Juli 11

0 comments

Jual Online: Strategi Merubah Sistem Offline ke Online

Perkembangan digital dari hari ke hari kini semakin berkembang dan meningkat setiap hari dan setiap hari muncul hal-hal baru, termasuk transaksi digital yang memudahkan pelanggan untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan tanpa harus repot keluar rumah untuk mendapatkannya. Hal ini tentunya dengan menggeser bisnis yang dilakukan secara offline (cara lama) menjadi bisnis jual online.

Berbekal perangkat dan kuota internet saja, pengguna ponsel sangat mampu berbagai kebutuhan, entah itu untuk memenuhi kebutuhan sandang atau perumahan, tanpa perlu mengunjungi berbagai toko yang jaraknya cukup jauh yang tentunya bisa diharapkan oleh pelanggan. untuk mendapatkan waktu yang cepat, biaya transportasi dan tenaga. yang kita habiskan untuk pergi ke toko. Maka tidak heran jika banyak pelanggan yang mulai mengubah pola belanjanya dan mulai meninggalkan cara belanja yang lama.

Hal ini sejalan dengan informasi yang disampaikan Statista pada tahun 2019, yang mencatat jumlah pengguna e-commerce di Indonesia pada tahun 2017 mencapai 139 juta pengguna. Kemudian pada 2018 mencapai 154,1 juta pengguna, meningkat sekitar 10,8%. Dan pada tahun 2019 melonjak lagi mencapai 168,3 juta pengguna dan akan terus meningkat hingga tahun 2023 yang dapat mencapai jumlah pengguna sekitar 212,2 juta pengguna.

Selain itu, menurut laporan e-Conomy SEA 2019 disebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki nilai ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara, dimana salah satu sektor bisnisnya memiliki transaksi digital terbesar. nilai adalah bisnis e-commerce. jual beli. Dengan kekuatan tersebut, diperkirakan dalam beberapa tahun ke depan Indonesia mampu menempati peringkat tertinggi di sektor ini.

Saatnya Transformasi Jual Online

Dengan transformasi tren belanja dari offline ke online, pemilik bisnis harus saling berbenah untuk menghadapi perubahan pola konsumsi pelanggan yang semakin cepat. Sebagai pelaku bisnis, tentunya Anda harus mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh para pelanggannya dengan memberikan inovasi-inovasi terbaru dalam bisnisnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap pelaku bisnis tentu memiliki caranya masing-masing dalam melakukan yang terbaik untuk bisnis yang dikelolanya, namun jika strategi lama yang digunakan saat ini tidak berjalan maksimal, maka salah satu solusinya adalah dengan mengikuti tren perilaku pergerakan pelanggan saat ini. Karena permintaan pelanggan terus berubah dengan cepat, jika bisnis Anda tidak mengikuti arus, Anda tidak akan kehilangan pelanggan sedikit demi sedikit.

Oleh karena itu, sangat penting bagi sebuah bisnis untuk memindahkan bisnisnya dari offline ke online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan juga meningkatkan visibilitas bisnis di pasar. Pada artikel kali ini mimin akan memberikan 20 cara memindahkan bisnis dari offline ke online dengan sangat mudah, caranya sebagai berikut :

Jual Online: Strategi Merubah Sistem Offline ke Online

1. Lakukan Riset Penjualan Bisnis

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah kebutuhan pemasaran bisnis offline berbeda dengan kebutuhan pemasaran bisnis online. Dalam bisnis offline Anda sebelumnya, Anda pasti memiliki pelanggan tetap dan beberapa di antaranya bisa Anda transfer menjadi pelanggan online. Meski begitu, Anda tetap harus mempelajari berbagai teknik pemasaran yang baik di internet. Mulai dari menggunakan media sosial, melakukan iklan, membayar calon pelanggan dan lain sebagainya.

Sebelum memulai pemasaran online, Anda harus mengetahui opsi alternatif mana yang paling cocok untuk bisnis Anda dan di mana letak demografi bisnis Anda. Dengan melakukan riset pemasaran secara lebih detail, tentunya akan membantu Anda memahami kebutuhan dan permintaan pelanggan tentang bisnis Anda.

2. Bangun Situs Web Anda Sendiri

Ketika Anda ingin mencoba berbisnis dari offline ke online, membangun website adalah langkah utama yang perlu Anda lakukan. Website Anda adalah nama dari brand atau merek yang dimiliki oleh bisnis Anda, dan dengan membangun sebuah website berarti Anda ingin memberikan yang terbaik untuk bisnis Anda.

Pastikan untuk meminimalkan kesalahan saat membuat situs web dan selalu periksa secara teratur kesalahan dasar seperti kesalahan ketik dan kesalahan kesalahan. Pastikan semua tautan berfungsi dengan baik. Satu hal yang harus dipahami oleh setiap pemilik bisnis adalah tanggung jawab bisnis Anda serta kualitas situs web bisnis Anda.

3. Jangan Pernah Memberitahu Situs Web Anda

Membangun situs web berkualitas tinggi dan menarik akan membutuhkan lebih banyak waktu, jadi Anda harus membuat keputusan untuk memindahkan bisnis Anda secara online. Tidak ada gunanya membuat situs web Anda online jika Anda belum melakukannya. Terlalu tergesa-gesa untuk online dan akhirnya menunjukkan ketidaksiapan kami dengan halaman situs web yang belum teruji dan bahkan kesalahan yang mencolok.

BACA JUGA:  Bagaimana Prosedur Penjualan Yang Tepat Pada Usaha Distributor?

Luangkan waktu Anda untuk mengembangkan situs web berkualitas tinggi, bahkan jika Anda harus membayar orang lain untuk membantu Anda dalam prosesnya.

4. Buat Semuanya Mudah

Menjaga hal-hal sederhana adalah kunci utama yang harus Anda ingat ketika Anda ingin memulai bisnis online otomatis Anda. Sudah banyak bisnis yang bergerak online lebih dari apapun, karena mereka selalu berusaha semaksimal mungkin dengan melakukan promosi di media sosial dan berinvestasi dalam banyak iklan.

mulailah dengan desain yang sederhana dan profesional, lalu bangun situs web yang lebih kompleks jika Anda mau. Perlu Anda ingat bahwa ketika Anda ingin memulai bisnis online, efektivitas lebih penting daripada efisiensi.

5. Kembangkan Rencana Pemeliharaan

Ketika sebuah bisnis akan berpindah ke bisnis online, kebanyakan pebisnis akan memulai bisnis online. Mereka ingin membuat situs bisnis yang paling menguntungkan dengan semua fitur hebat yang disertakan, sangat keren! Tapi yang terpenting adalah konsisten. Tidak cukup hanya mengandalkan website baru, Anda juga harus merawatnya dengan baik.

Yang perlu Anda ingat, website bukanlah investasi satu kali, tetapi Anda harus terus berinvestasi agar bisnis online Anda bisa berjalan dengan baik. Anda harus menampilkan dan memperbarui harga dan deskripsi dari waktu ke waktu. Informasi lama perlu dihapus dan informasi baru diperbarui di situs. Selalu lakukan pemeriksaan rutin di situs web Anda dan jangan sampai informasi pelanggan yang kedaluwarsa atau tautan rusak.

Jadi, sangat penting untuk merencanakan bisnis online yang paling menguntungkan untuk pemeliharaan situs web Anda. Jadi saat membangun situs web, Anda harus menambahkan fitur yang dapat Anda kelola dan pertahankan dalam jangka panjang.

6. Jangan Kurangi Anggaran Pembayaran

Jika Anda menjual online, ada tiga elemen penting untuk melakukan penjualan: gambar barang, deskripsi, dan pembayaran. Tetapi terlalu sering pemilik situs web berfokus pada gambar dan deskripsi yang bagus, mengabaikan pelanggan, dan Anda akan kehilangan pelanggan saat checkout.

Jadi, Anda harus dapat memastikan pelanggan memercayai situs web Anda dan mengetahui bahwa informasi mereka selalu aman. Bekerja dengan anggaran pembayaran yang mapan dan bereputasi baik dan cobalah untuk dapat membayar untuk hak istimewa.

Untuk kesuksesan jangka panjang dari bisnis apa pun, penting untuk membangun kepercayaan pada pelanggan bisnis Anda. Cobalah untuk membuat proses pembayaran di situs web Anda sesederhana mungkin. Sebagian besar bisnis menambahkan biaya tersembunyi ke produk mereka yang tidak dinyatakan dengan jelas dalam harga produk, itu akan menghancurkan kepercayaan pelanggan Anda kepada Anda dan ada kemungkinan mereka tidak akan membeli produk atau layanan dari bisnis Anda di masa depan. Setia kepada pelanggan Anda dan optimalkan pengalaman berbelanja mereka di situs web Anda.

7. Dapatkan Ide Dari Seorang Pemimpin

Jika Anda baru mengenal dunia online, Anda dapat menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi seperti Amazon atau eBay. Para pemain besar yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis tentunya memiliki pangsa pasar yang sangat solid. Ada kemungkinan bisnis Anda bisa mengalahkan perusahaan-perusahaan terkemuka di pasar dengan pemain besar untuk mendapatkan banyak ide atau inspirasi dari cara mereka menjangkau pelanggan dan teknik pemasaran jaringan online lainnya yang mereka gunakan.

8. Pertahankan Kualitas dan Harga Produk

Untuk membangun jangka panjang dengan pelanggan, sangat penting untuk menyelaraskan harga produk dengan nilai produk. Jika bisnis Anda menjual produk sepatu, Anda memiliki layanan dan produk di toko sepatu Anda dan Anda juga menjualnya secara online.

Anda harus berhati-hati saat ingin memasukkan harga untuk produk bisnis Anda, jika terjadi selisih selisih harga mungkin pelanggan akan memaafkan kesalahan tersebut, namun jika kesalahan tersebut dilakukan berulang kali dapat membuat pelanggan kecewa. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengupdate produk dan harga yang Anda jual agar pelanggan tidak kecewa dan bisa merasa senang.

Selain itu, bagi para pelaku bisnis yang menjual produknya secara online dan offline tidak dapat menghemat banyak selisih antara harga di toko dengan harga online produk karena akan berdampak buruk bagi pelanggan.

9. Kembangkan Strategi Penggantian & Pengembalian Dana

Saat berbelanja online, Anda mungkin memperhatikan bahwa bisnis yang menjual produknya di internet harus memiliki kebijakan uang. Ini adalah cara yang baik untuk membangun kepercayaan pelanggan untuk produk Anda.

Memiliki aspek online untuk bisnis Anda berarti Anda siap untuk semua konsekuensinya. Misalkan Anda memiliki pelanggan yang membeli sesuatu secara online dan tidak puas. Apa strategi uang Anda? Apakah hanya mengantarkan barang? Atau uang kembali? Rencanakan ini sebelumnya dan bersiaplah dengan kebijakan yang ditampilkan dan sesuai.

BACA JUGA:  SOP Adalah Kunci Sukses Bisnis Bisa Buka Cabang Ratusan

10. Jangan Jatuhkan Harga Diri Anda

Hati-hati dengan harga. Pergi online sering menawarkan biaya yang lebih rendah atau harga khusus. Meskipun strategi ini dapat menarik pelanggan, ternyata terlalu banyak hal yang baik dapat berakhir dengan merugikan bisnis Anda dan bahkan tidak dapat menghargai hal-hal khusus yang Anda berikan kepada orang lain. Ini bisa terjadi jika harga produk online Anda jauh lebih rendah daripada harga di toko dan Anda menawarkan harga yang sesuai.

Pastikan untuk memberi harga produk online Anda dengan tepat dan ini dapat meningkatkan penjualan Anda ke depan, membangun fondasi yang kuat untuk bisnis Anda. Jika entah bagaimana Anda mendapatkan strategi penetapan harga yang salah, konsekuensinya adalah Anda akhirnya menciptakan masalah baru yang tidak dapat di pecahkan untuk bisnis Anda.

Ada beberapa strategi yang tepat untuk menentukan harga produk. Namun, tidak ada strategi yang pasti berhasil untuk semua jenis produk, pasar, dan bisnis. Penetapan harga produk Anda melibatkan pertimbangan tertentu seperti audiens target Anda, melacak pesaing bisnis Anda, menyeimbangkan hubungan antara harga dan kualitas. Kabar baiknya bagi Anda adalah Anda memiliki banyak fleksibilitas saat menentukan harga suatu produk, tetapi, dalam beberapa situasi, itu juga kabar buruk.

11. Menggali Lebih Dalam di Media Sosial

Jika melihat semua platform media sosial membuat Anda khawatir, tenang saja. Sangat mungkin untuk memiliki bisnis online yang sukses tanpa menyebutkan apa pun atau menautkan gambar ke berbagai akun media sosial. Tetapi ketika Anda merasa lebih nyaman dengan aspek bisnis online Anda ini, jelajahi apa saja kemungkinannya. Media sosial dapat dengan mudah menjadi Fase kedua dari model bisnis dengan jual secara online Anda, setelah Anda menyelesaikan dasar-dasarnya dan kepercayaan diri telah terbangun. Media sosial adalah platform terbaik untuk memasarkan layanan bisnis Anda serta merek organisasi bisnis Anda.

Dengan bantuan media sosial, Anda dapat menghubungi influencer atau saran untuk membuat posting dengan jual layanan dan produk bisnis Anda kepada pengikut online mereka. Audiens ini sangat berpengaruh dan berpengaruh dengan menggunakan link mereka untuk membeli jasa atau produk yang Anda jual, sehingga nantinya akan meningkatkan penjualan organisasi Anda. Anda juga dapat mulai menulis posting blog atau menawarkan diskon khusus di berbagai platform media sosial untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, tetapi pastikan untuk memposting konten yang berkualitas dan menarik.

12. Pilih Satu Platform yang Bagus

Jika Anda siap menggunakan media sosial untuk menyebarkan berita, jangan di anggap bertanggung jawab karena mengabaikan tanggung jawab Anda yang lain. Fokus pada satu platform bagus yang sesuai dengan sifat bisnis Anda. Anda selalu dapat menambahkan akun nanti, dan dengan satu platform untuk menjangkau lebih banyak pengikut dan menjelajahi kemungkinan secara mendalam.

Ketika Anda berhasil membangun reputasi yang baik di satu platform tersebut dan tampaknya cukup berulang untuk dipercaya, maka ada peluang besar bagi pengunjung situs baru dan yang sudah ada untuk membeli atau mengunjungi profil Anda dari waktu ke waktu untuk melakukan pembelian mereka. Mereka juga dapat merekomendasikan layanan bisnis Anda di jaringan media sosial mereka. Hal ini tentunya dapat membantu Anda dalam mencapai target organisasi yang telah di tentukan.

13. Coba Platform Yang Ada Terlebih Dahulu

Jika Anda lebih suka mengambil langkah kecil untuk menghasilkan keuntungan dengan jual secara online. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Mesin pencari seperti Amazon, Etsy, dan eBay adalah di antara banyak situs web hebat yang memiliki program penjualan kembali. Yang memungkinkan Anda membangun toko dan menjual melalui merek yang lebih terkenal.

Saat Anda jual dengan layanan online, semua audiens mencarinya. Dan untuk membuat halaman Anda terlihat kredibel, Anda harus mulai mengerjakan platform yang ada. Karena itu akan memberikan tampilan organik kepada pengguna lain. Anda juga dapat menyebutkan di bagian “tentang kami”, kapan dan bagaimana bisnis Anda di mulai. Tentu saja, pengguna dapat berharap bahwa bisnis Anda menawarkan layanan yang kredibel. Selain itu, Anda bisa menyebutkan nama klien Anda terlebih dahulu sehingga menimbulkan rasa percaya bagi pengunjung yang mengunjungi website Anda.

14. Gunakan Alat yang Ada

Mesin pencari Google memiliki alat yang di rancang untuk membantu webmaster dan pemilik bisnis memahami pelanggan dan aktivitas situs web mereka. Lakukan sedikit riset untuk melihat program apa yang dapat di gunakan dalam bisnis tanpa biaya atau biaya kecil untuk memulai dan situs web Anda.

BACA JUGA:  Cara Membuat Laporan Harga Pokok Produksi Yang Ideal

Mimin tahu, berpindah dari bisnis jual secara offline ke bisnis online membutuhkan biaya yang besar. Karena harus membayar alat yang berbeda. Di tingkat pemula, Anda dapat membuatnya hemat biaya menggunakan alat yang ada dan gratis untuk digunakan.

15. Bersiaplah untuk Membuat Perbandingan

Selalu bersiap untuk skenario yang lebih baik. Bisnis kecil yang mungkin Anda dapatkan akan mendapatkan pembelian besar hampir setiap hari dan Anda siap untuk menanganinya. Bahkan jika kesuksesan datang tiba-tiba, bisnis Anda kemungkinan besar akan tumbuh dan mengalami perubahan besar saat fitur baru di tambahkan. Ini juga merupakan perubahan dan pertumbuhan untuk produk atau layanan bisnis Anda di masa depan. Jadikan semuanya optimis untuk kesuksesan bisnis masa depan Anda!

16.Buat Situs Web yang Responsif

Situs web responsif dapat secara otomatis berubah sesuai dengan ukuran layar. Hal ini bisa memudahkan calon pelanggan untuk berbelanja di ponsel dan tablet mereka. Yang merupakan ide bagus untuk situs web responsif sejak awal. Website yang responsif tentunya akan menarik pelanggan Anda untuk membeli produk atau jasa bisnis Anda.

17. Kembangkan Daftar Distribusi Email

Setelah Anda selesai memublikasikan situs web Anda, Anda harus bekerja mengumpulkan alamat email dan informasi dari calon pelanggan. Tawarkan kupon, minta pelanggan mendaftar saat check-out, ikuti survei, atau tawarkan buletin email. Semakin banyak alamat email yang Anda miliki, semakin banyak pelanggan yang dapat Anda jangkau dengan penawaran khusus dan informasi baru.

Buat email yang dapat Anda gunakan untuk menarik pelanggan dan dapat membantu Anda mempersonalisasi pemasaran Anda untuk pelanggan.

18. Temukan Target Pasar

Jika Anda menjual tanda tangan atau karangan bunga, pelanggan Anda tidak mencari kerajinan di Amazon. Anda akan lebih beruntung bekerja di Etsy atau salah satu dari banyak target pasar lain dan menjual kembali situs web di luar sana. Bertindak sebagai pelanggan dan lihat pasar apa yang populer untuk jenis barang yang dapat Anda jual. Itu akan memberi Anda gambaran tentang ke mana Anda harus pergi untuk jual produk atau layanan bisnis Anda secara online.

19. Pengeluaran untuk Iklan

Meskipun di mungkinkan untuk menghasilkan uang jual secara online dengan investasi minimal. Ini bisa menjadi jalan yang sulit bagi pengguna baru dan mudah di lakukan jika Anda memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam membangun dan memasarkan situs web.

Dalam kasus bisnis baru, Anda harus berharap untuk menginvestasikan bagian bisnis ini dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan dalam bisnis asli, terutama dalam periklanan. Pelanggan harus dapat menemukan situs web Anda, dan Anda mungkin harus mengeluarkan sejumlah uang untuk melakukan prosesnya.

20. Pantau ROI bisnis Anda

Saat Anda membayar, selalu perhatikan ROI bisnis Anda. Anda mungkin bingung pada awalnya ketika bisnis Anda mendapatkan daya tarik pelanggan. Tetapi tidak ada bisnis yang dapat bertahan tanpa menghasilkan keuntungan, terutama bisnis kecil dengan anggaran terbatas. Sangat mudah untuk mendapatkan banyak uang secara online dengan pemasaran dan pengembangan situs web. Jangan takut, teman Exabytes! karena ini adalah pelajaran yang sangat mahal untuk dipelajari.

Pasar online bisa jadi menakutkan, tetapi seharusnya tidak membuat Anda cemas atau takut. Jika Anda memiliki bisnis offline yang sukses, tidak ada alasan bagi Anda untuk menggunakan kekuatan internet untuk mengembangkan bisnis jual online Anda secara eksponensial. Anda harus cukup berani untuk mencoba langkah pertama itu.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, Mimin telah menginformasikan tentang 20 tips paling efektif untuk memindahkan bisnis offline Anda ke online (terupdate). Di era modern ini, online adalah salah satu bagian terpenting dari bisnis apa pun yang ingin menjangkau lebih banyak pelanggan.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat riset pemasaran yang lebih baik dengan membuat rencana dan tujuan bisnis secara efektif. Jadi, dapat dikatakan bahwa dunia online penuh dengan peluang bisnis internet yang dapat menjadi indikator keberhasilan bisnis apa pun.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top