Juli 11

0 comments

Mengenal Sistem Perusahaan Manufaktur Lebih Dalam

Perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur adalah perusahaan yang menjual berbagai barang mentah atau bahan baku dan bahan setengah jadi. Tujuan penjualan suatu perusahaan manufaktur adalah menyediakan bahan baku untuk dikelola menjadi suatu produk guna memenuhi permintaan pasar.

Semakin banyak permintaan pasar, maka semakin banyak pula proses produksi yang akan dilakukan oleh perusahaan manufaktur. Pada umumnya perusahaan menghasilkan produk yang diinginkan oleh pasar. Oleh karena itu, ada berbagai faktor yang terlibat dalam proses penjualan manufaktur, seperti sumber daya manusia, sumber daya alam, dan peralatan mesin.

Pada saat ini perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang memiliki banyak peran di era teknologi yang semakin canggih.

Fungsinya sebagai penjual produk dan aktivitas bisnis membuat perusahaan penjualan manufaktur dikategorikan sebagai perusahaan dagang. Untuk pengelolaannya sendiri, manufaktur biasanya dilakukan di pabrik sehingga penjualan lebih penting.

Definisi Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang mempunyai kegiatan seperti membeli bahan baku kemudian mengolah bahan mentah dengan mengeluarkan biaya-biaya lain menjadi barang jadi yang siap dijual.

Salah satu bagian dari perusahaan manufaktur di Indonesia biasa di sebut dengan pabrik. Pabrik merupakan tempat berlangsungnya proses produksi.

Dalam akuntansi, persediaan adalah barang-barang yang di miliki oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk di jual, dan persediaan dapat di bedakan menjadi tiga, yaitu persediaan bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi. Persediaan merupakan aset perusahaan yang di gunakan untuk melakukan transaksi penjualan.

Kegiatan operasional yang di lakukan oleh perusahaan saat ini sangat banyak, sehingga semakin banyak kegiatan yang di lakukan maka semakin banyak pula permasalahan yang akan di hadapi.

Masalah yang mungkin terjadi adalah pada elemen organisasi yang sangat terbatas sehingga orang melakukan lebih dari dua pekerjaan, kesalahan pencatatan pada saat pembelian dan penerimaan bahan baku hingga pencatatannya di bagian persediaan.

BACA JUGA:  Strategi Sukses Bisnis Cuci Sepatu Bagi Pemula

Sehingga sangat penting untuk mencatat dan mengukur biaya perusahaan manufaktur dengan menggunakan metode akuntansi. Masalah dalam suatu perusahaan harus di hadapi atau di minimalisir, yaitu dengan mengendalikan perusahaan sesuai dengan kegiatan operasional perusahaan.

Contoh Perusahaan Manufaktur

Ada banyak contoh perusahaan Manufaktur yang dapat Anda temukan di Indonesia dengan berbagai industrinya. Berikut ini adalah contoh perusahaan Manufaktur yang akan sering Anda temukan:

Makanan

Industri Manufaktur Makanan mengubah produk ternak dan pertanian menjadi produk untuk konsumsi antara atau akhir. Kelompok industri di bedakan berdasarkan bahan baku (umumnya berasal dari hewan atau sayuran) yang di olah menjadi produk makanan.

Produk makanan yang di hasilkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut biasanya di jual kepada pedagang besar atau pengecer untuk di distribusikan kepada konsumen.

Tekstil

Itulah salah satu dari sekian banyak industri yang beroperasi di Indonesia. Industri ini mengelola kapas menjadi benang dan kain, sehingga nantinya kain tersebut dapat di buat kembali menjadi pakaian. Industri ini dapat menyerap banyak tenaga kerja, sehingga tidak banyak orang yang bekerja di industri tekstil.

Bahan kimia

Industri kimia sangat penting di era modern ini, karena bahan kimia sangat di butuhkan untuk berbagai kegiatan ekonomi. Industri kimia di bagi menjadi tiga kategori besar: bahan kimia berat (menggunakan mineral atau produk sampingan), farmasi dan petrokimia (bahan kimia yang berasal dari sumber bahan bakar).

Otomotif

Industri otomotif merupakan industri yang bergerak dalam penggunaan teknologi tingkat tinggi dalam proses produksinya. Banyak produk industri yang telah di hasilkan, contoh barang industri otomotif adalah sepeda, sepeda motor, mobil, dan lain-lain.

Elektronik

Sama seperti industri otomotif, di mana perusahaan manufaktur industri elektronik menggunakan teknologi tinggi dalam pembuatan suatu barang. Hasil dari industri elektronika ini merupakan salah satu industri yang sering anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan barang ini merupakan barang yang sering anda jumpai di lingkungan anda.

BACA JUGA:  Prosedur Mengatasi Kerugian Bisnis Kue Kering Mudah Rusak

Contoh industri elektronik ini adalah televisi, komputer, kipas angin, AC, dispenser, kompor listrik, dan masih banyak barang elektronik lainnya.

Kerajinan

Industri kerajinan merupakan industri yang banyak di gunakan oleh perusahaan manufaktur di Indonesia. Anda pasti sudah sering membentuk usaha kecil atau menengah, namun contoh perusahaan manufaktur yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Karena nilai devisa yang di hasilkan dari industri ini juga cukup besar dalam memajukan perekonomian dunia di Indonesia. sebagian besar produksi ini untuk konsumsi atau ekspor ke luar negeri.

Untuk proses produksi industri, jenis ini biasanya di ambil dari berbagai bahan, terutama yang ramah lingkungan dan menjadi produk baru yang memiliki nilai lebih dalam penampilan.

Sistem Perusahaan Manufaktur

Mengenal Sistem Perusahaan Manufaktur Lebih Dalam

Ada beberapa sistem perusahaan manufaktur yang harus Anda ketahui dan terapkan di perusahaan Anda, sebagai berikut:

Menerapkan Sistem Tarik

Yang di maksud dengan strategi Pull system di mana penarikan material di lakukan hanya pada saat di butuhkan. Hal ini di lakukan dengan tujuan untuk meningkatkan fleksibilitas dan mampu lebih cepat merespon kebutuhan pelanggan, serta menghindari pemborosan.

Fokus pada Kualitas

Berikut adalah sistem di mana Anda fokus menjaga kualitas agar produk yang di hasilkan memiliki kualitas terbaik. Dalam metode pembentukan kualitas yang terjadi dalam proses produksi.

Dengan demikian, proses produksi merupakan kunci utama untuk menjamin kualitas suatu produk. Ada beberapa metodologi yang dapat di terapkan atau di gunakan dalam menjaga kualitas produksi, antara lain metode six sigma dan konsep dasar kualitas produksi barang atau jasa zero-defect.

Perencanaan dan pelaksanaan

Perencanaan merupakan strategi penting yang tidak boleh di lewatkan. Tujuannya agar perusahaan dapat meminimalisir terjadinya pemborosan atau kemungkinan produksi ‘cacat’. Juga agar setiap tugas yang di berikan dapat di jalankan dengan jelas selama proses berlangsung.

BACA JUGA:  6 Tips Cara Membuat Job Description Agar Karyawan Lebih Efektif

Kemampuan untuk membuat keputusan

Strategi pengambilan keputusan (decision making) merupakan salah satu poin penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan manufaktur. Dalam sistem ini, pengambilan keputusan yang cepat dan akurat merupakan salah satu cara efektif yang di butuhkan selama proses produksi.

Kerjasama yang baik dengan pemasok

Kolaborasi yang paling berpengaruh dalam memberikan dukungan bagi perusahaan yang menerapkan sistem lean manufacturing adalah supplier atau pemasok.

Berbagai dukungan yang di berikan oleh pemasok, seperti pengiriman barang yang tepat waktu dan penyediaan bahan berkualitas unggul dan tanpa cacat penting untuk pengembangan perusahaan manufaktur.

Oleh karena itu, pemasok di tuntut untuk menjadi bagian dari perusahaan manufaktur dengan sistem lean manufacturing. Sehingga perusahaan juga dapat memberikan pelatihan kepada pemasok, tidak hanya karyawannya.

Kesimpulan

Perkembangan perusahaan manufaktur saat ini sangat pesat yang dapat menimbulkan persaingan yang sangat ketat antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga semakin banyak tantangan yang di hadapi oleh perusahaan.

Umumnya suatu usaha berdiri dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan, sehingga perusahaan ini berusaha menjalankan operasinya dengan menggunakan sumber daya ekonomi dan pengusaha harus menekan biaya produksi agar biaya produksi lebih rendah, sehingga harga jual dapat di tekan.

Hal ini akan membuat pengusaha sangat memperhatikan setiap biaya yang di keluarkan dalam kegiatan produksinya. Namun, untuk memperhatikan setiap pengeluaran yang Anda keluarkan, tentunya Anda harus memiliki aplikasi yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan dengan cepat dan tepat.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top