Juni 22

0 comments

Konsultan Bisnis Jogja

Konsultan bisnis jogja kali ini akan membahas permasalahan  yang sering terjadi pada pengelolaan bisnis, dan sudah kami buat dan rangkum pada artikel yang berjudul “3 Strategi Menghindari Kerugian Puluhan Milyar Karena Sistem Yang Bermasalah”. Baca sampai tuntas aga mendapatkan banyak manfaatnya..

 

konsultan bisnis jogja

Sadarkah Anda bahwa Kerugian Puluhan Milyar bisa terjadi pada perusahaan yang memiliki Sistem yang Bermasalah?? Coba bayangkan jika hal tersebut terjadi diperusahaan Anda, kami yakin Anda pasti akan pusing dan stress. Di artikel ini, kami Konsultan Binis Jogja akan membahas apa permasalahan yang bisa terjadi sehingga mengakibatkan kerugian pada perusahaan. Apa penyebabnya dan apa 3 strategi yang bisa Anda lakukan untuk menghindarinya.

Sebenarnya apa sih penyebab dari permasalahan diatas?

Setelah kami konsultan bisnis jogja telusuri, ternyata ada beberapa penyebab dari pada permasalahan diatas. Penyebab tersebut antara lain:

  • Sering kali perusahaan ingin berkembang dan ingin auto pilot secara cepat, tapi tidak menyiapkanStandard Operating Procedure (SOP) yang baik untuk menjalankan perusahaannya.
  • Terkadang mereka sudah memiliki SOP, namun SOP tersebut tidak dilakukan secara konsistendisemua lini perusahaan.
  • Ketika SOP sudah dijalankan didalam perusahaannya pun, terkadang SOP yang dibuat sudah out of date, atau sudah tertinggal jaman. Dikarenakan SOP tersebut sudah dibuat puluhan tahun yang lalu dan tidak ada update kembali hingga saat ini.
  • Seiring dengan perbaikan SOP yang berkesinambungan ternyata belum dilakukan pembagian tugas yang jelasantar masing-masing departemen dan akhirnya menimbulkan kekosongan person in charge dibeberapa pekerjaan utama.
  • Problem terakhir dan yang paling utama adalah tidak adanya orang-orang kunci atau key useryang capable, jujur dan bertanggung jawab untuk memimpin tiap-tiap departemen.

So memang ternyata problem ini adalah problem yang cukup kompleks ya, dan memang tidak semudah membalikan telapak tangan untuk menyelesaikan problem seperti ini! Diperusahaan-perusahaan klien kami pun, kami membutuhkan waktu minimal diatas 6-12 bulan untuk bisa mendampingi dan menyelesaikan problem diatas. Karena ternyata yang kita selesaikan bukan hanya berusan dengan dokumen, data dan software saja.

Namun lebih banyak karena berhubungan dengan menyelesaikan “manusianya”, dan ini adalah hal yang cukup rumit, selain dikarenakan daya tangkap tiap orang berbeda-beda, belum lagi ditambah dengan karakter tiap orang juga berbeda-beda!

Namun ibarat peribahasa “Banyak jalan menuju ROMA”, kami yakin juga setiap masalah pasti ada pemecahannya!

Ketika menghadapi permasalahan diatas, kami pasti akan satu persatu mencari tau akar masalah dan duduk persoalan dari masing-masing departemen. Dari pecahan-pecahan informasi yang kami dapatkan barulah kami dapat membuat suatu konklusi, bagaimana masalah tersebut dapat dipecahkan.

Hmmm… sangat sulit memang! Tapi kali ini, kami mau berikan kepada Anda 3 tips praktisnya, supaya dapat langsung anda terapkan dilapanga.

#1. Membuat SOP yang cocok untuk perusahaan Ala konsultan bisnis jogja

Ibarat perusahaan Anda sebuah kereta api, maka SOP ini seperti rel yang memberikan arahan kepada kereta api tersebut agar dapat menuju tempat yang tepat. Setiap perusahaan yang berdiri, selayaknya memang harus memiliki Standard Operating Procedure (SOP) atau umum juga disebutkan sebagai business process. SOP yang dibuat biasanya memang terkesan kaku dan tidak fleksible.

#2. Mencari Team yang tepat dan melakukan penunjukan untuk melakukan tugas dan fungsi secara benar

Bila perusahaan diibaratkan seperti kereta api dan SOP adalah relnya, maka team Anda adalah penumpangnya. Maka bisa Anda bayangkan apabila didalam kereta api tersebut berisi segerombolan perampok, pembunuh bayaran, pendusta, pengkhianat dan segala macam orang-orang yang negatif? Bisa dipastikan kereta api tersebut tidak akan sampai tempat tujuannya dengan selamat, dan mungkin bagian-bagian dari kereta api tersebut pun akan tercerai berai. Inilah analogi yang sering kami lontarkan kepada klien kami.

#3. Membuat divisi terpisah (Team Independen) untuk mengimplementasikan SOP dilapangan

Langkah terakhir ini juga tidak kalah pentingnya, dikarenakan proses eksekusi dari langkah pertama dan kedua akan dilakukan disini. Sebaik apapun SOP yang dibuat dan sebaik apapun team yang dipilih tidak akan bisa berhasil kalau proses implementasi SOP oleh team independen bermasalah.

Oke sekarang sudah tahu kan apa yang sebenarnya menjadi akar permasalahan kalau sampai perusahaan itu menanggung kerugian hingga puluhan milyar? dan jangan lupa sedia payung sebelum hujan dan lakukan 3 strategi diatas guna mencegah kerugian menimpa usaha Anda.

Apabila Anda sedang menjalankan sebuah bisnis dan mempunyai impian sebuah bisnis yang autopilot ada baiknya Anda baca artikel pada halaman berikut ini Baca artikel bisnis autopilot selengkapnya 

 

 


Tags

bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi, supermarket, tips, toko, usaha, waralaba


You may also like

1300 Cabang di 9 Negara, Simak Rahasia Sukses Kebab Turki Baba Rafi

5 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Pasca Pandemi COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube