September 25

0 comments

Pemahaman Sistemasi Keuangan yang Wajib UMKM Ketahui

Pemahaman sistemasi keuangan ini sangat disarankan untuk kemudian pengusaha UMKM ketahui. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung ekonomi di banyak negara, termasuk Indonesia. UMKM kemudian berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan pengurangan kemiskinan.

Namun, banyak UMKM menghadapi tantangan finansial yang serius yang dapat menghambat pertumbuhan mereka. Salah satu solusi untuk kemudian mengatasi masalah ini adalah pemahaman yang kuat tentang sistemasi keuangan.

pemahaman sistemasi keuangan

1. Pentingnya Sistemasi Keuangan bagi UMKM

Sistemasi keuangan adalah proses mengelola, mencatat, dan menganalisis transaksi keuangan sebuah bisnis. Ini kemudian mencakup pencatatan pendapatan, pengeluaran, dan investasi. Bagi UMKM, pemahaman yang baik tentang sistemasi keuangan adalah kunci untuk kemudian mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Berikut beberapa alasan mengapa sistemasi keuangan penting bagi UMKM:

a. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Dengan sistemasi keuangan yang baik, UMKM dapat mengakses data finansial mereka dengan cepat dan mudah. Ini memungkinkan pemilik bisnis untuk kemudian membuat keputusan yang lebih baik, seperti kapan harus menginvestasikan lebih banyak uang, kapan harus mengurangi biaya, atau kapan kemudian harus mengembangkan lini produk atau layanan baru.

b. Kemampuan Mengelola Kas

Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh banyak UMKM adalah manajemen kas yang buruk. Dengan sistemasi keuangan yang baik, UMKM kemudian dapat melacak arus kas mereka dengan lebih baik, menghindari kekurangan kas yang tiba-tiba, dan kemudian memastikan bahwa mereka memiliki dana yang cukup untuk mengatasi krisis atau peluang bisnis yang muncul.

c. Pemenuhan Kewajiban Pajak

Pajak adalah aspek penting dari bisnis yang seringkali diabaikan oleh UMKM. Dengan sistemasi keuangan yang tepat, UMKM dapat memastikan bahwa kemudian mereka membayar pajak yang seharusnya dan menghindari masalah dengan otoritas pajak. Ini kemudian dapat menghemat uang dan menghindari masalah hukum.

BACA JUGA:  Negosiasi Utang ke Bank atau Supplier dalam Strategi Keuangan

d. Daya Tarik Investor dan Pembiayaan Eksternal

Jika UMKM berencana untuk kemudian mendapatkan investasi atau pembiayaan eksternal, mereka harus dapat menunjukkan catatan keuangan yang jelas dan akurat. Sistemasi keuangan yang baik kemudian akan meningkatkan kepercayaan investor dan pemberi pinjaman, meningkatkan peluang untuk mendapatkan dana tambahan.

2. Langkah-langkah untuk Mengimplementasikan Sistemasi Keuangan yang Efektif

Untuk mengimplementasikan sistemasi keuangan yang efektif dalam UMKM, langkah-langkah berikut dapat diikuti:

a. Pemisahan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Pertama-tama, penting untuk memisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Ini berarti memiliki rekening bank terpisah untuk bisnis Anda. Ini kemudian akan membuat pencatatan transaksi lebih mudah dan memastikan bahwa keuangan pribadi Anda tidak bercampur aduk dengan keuangan bisnis.

b. Pencatatan Transaksi Harian

Pencatatan transaksi harus dilakukan setiap hari. Ini mencakup mencatat semua pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda. Penggunaan perangkat lunak akuntansi atau aplikasi keuangan dapat sangat membantu dalam hal ini.

c. Pembuatan Laporan Keuangan Berkala

Setiap bulan, buat laporan keuangan yang mencakup laba rugi, neraca, dan arus kas. Laporan ini kemudian akan memberi Anda pandangan yang lebih jelas tentang kinerja bisnis Anda dan akan membantu Anda mengidentifikasi masalah atau peluang.

d. Pengaturan Anggaran

Membuat anggaran tahunan adalah langkah penting dalam sistemasi keuangan. Ini kemudian akan membantu Anda merencanakan pengeluaran Anda, mengendalikan biaya, dan kemudian mengatur tujuan keuangan yang realistis.

e. Konsultasi dengan Ahli Keuangan

Jika Anda merasa kesulitan dalam mengelola sistemasi keuangan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang ahli keuangan atau akuntan. Mereka kemudian dapat memberikan saran yang berharga dan membantu Anda mengoptimalkan keuangan bisnis Anda.

3. Penggunaan Teknologi dalam Sistemasi Keuangan UMKM

Dengan kemajuan teknologi, UMKM memiliki akses ke berbagai alat dan aplikasi yang kemudian dapat membantu dalam sistemasi keuangan. Beberapa contoh teknologi yang dapat digunakan oleh UMKM meliputi:

BACA JUGA:  Mengenal Kantor Akuntan Publik: Pengertian, Tanggung Jawab, dan Tips Memilih Kantor Akuntan Publik

a. Perangkat Lunak Akuntansi

Tersedia banyak perangkat lunak akuntansi yang dirancang khusus untuk UMKM. Perangkat lunak ini kemudian dapat membantu dalam pencatatan transaksi, pembuatan laporan, dan analisis keuangan.

b. Aplikasi Keuangan Mobile

Aplikasi keuangan mobile memungkinkan pemilik bisnis untuk mengakses informasi keuangan mereka secara real-time, bahkan saat mereka berada di luar kantor. Ini membuat pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat.

c. Layanan Keuangan Online

Layanan keuangan online, seperti pembayaran digital dan perbankan online, kemudian dapat mempermudah proses transaksi keuangan dan mengurangi risiko kesalahan manusia.

4. Kesimpulan

Pemahaman yang kuat tentang sistemasi keuangan adalah kunci kesuksesan bagi UMKM. Dengan sistemasi keuangan yang baik, UMKM kemudian dapat mengambil keputusan yang lebih baik, mengelola kas dengan lebih efisien, memenuhi kewajiban pajak, dan menarik investor dan pembiayaan eksternal. Dengan memisahkan keuangan pribadi dan bisnis, mencatat transaksi harian, membuat laporan keuangan berkala, mengatur anggaran, dan memanfaatkan teknologi, UMKM kemudian dapat meningkatkan kinerja keuangan mereka dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Jadi, bagi UMKM, pemahaman sistemasi keuangan adalah sesuatu yang wajib dan harus diutamakan.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik