Maret 15

0 comments

PAHAMI! Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit

Kartu Debit adalah sebuah kartu pembayaran secara elektronik yang diterbitkan oleh bank. Kartu ini dapat berfungsi sebagai pengganti pembayaran dari tunai menjadi non tunai. Sehingga kartu debit dinilai sebagai salah satu cara praktis oleh kebanyakan orang dalam melakukan transaksi.

Saat ini hampir semua bank di Indonesia menawarkan berbagai jenis kartu debit, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang mereka tetapkan. Transaksi dengan menggunakan kartu ini adalah cara yang bisa digunakan untuk dukung gerakan nasional non tunai yang dicanangkan oleh Bank Indonesia.

Kartu Debit Memberikan Kemudahan dalam Transaksi Non Tunai

1. Praktis

Keuntungan menggunakan kartu debit yang pertama adalah memudahkan kita dalam melakukan pembayaran. Cukup dengan kartu saja kita sudah bisa berbelanja, jadi tidak perlu repot membawa uang cash dalam jumlah banyak. Namun pastikan tempat belanja tersebut mendukung sistem transaksi non tunai menggunakan kartu ini ya.

2. Aman

Uang tunai yang dicuri pasti bisa digunakan oleh siapa saja. Namun jika Anda kehilangan kartu debit, laporkan ke bank penerbit sesegera mungkin untuk melindungi dari penggunaan kartu yang tidak sah. Akan tetapi, setiap bank penerbit kartu mungkin memiliki kebijakan yang berbeda, harap konfirmasikan dengan bank Anda.

3. Bisa Transaksi dalam Jumlah Besar

Sebagai pengganti uang tunai, kita bisa berbelanja dengan nominal besar menggunakan kartu debit. Berbeda dengan kartu kredit, kartu ini tidak memiliki limit transaksi selama saldo yang tersedia mencukupi. Meski begitu, kita tetap harus bijak dalam bertransaksi ya.

4. Pencatatan Transaksi yang Simpel

Kartu debit memberi Anda catatan semua transaksi setiap bulan, sehingga Anda dapat melacak ke mana uang Anda pergi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengecek mutasi rekening anda melalui mobile banking ataupun pergi ke cabang bank terkait.

BACA JUGA:  Rahasia Sukses Proposal Bisnis yang Terbukti Ampuh!

5. Bisa Tarik Tunai

Keuntungan yang satu ini jelas tidak dimiliki oleh kartu kredit. Penarikan tunai adalah salah satu keunggulan utama kartu debit. Jadi, kita tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak, dan jika dirasa kurang, kita bisa menarik uang tunai menggunakan kartu debit. Entah itu melalui ATM atau di minimarket terdekat.

6. Tidak Ada Cicilan Bulanan

Saat menggunakan kartu kredit, kita harus siap membayar utang setiap bulannya. Hal ini berbeda dengan sistem kartu debit, walaupun sama-sama digunakan untuk pembayaran non tunai, kita tidak perlu melunasi nominal yang kita gunakan setiap bulannya. Karena sistem menggunakan kartu debit adalah pembayaran secara langsung pada saat itu juga.

Kekurangan Kartu Debit

Meskipun terdapat banyak keuntungan menggunakan kartu debit, ternyata juga ada kekurangannya lho! simak kekurangannya dibawah ini

1. Harus Ada Saldo

Berbeda dengan kartu kredit yang menawarkan pinjaman kepada nasabah, kartu debit tidak bisa melakukan transaksi melebihi saldo yang ada. Anda hanya dapat bertransaksi sesuai dengan jumlah uang yang tersisa di rekening tabungan. Jadi pastikan saldo di rekening mencukupi sebelum melakukan transaksi ya.

2. Jarang Ada Promo

Bagi yang menggunakan kartu kredit tentu paham bahwa salah satu kelebihan kartu kredit adalah banyaknya promo yang ditawarkan. Sayangnya, ini tidak dapat ditemukan di kartu debit. Oleh karena itu jarang ada promo yang berlaku untuk penggunaan di kartu ini.

3. Harus Sesuai Merchant Bank

Tidak semua tempat menyediakan mesin Electronic Data Capture atau mesin EDC. Apalagi jika kita menggunakan bank di luar daftar bank ternama di Indonesia. Sedangkan pada kartu debit, transaksi harus dilakukan sesuai bank merchant. Jadi kita tidak bisa menggunakan kartu ini di semua tempat.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, debit, finance, franchise, grosir, jurnal, kartudebit, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, transaksi


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik