Juli 27

0 comments

Pengusaha Wajib Tahu Apa Itu Dropshipper Untuk Penjualan

Apa itu dropshipper – Berbicara tentang bisnis online, Indonesia bisa terbilang sebagai pasar e-commerce terbesar di Asia. Wajar jika para ekonom memprediksi pendapatan dari bisnis online akan mencapai 20% dari pendapatan negara.

Oleh karena itu, bisnis online terakui sebagai salah satu sektor yang paling strategis saat ini. Skema bisnis dropshipping dengan modal dan risiko minimal menjadi salah satu pilihan bisnis online yang paling potensial.

Hal ini tidak mengherankan sama sekali karena dropshipping adalah profesi yang bisa dapat jalan oleh siapa saja, asalkan memahami e-commerce dan gigih dalam mempromosikan produk.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas dan mengenal lebih jauh apa itu dropshipper untuk bisnis.

Pengertian dropshipper

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis dropship memang menjadi metode bisnis online yang cukup populer. Para pebisnis dropshipping memiliki nama lain dengan istilah dropshippers.

Pengertian dropship sendiri adalah jenis usaha produknya yang tidak ada stoknya, melainkan membeli langsung dari pihak ketiga, baik produsen maupun distributor grosir, dan kirim langsung ke konsumen.

Berdasarkan pengertian tersebut maka dropshipper adalah seseorang yang menjual produk milik pihak lain, tanpa harus menimbun dan mengirimkan pesanan karena proses pengirimannya pihak ketiga yang melakukan yaitu produsen atau pemasok besar.

Dengan kata lain, Anda hanya bertugas membuka toko online dan mempromosikan produk. Sementara itu, proses produksi, pengemasan, hingga pengiriman akan semua produsen lakukan. Sederhana, bukan?

Karena cara kerja yang sederhana ini, cukup banyak orang yang tertarik menjadi dropshipper. Sebelum masuk lebih dalam ke bisnis ini, tentunya Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana cara menjadi dropshipper pemula, termasuk ciri-ciri dari cara ini.

BACA JUGA:  Teknik Pengarsipan Dokumen Usaha Yang Tepat Mudah

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Menariknya, barang pesanan akan dikirim oleh supplier ke customer atau pembeli, nama pengirim yang tertera masih nama dropshipper.

Dropshipper terbantu dari selisih harga, di tangan supplier dengan harga jual ke customer.

Selain itu, Dropshippers memiliki keunggulan dalam sistem komisi. Meski saat ini jumlahnya lebih sedikit daripada dropshipper yang memberikan keuntungan dengan sistem diskon.

Dropshipper vs Reseller

Membahas tentang dropshipper tentunya akan berhubungan dengan reseller. sebenarnya tidak jauh berbeda dengan dropshipping, namun ada perbedaan sehingga sepertinya arti sel dan pengiriman memiliki arti yang sama.

Apa perbedaan antara reseller dan dropshipper? Reseller adalah orang yang menjual kembali suatu barang dari pemasok tanpa ada stok barang dengan komisi yang telah sepakat atau dari pemasok.

Perbedaan reseller dan dropshipper terlihat dari kepemilikan produk atau barang. Cara menjadi reseller syaratnya kita harus membeli produk supplier terlebih dahulu.

Kelebihan reseller adalah kita bisa melakukan Dropship hanya dengan modal kecil dan bisa secara online. Jadi, sangat cocok untuk orang yang ingin memulai bisnis, yang memiliki anggaran terbatas.

Cara Kerja Dropshipper

Sebagai penghubung antara konsumen dan produsen, penjual dropship bekerja dengan cara mempromosikan barang agar menjangkau banyak orang. Cara kerja penjual dropship bisa mulai dari kerja sama dengan produsen. Ketika tercapai kesepakatan, produsen akan memasok produk.

Pemasaran produk dapat terlaksana secara daring, terutama menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Harga yang keluar oleh penjual dropship harus lebih tinggi agar menguntungkan.

Ketika ada pembeli yang tertarik oleh produk yang ada, mereka dapat menghubungi penjual dropship lalu menyelesaikan pembayaran. Setelah selesai, pihak penjual dropship akan menghubungi pemasok untuk memroses pesanan.

BACA JUGA:  Tips Menata Gudang di Perusahaan Furniture

Dalam promosi barang, pihak penjual dropship dapat mengambil gambar barang yang disediakan pemasok setelah mendapatkan izin. Gambar tersebut dapat diedit dengan nama dan logo toko untuk menambah validitas. Proses dropshipping dapat dilakukan dengan mudah dan aman karena minim risiko.

Dari penjelasan di atas terlihat bahwa bisnis dropship lebih fleksibel dan bisa dijalankan dengan modal yang minim. Bagi Anda yang menginginkan penghasilan dari bisnis online, metode dropship bisa menjadi pertimbangan.


Tags

bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, lapor pajak, mengatur keuangan, modal, online, pajak, pajak bisnis online, pajak dokter, pajak hotel, pajak makelar


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top