Desember 12

0 comments

Prosedur Yang Tepat Dalam Pengadaan Bahan di Perusahaan Kontraktor

Pengadaan atau  procurement merupakan bagian dari perusahaan yang sering dilakukan untuk menambah nilai suatu bahan agar perusahaan bisa mendapatkan keuntungan.  Pengadaan barang maupun jasa tersebut  mulai banyak didiskusikan pada forum manajemen maupun pada media masa. Pengadaan  sering diartikan sebagai  pembelian atau tender yang berhubunagn dengan  proses administrasi.

Banyak perusahaan yang  mengganggap bahwa pengadaan ini  dianggap tidak begitu penting  padahal proses ini sangat berarti bagi perusahaan tersebut.  Pada beberapa perusahaan  pengawasan  terhadap pengadaan  umumnya tidak  dilakukan oleh sumber daya manusia  yang  bisa diandalkan sehingga  perusahaan tersebut  tiba-tiba menyadari bahwa  pengadaan yang dilakukan menjadi besar.

Dengan  pengadaan yang semakin besar tersebut maka  kinerja suatu perusahaan akan terpengaruh pada  kinerja perusahaan penunjang  atau terpengaruh pada penyediaan barang atau   jasa. Dengan banyaknya pembengkakan  pengadaan pada beberapa perusahaan tersebut maka banyak perusahaan yang mengalami kerugian. Kerugian tersebut bila dibiarkan secara terus menerus  maka akan mempengaruhi  posisi  perusahaan.  Pembengkakan dalam proses  pengadaan tersebut akan  menimbulkan penururan kinerja  pengadaan barang ataupun jasa dalam perusahaan sehingga organisasi juga akan terpengaruh. Karena proses pengadaan pabrik yang terlalu lama kadang menjadi  masalah pada perusahaan tersebut.

Apa Itu Pengadaan Bahan Baku?

Pengadaan merupakan suatu kegiatan yang menjadi implementasi suatu  keputusan pabrik atau perusahaan untuk  membeli  barang  yang dibutuhkan  dan telah diputuskan perusahaan atau  pabrik  dengan cara membeli, pertukaran dan mencakup tentang proses administrasinya. Dalam proses   procurement manufacturing tersebut maka  ada beberapa  cara yang bisa dilakukan untuk proses administrasi diantaranya adalah   pembelian secara tunai dan pembelian secara kredit.

Beberapa pabrik  bahkan lebih dari 60%  dari pemimpin perusahaan  mempercayakan bahwa procurement  dan supply chain   mampu memberikan  kontribusi  yang besar  terhadap beberapa hal dalam perusahaan tersebut. Beberapa  kontribusi  yang didapatkan  tersebut adalah  quality improvement, bottom line cost  reduction dan improved customer services. Dalam formula strategi pengadaan   barang akan dimulai dengan analisa   yang dilakukan terhadap barang atau jasa   yang dilihat dalam jumlah, jenis maupun keperluan  dalam pendistribusian.  Semua hal yang berhubungan dnegan peraturan internal maupun eksternal  yang berhubungan dengan sistem pengadaan    harus dipertimbangkan dengan baik.

Dalam  proses procurement tersebut  maka pabrik akan membuat suatu analisa resiko  terhadap pasokan  barang  maupun jasa. Setelah itu barulah perusahaan membuat strategi pengadaan  yang terdiri dari strategi operasional pengadaan, strategi  kontrak pengadaan maupun strategi  kontrak dan pemilihan vendor yang tepat.  Dari beberapa strategi tersebut  kemudian akan diputuskan  kebijakan  pengadaan   yang tepat dan lebih efektif.

Stategi pengadaan  juga harus mendukung tujuan dan beberapa strategi pabrik dan faktor lainnya.  Beberapa hal penting dalam perusahaan seperti  strategi sumber daya manusia, manajemen keuangan,  manajemen  operasional maupun marketing juga harus disesuaikan dengan trategi pengadaannya. Pelaksaan strategi  tersebut haruslah berjalan dengan lancar dan  selaras dengan beberapa kebijakan operasional perusahaan.

Dalam strategi pengadaan tersebut juga sangat diperlukan adanya Supply Chain Management atau SCM. SCM ini nantinya  akan memudahkan setiap fungsi  dalam pabrik  akan berjalan dengan baik. Pengadaan bukan hanya sekedar  suatu proses administrasi namun juga merupakan     menentukan keberhasilan pabrik. Pengadaan  adalah  fungsi yang   bukan hanya sekedar  peraturan  yang berlaku  namun juga harus dipertimbangkan pencapaian  kinerja  perusahaan.

Dalam proses pengadaan harus dilakukan beberapa tahap atau prosedur jika perusahaan tidak ingin  merugi. Secara  tidak langsung pengadaan yang  kurang tepat akan menimbulkan kerugian pada perusahaan berupa biaya bahan baku. Prosedur ini kami rangkum dalam sebuah video yang dapat Anda pelajari secara lengkap. Tonton video berikut ini hingga selesai.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Tips Mengubah Bisnis Apapun Agar Bisa Punya Untung Besar

Sebuah Perusahaan Rugi Puluhan Milyar Sebab Tak Terapkan Strategi Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube