September 8

0 comments

Penting Adanya Barang Substitusi & Manfaatnya Untuk Bisnis

Barang substitusi adalah barang yang banyak orang tahu sebagai barang pengganti. Hal ini umumnya ada di suatu perusahaan ketika barang tidak tersedia tetapi ada pengganti yang serupa dengan fungsi yang sama.

Jenis barang pengganti ini seringkali terkesan sepele, tapi dalam kondisi tertentu perusahaan pasti perlu menjaga agar kegiatan usahanya tetap berjalan dengan baik.

Lebih lanjut mengenai barang substitusi dapat simak pada penjelasan berikut di bawah ini.

Apa Itu Barang Substitusi?

Penting Adanya Barang Substitusi & Manfaatnya Untuk Bisnis

Barang substitusi adalah istilah lain dari barang pengganti. Dalam suatu bisnis dan produksi umumnya ini termasuk barang-barang yang memiliki desain yang mirip dengan fungsi dan kegunaannya.

Maka tidak heran jika sebuah perusahaan umumnya meluncurkan produk khas sebagai pengganti satu sama lain.

Keberadaan barang jenis ini cukup penting, karena barang substitusi merupakan salah satu alternatif terbaik apabila terjadi kekurangan barang saat produksi masih berlangsung namun permintaan barang di pasar cukup tinggi.

Berkat adanya barang pengganti tersebut, kebutuhan konsumen masih dapat terpenuhi oleh barang sejenis. Sehingga perusahaan tetap memperoleh kepercayaan konsumen pada akhirnya.

Oleh karena itu, tentunya substitusi atau pengganti ini cukup penting. Misalnya, ketika sebuah perusahaan memproduksi berbagai jenis kursi, tentunya tidak hanya memproduksi satu jenis kursi kantor, tetapi biasanya ada berbagai jenis dan seri.

Hal ini bukan tanpa tujuan karena ini merupakan salah satu strategi dalam memenuhi kebutuhan konsumen ketika salah satu seri yang ada masih belum tersedia.

Umumnya, ketika terjadi kekosongan jenis tertentu, jenis lain dapat konsumen ketahui. Sehingga dengan cara ini perusahaan terus mencatat penjualan dan memperoleh keuntungan.

Manfaat Adanya Barang Substitusi

Secara umum, sejalan dengan pengertian yang ada di atas, tentunya manfaat dari penggunaan barang pengganti cukup banyak. Terutama dalam menunjang keuntungan dan menjalankan perusahaan secara optimal.

BACA JUGA:  Pentingnya Belajar Bisnis Digital Untuk Mengembangkan Usaha

Dengan adanya barang substitusi sebagai pengganti barang lain di dalam perusahaan, berikut beberapa manfaat dari penggunaan barang substitusi tersebut.

  • Menjaga Loyalitas Konsumen
  • Menyediakan Produk Alternatif
  • Menambah Keanekaragaman Produk di Pasar
  • Menjaga Kesinambungan Kegiatan Perdagangan

Hubungan Barang Substitusi Pada Bisnis

Produk substitusi memberikan alternatif pilihan bagi konsumen dan juga dapat meningkatkan persaingan yang ketat di pasar (bisnis). Konsumen dapat memilih satu atau lebih produk pengganti daripada dengan produk utama yang telah konsumen konsumsi dengan pertimbangan harga yang lebih murah, kualitas yang lebih tinggi dan bahkan lebih mudah untuk dibeli. Jadi produk substitusi merupakan ancaman bagi produsen produk utama yang dapat menurunkan penjualan produk utama dan mempengaruhi profitabilitas perusahaan produsen.

Pada produk substitusi sempurna, karakter persaingan juga akan sempurna, yaitu konsumen dapat dengan mudah beralih ke produk substitusi dan dapat mengkonsumsi produk tersebut dengan fungsi/kegunaan/kepuasan yang sama tanpa menimbulkan biaya switching, misalnya ayam goreng KFC berganti dengan ayam goreng McDonald’s. atau laptop asus berganti dengan laptop acer dengan spesifikasi yang sama.

Sedangkan dalam persaingan produk substitusi, beberapa produsen utama dapat menggunakan strategi promosi untuk keunikan produknya dan juga mengedukasi konsumen tentang perbedaan produknya daripada dengan produk substitusi agar konsumen tidak mudah berpindah.

Karena Indonesia menerapkan sistem perdagangan anti monopoli, produk substitusi sangat mudah terproduksi dan terjumpai di semua jenis industri.

Oleh karena itu, jika Anda seorang pengusaha, Anda harus mengetahui kekuatan dan kelemahan produk Anda dan produk pesaing, apakah Anda sebagai produsen utama atau sebagai produsen produk pengganti.

Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan produk Anda sendiri dan produk pesaing, Anda dapat menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk produk Anda, misalnya dengan terus mempromosikan keunggulan atau keunikan produk Anda yang tidak produk pesaing miliki.

BACA JUGA:  Tips Membuka Usaha Generasi Z Dengan Ide Bisnis Kreatif

Selain harus mengetahui kelebihan dan keunikan produk Anda daripada dengan produk pesaing, Anda juga harus memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang strategi pemasaran, operasional, sumber daya manusia dan keuangan perusahaan Anda.

Kesimpulan

Dengan informasi di atas, terlihat bahwa sangat penting untuk memastikan bahwa suatu perusahaan selalu menyediakan barang-barang alternatif atau substitusi. Setidaknya dengan fungsi dan manfaat yang sama sehingga jika ada barang yang kosong tidak akan sulit untuk mencari penggantinya.

Dengan demikian tentunya secara tidak langsung bisnis tersebut tetap berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Satu hal lagi yang cukup penting adalah manajemen barang merupakan kunci terpenting dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait hal tersebut. Sehingga jika ada kendala bisa langsung ditangani.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top