modal bagi UMKM?

Berikut adalah 6 alasan mengapa pelaporan perubahan modal penting bagi UMKM:

1. Sebagai rencana bisnis

Dari pernyataan perubahan modal Anda dapat mengetahui apa  yang harus dilakukan pada waktunya. Hal ini juga terkait dengan masalah budgeting atau penganggaran. Dari laporan perubahan modal, Anda dapat mengetahui berapa nominal masa depan yang perlu Anda anggarkan.

Dan apakah Anda perlu menambah modal usaha di periode selanjutnya. Perencanaan bisnis juga sangat penting  dalam bisnis Anda, agar uang atau aset Anda bisa kemana saja. Jika Anda tidak memiliki rencana bisnis ini,  biaya untuk setiap bulan mendatang mungkin lebih tinggi daripada periode sebelumnya.

Inilah sebabnya mengapa laporan perubahan modal adalah alat perencanaan bisnis.

2. Dapat mengetahui posisi modal bulanan

Setiap pemilik atau pemilik wajib mengetahui posisi modalnya setiap bulan. Hal inilah yang juga jadi penyebab pentingnya laporan perubahan modal. Ini berfungsi agar pemilik dapat mengetahui langkah selanjutnya untuk merealisasikan modalnya.

Sehingga langkah yang diambil lebih tepat dan sesuai dengan budget yang telah diambil pemilik. Selain itu, pemilik juga harus mengetahui posisi modal untuk mengetahui bagaimana keuntungan atau kerugian usaha dapat mempengaruhi perubahan modal pemilik.

Dan untuk mengetahui apakah perusahaan yang dikelola sehat atau tidak dan keputusan yang diambil baik untuk perusahaan. Hal ini dapat dilihat jika ekuitas pemilik meningkat atau menurun.

3. Kemudahan akses pinjaman dari bank

Bagi UMKM, bank merupakan entitas penting bagi bisnis mereka. Mengapa? Karena sebagian besar modal yang di dapat UMKM adalah dari pinjaman bank. Untuk mendapatkan pinjaman dari bank,  bank memerlukan laporan keuangan UMKM.

BACA JUGA:  Sering Salah! Begini Cara Mengisi Kwitansi Yang Benar!

Laporan keuangan minimum yang di perlukan UMKM adalah laporan laba rugi dan neraca. Namun, jika Anda melampirkan laporan perubahan modal, akan lebih mudah bagi bank untuk menganalisis laporan keuangan perusahaan.

Berkat itu, bank dapat mengetahui status operasional perusahaan dengan lebih mudah dan  akurat. Oleh karena itu, UMKM juga harus melaporkan perubahan permodalan. Hal ini untuk memudahkan pencairan pinjaman  oleh pihak bank.

4. Sebagai alat informasi untuk manajemen dan  pengambilan keputusan

Pemilik harus selalu memikirkan pertumbuhan bisnis mereka di masa depan. Hal ini bisa di lakukan dengan berbagai cara, seperti menciptakan inovasi baru, menambah karyawan, menambah lokasi usaha dan masih banyak hal lain yang perlu di perhatikan kedepannya.

Oleh karena itu, pemilik berkewajiban mengambil keputusan untuk pengembangan usahanya. Untuk mengambil keputusan, pemilik harus memiliki laporan keuangan. Salah satu pemilik juga harus memiliki laporan tentang kejadian modal sebagai dasar pengambilan keputusan.

Dari laporan tersebut, pemilik harus tahu  apa yang akan di lakukan di masa depan. Misalnya, ekuitas bulan ini telah jatuh cukup parah, pemilik perlu tahu apa yang menyebabkan penurunan.

Dari sana, pemilik dapat membuat keputusan tentang bagaimana tidak mengurangi modal. Karena salah satu alasan yang menyebabkan pengurangan modal adalah penurunan keuntungan atau kerugian usaha.

5. Informasi Penting Bagi Investor

Jangan berpikir bahwa UMKM tidak dapat menarik investor. Tentu saja mungkin. Investor sendiri akan berinvestasi pada suatu perusahaan jika mereka dapat mempercayainya.

Akibatnya, investor akan membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui apakah bisnis yang di kapitalisasi itu sehat dan dapat berkembang di masa depan. Karena yang pasti di inginkan investor adalah pengembalian modal yang di berikan kepada perusahaan atau UMKM Anda. Sama seperti  bank, semakin lengkap laporan keuangan yang Anda berikan, semakin mudah bagi investor untuk menilai posisi keuangan perusahaan Anda.

BACA JUGA:  Rahasia Ampuh mendapatkan Profit yang Lebih Besar Tanpa Menambah Modal

Untuk memudahkan investor berinvestasi di perusahaan Anda, dari perubahan modal, investor dapat menentukan bagaimana laba atau rugi perusahaan mempengaruhi perubahan  modal.

6. Mengukur Rasio Perusahaan

Ketika perusahaan sudah mulai growth-up maka yang di nilai lagi ada prosentase perusahaan atau kemampuan perusahaan, dari apa nilainya?

Dari Analisa Laporan Keuangan yaitu Rasio Total Debt to Equity Ratio dan Return On Equity di mana kedua rasio menilai dari sudut pandang hutang berbanding modal dan Keuntungan berbanding dengan modal.

Di mana laporan ini di tujukan kepada pemilik perusahaan untuk merencanakan pengadaan aset baru seperti buka cabang atau perlu di evaluasi karena terlalu banyak hutang (jika perusahaan mayoritas permodalan oleh bank).

kebenaran laporan keuangan

Jadi, menurut Anda, pasti mulai mengerti mengapa perlu mendeklarasikan perubahan modal? Kesimpulannya, laporan keuangan  sangat penting bagi UMKM. Secara khusus, laporan perubahan modal yang sering terlupakan juga merupakan laporan  penting bagi UMKM dalam menjalankan usahanya.

Akibatnya, pemilik UMKM di haruskan menyertakan laporan perubahan modal saat menyusun laporan keuangan. Memang, menghafal tingkat perubahan modal itu mudah dan memiliki fungsi  penting dalam bisnis.

Rumus untuk melaporkan perubahan modal adalah modal – untung / (rugi) secara terpisah. Karena formula deklarasi perubahan pada dasarnya sederhana, tidak ada alasan bagi UMKM untuk tidak membuat deklarasi ini.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top