Oktober 1

0 comments

Penambahan CAPEX : Tips Menentukan Waktu yang Tepat Saat Pandemi

Capital expenditure atau yang biasa disingkat capex adalah sejumlah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membeli, memperbaiki, atau merawat aset jangka panjang demi keberlangsungan bisnisnya. Dalam kata lain, penambahan capex dimaksudkan untuk memperkuat perusahaan dalam meningkatkan profit yang dicita-citakan. 

Adapun jenis aset yang dimiliki merupakan aset tetap dan tidak dimaksudkan untuk dijual kembali di kemudian hari. Aset tersebut digunakan dalam jangka panjang (lebih dari satu periode akuntansi) dan dipakai selama perusahaan beroperasi.

Pengeluaran capex biasanya dilakukan di fase awal perusahaan beroperasi. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa sebuah perusahaan juga memiliki capex ketika sudah berjalan selama beberapa tahun. 

Kondisi ini biasanya terjadi saat perusahaan melakukan proyek baru yang mendukung peningkatan profit.  Seperti misal, sebuah perusahaan telekomunikasi harus menganggarkan sejumlah dana penambahan capex setiap beberapa periode untuk melakukan perluasan jaringan sehingga semakin banyak konsumen yang dapat terjangkau. Dengan semakin banyaknya jumlah dan kepuasan konsumen, maka potensi meningkatnya laba jadi semakin besar.

Oleh karena itu, capex juga dapat disebut sebagai pengeluaran untuk investasi yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini tidak lain karena aset hasil pembelanjaan tersebut menjadi pendukung kegiatan operasional bisnis agar berjalan lancar dan baik.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk membeli capex? Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 yang menusuk tajam omzet perusahaan.

Terdapat beberapa tips untuk menentukan waktu yang tepat untuk membeli capex dan bagaimana cara melakukan budgeting untuk mempertahankan keuangan perusahaan. Kami rangkum dalam satu video yang dijelaskan langsung oleh konsultan D’Consulting. Simak video di bawah ini sampai habis. Semoga bermanfaat.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Rahasia Sukses Buka Ratusan Cabang Ala Kopi Janji Jiwa

5 Kesalahan Utama Dalam Membangun Bisnis F&B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube