November 19

0 comments

Pahami Syarat Mendirikan PT yang Harus Dipatuhi

Syarat mendirikan PT yang harus dipenuhi oleh para pendiri PT diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. PT adalah singkatan dari “Perseroan Terbatas.” Ini adalah bentuk badan hukum yang umum digunakan untuk kemudian menjalankan bisnis di Indonesia dan beberapa negara lain. PT adalah badan hukum terpisah yang berarti bahwa entitas hukumnya terpisah dari pemiliknya. Dengan kata lain, pemegang saham hanya bertanggung jawab atas kewajiban mereka sesuai dengan modal saham yang mereka miliki.

syarat mendirikan PT

Organ Perseroan Terbatas terdiri dari 3 (tiga) yaitu :

a. RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

b. Direksi.

c. Dewan Komisaris.

Mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT) adalah langkah serius dalam memulai bisnis di Indonesia. Pendirian Perseroan Terbatas (PT) di Indonesia mengikuti peraturan dan regulasi yang diatur oleh hukum Indonesia, terutama Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. 

Syarat Mendirikan PT

Namun, sebelum memulai proses pendirian PT, wajib untuk memahami terkait persyaratan yang diperlukan untuk pendirian perusahaan. Berikut syarat utama yang perlu Anda penuhi untuk mendirikan PT di Indonesia. 

1. Minimal Dua Pendiri

Untuk mendirikan PT, Anda memerlukan minimal dua pendiri. Dalam hal ini, pendiri bisa berupa individu atau entitas hukum seperti perusahaan lain. ketentuan pemegang saham minimal 2 (dua) orang atau lebih tidak berlaku bagi:

  • Perseroan yang sahamnya dimiliki oleh negara.
  • Kemudian Perseroan yang mengelola bursa efek, lembaga kliring dan penjaminan, lembaga penyimpanan dan penyelesaian, dan lembaga lain sebagaimana diatur dalam Undang – Undang tentang Pasar Modal.

2. Modal Minimum

Anda perlu menyetorkan modal minimum sebesar 10 juta rupiah untuk mendirikan PT. Namun, jumlah modal ini dapat berbeda tergantung pada sektor bisnis yang Anda pilih dan peraturan yang berlaku.

BACA JUGA:  Menguak Rahasia Sukses Bisnis Online di Era Milenial

3. Direksi dan Dewan Komisaris

PT harks memiliki Direksi dan Dewan Komisaris. Direksi terdiri dari satu atau lebih direktur, sementara Dewan Komisaris terdiri dari satu atau lebih komisaris.

4. Nama Perseroan: Anda kemudian harus memilih nama perseroan yang belum digunakan oleh perusahaan lain dan harus memenuhi ketentuan dalam peraturan terkait.

5. Notaris: Anda perlu melibatkan seorang notaris untuk kemudian membantu dalam proses pendirian PT. Notaris akan membantu dalam menyusun akta pendirian PT.

6. Akta Pendirian: Akta pendirian adalah dokumen yang memuat informasi tentang perusahaan, seperti nama perseroan, tujuan usaha, alamat, dan pemegang saham. Akta ini juga harus ditandatangani oleh pendiri PT di hadapan notaris.

7. Pengesahan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham): Setelah akta pendirian dibuat, Anda perlu mengajukan permohonan pengesahan ke Kemenkumham atau lembaga terkait untuk kemudian mendapatkan pengesahan badan hukum PT.

8. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP): PT harus memiliki NPWP yang merupakan nomor pajak perusahaan. Ini diperlukan untuk kemudian membayar pajak.

9. Tanda Daftar Perusahaan (TDP): Anda kemudian perlu mendapatkan TDP dari Pemerintah Daerah setempat untuk kemudian menjalankan bisnis secara legal.

10. Izin Usaha: kemudian Beberapa jenis usaha memerlukan izin khusus, seperti perizinan dari lembaga pemerintah terkait, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau izin lingkungan.

11. Membuat Akun Bank Perusahaan: kemudian Anda perlu membuka rekening bank perusahaan untuk menjalankan transaksi bisnis.

12. Melengkapi Laporan Keuangan: Anda harus memiliki laporan keuangan yang baik dan teratur untuk kemudian memenuhi kewajiban perpajakan dan hukum.

13. Kepatuhan Hukum: PT harus mematuhi semua peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia, termasuk kemudian hukum ketenagakerjaan dan peraturan lingkungan.

BACA JUGA:  Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Masa Perputaran Persediaan Cepat

14. Pembaruan Berkala: PT harus melakukan pembaruan berdasarkan perubahan hukum dan regulasi yang berlaku.

Kesimpulan

Setelah Anda memahami syarat-syarat mendirikan PT, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri dengan baik untuk proses pendirian PT. Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukannya, Anda bisa bergabung menjadi member Business System Mentoring.

Di Business System Mentoring, Anda akan mendapatkan bimbingan dari mentor-mentor berpengalaman yang akan membantu Anda mendirikan PT dengan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Anda juga akan mendapatkan akses ke berbagai materi dan tools yang dapat membantu Anda memahami dan menjalankan bisnis PT Anda dengan lebih baik.

Yuk, bergabung sekarang dan wujudkan bisnis PT Anda yang sukses!


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

GEBYAR CUAN MELIMPAH

BUKU STRATEGI MENGELOLA BISNIS TANPA STRES

Promo Potongan 10% dan 5 BONUS Spesial..

Hari
Jam
Menit
Detik