Mei 17

0 comments

Kesalahan Pelaku Bisnis Coffee Shop Hingga Harus Tutup Toko

Tidak dapat di pungkiri bahwa dalam membuka sebuah bisnis warung kopi atau coffee shop benar-benar sangat menarik. Belum lagi keuntungan yang sangat menggiurkan ketika terjun di bisnis ini. Permintaan akan minuman berbasis kopi dengan kualitas tinggi, saat ini menjadi tren tersendiri untuk meningkatkan penjualan di pasarnya. Maka sebaiknya kedai kopi bertempat di lokasi yang benar-benar baik untuk dikelola agar bisa sukses dan berkembang kedepannya.

Belum lagi, hampir semua orang pasti suka dengan minuman yang berbau kopi, bukan?

Jika memang begitu, mengapa banyak sekali pebinis kedai kopi yang gagal hingga menutup kedainya?

Ada beberapa sebab yang mengakibatkan suatu bisnis kedai kopi bisa bangkrut. Namun kebanyakan justru alasan terbanyak suatu bisnis kedai kopi itu gagal bukan karena kopi yang mereka buat. Sekalipun kedai kopi dengan karyawan profesional yang sudah terlatih dengan baik pun bisa gagal. Jadi apa sih kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan pebisnis coffee shop, yang perlu kamu hindari?

Bisnis kedai kopi dapat gagal karena beberapa alasan beriut ini.

coffee shop

1. Masih kurang dalam melakukan riset

Masalah ini juga kerap kali terjadi pada orang yang baru pertama kali dalam memulai bisnis kedai kopi dari nol. Bingung harus mulai dari mana dan cenderung menghabiskan waktu serta uang yang di miliki.
Melakukan penelitian baik sebelum membuka maupun sedang membangun bisnis kedai kopi menjadi sangat penting untuk mencapai kesuksesan bisnis. Lalu riset seperti apa yang wajib dan harus dilakukan dalam membangun bisnis kedai kopi?

Riset tersebut mencakup membaca buku dan sumber lain mengenai bisnis kopi, membaca dan mencari tahu tentang badan usaha, pengelolaan keuangan, elemen-elemen biaya yang di butuhkan, dan yang pasti riset tentang pembuatan kopi berkualitas.

coffee shop

2. Membuat perencanaan yang kurang tepat

Pengelolaan bisnis kedai kopi kamu tentu berbeda dengan bisnis kedai kopi lainnya, sekalipun kamu mengikuti cara-caranya. Maka dari itu buatlah perencanaan yang bisa sesuai dengan kondisi keuangan, lokasi dan aspek lainnya untuk bisnis kedai kopi kamu. Tentu perencanaan yang tepat dapat menghemat waktu, uang dan pikiran kamu dalam membangun bisnis kedai kopi. Luangkanlah waktu untuk memikirkan perencanaan ini, terutama pada bagian ini.

  1. Waktu yang di miliki untuk mengelolanya
  2. Pisahkan keuangan pribadi dan bisnis
  3. Buat konsep pengembangan secara menyeluruh
  4. Tulislah rencana bisnis kamu
  5. Tentukan anggaran yang di butuhkan
  6. Tentukan pula jangka waktunya

3. Tidak memanfaatkan kesempatan untuk tumbuh dan belajar

Terlihat sepele, tapi kenyataannya ini menjadi kesalahan umum, di mana mereka menganggap memulai bisnis kedai kopi itu mudah. Apa lagi kedai kopinya tengah ramai pengunjung, sehingga menganggap sudah berhasil dan tak perlu belajar lagi untuk mengembangkannya. Padahal dalam memulai dan mengembangkan bisnis kedai kopi membutuhkan waktu dan investasi dalam riset dan perencanaan.

Hanya dirimu sendiri yang dapat menilai keberhasilan bisnismu. Kamu harus bisa bersikap proaktif dalam menghadapi setiap tantangan yang muncul agar dapat menjadi pembelajaran dan pengelolaan bisnis kamu sendiri. Untuk melakukan hal ini, kamu harus terjun dan belajar secara langsung tentang cara melakukan pemasaran, promosi, dan hal-hal lain yang bisa meningkatkan penjualan coffee shop kamu. Dengan begitu kamu bisa tahu letak kekurangan bisnis kedai kopi yang sedang kamu kelola.

4. Tidak memperhatikan arus kas dan akuntansi

Mempunyai arus kas menjadi sebuah keharusan dalam memenuhi kewajiban dalam mengelola bisnis kedai kopi. Menghitung dan memperkirakan arus kas sangat penting untuk dilakukan. Mulai dari proyeksi penjualan harian kedai kamu, hingga mempertahankan segala inventaris yang digunakan untuk menghitung laporan untung dan rugi bisnis kamu. Membuat laporan keuangan sejak awal menjalankan bisnis akan sangat membantu kamu untuk membuat perencanaan anggaran dengan lebih baik.

5. Di kejar-kejar hutang dan tagihan

Ketika modal dari tabungan kamu sendiri tidak cukup, mungkin kamu mengambil pinjaman bank, atau ke teman, keluarga, dan orang terdekat lainnya untuk menambah modal. Tetapi ketahuilah ternyata hutang juga bisa menghancurkan bisnis kamu. Memiliki banyak hutang juga akan menjadikan masalah yang sulit di atasi.

Lebih baik jika kamu membuat anggaran terlebih dahulu dengan tepat dan akurat, serta memutar keuangan sesuai dengan yang dianggarkan. Sebelum memulai perlu kamu pikirkan dari mana kamu akan mendapatkan uang yang dibutuhkan untuk membangun bisnis kedai kopi kamu.

Menghindari hutang dapat menghirkan kamu dari kesalahan-kesalahan pelaku bisnis kedai kopi lainnya. Dan tentunya ini akan membuat bisnis kedai kopi kamu bisa bertahan cukup lama, sehingga bisa berkembang dari pendapatan kedaimu.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

5 Keutamaan Menerapkan Siklus Akuntansi Pada Bisnis Anda

5 Keutamaan Menerapkan Siklus Akuntansi Pada Bisnis Anda

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube