Desember 8

0 comments

JD.ID Bangkrut, Ini 5 Fakta Menarik!

Sepak terjang PHK Karyawan JD.ID

JD.ID bankrut? Pada september 2022 lalu, muncul rumor tentang rencana JD.ID gulung tikar. Informasi tersebut datang dari mantan karyawan yang menjadi korban PHK masal pada saat itu. PHK masal sejumlah 200-an atau 30% dari total seluruh karyawan dilakukan JD.ID di Desember 2022.

Sebelum itu, pada bulan Mei 2022, JD.ID juga pernah melakukan PHK sejumlah karyawannya. Setelah melakukan PHK, JD.ID melakukan penutupan layanan Logistik JDL Express Indonesia.

jd.id bangkrut

Keputusan dari manajemen pusat

Keputusan strategis dari JD.COM pusat untuk melakukan pemangkasan biaya operasional demi bisa bertahan, yakni PHK beberapa karyawannya dan akhirnya menghentikan kegiatan bisnisnya di Indonesia. JD.COM ingin fokus pada pembangunan jaringan rantai lintas negara, dengan layanan logistik dan pergudangan sebagai produk utama bisnisnya.

JD.COM memilih untuk menghentikan JD.ID dan fokus ke target utamanya tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang, JD.COM kembali melirik untuk menanamkan usahanya di Indonesia, tapi bukan seperti JD.ID yang kita kenal sebelumnya.

Layanan pesanan terakhir di tanggal 15 Februari 2023

Persaingan yang Sengit: Pasar e-commerce di Indonesia sangat kompetitif dengan berbagai pemain besar dan kecil bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar. Persaingan ini dapat mengakibatkan penurunan margin keuntungan dan meningkatkan biaya pemasaran.

Atas persaingan kompetitif tersebut, mendorong JD.ID untuk mengakhiri kiprahnya di Indonesia, layanan pesanan yang ditawarkan efektif berakhir di tanggal 15 Februari 2023, sebelum tutup permanen di 31 Maret 2023

Kerugian yang tidak terelakkan

Investasi yang Besar pada Perusahaan e-commerce seperti JD.ID, yang harus melakukan investasi besar dalam infrastruktur, gudang, teknologi, dan logistik demi memenuhi tuntutan pelanggan yang semakin tinggi. Investasi yang besar ini dapat memberatkan perusahaan dan memerlukan waktu untuk mendapatkan pengembalian investasi.

BACA JUGA:  8 Contoh Bisnis Kreatif yang Membawa Keuntungan Berlimpah

Seiring waktu berjalan, ternyata pengembalian investasi tersebut belum mengarah ke target yang diharapkan. Sejak akhir tahun 2022, JD.ID sudah mengalami kerugian besar hingga harus menekan biaya operasionalnya. Akumulasi utang yang tidak dapat dikelola dengan baik juga membebani perusahaan dan menyebabkan kesulitan keuangan.

Faktor Eksternal

Perubahan dalam peraturan dan kebijakan pemerintah dalam 3 tahun terakhir juga dapat memengaruhi operasi e-commerce JD.ID. Penyusutan peraturan atau perubahan dalam bea cukai impor, misalnya, dapat memengaruhi biaya operasional perusahaan. Selain itu, terdapat juga masalah manajemen keuangan internal, termasuk pengelolaan persediaan yang buruk, utang yang berlebihan, atau biaya operasional yang tidak terkendali, dapat menyebabkan kesulitan finansial.

Perubahan pola belanja konsumen, terutama selama pandemi COVID-19, dapat memengaruhi perusahaan e-commerce seperti JD.ID. Pada akhirnya, JD.ID tidak mampu menyesuaikan model bisnis mereka dengan tren yang sedang berjalan sehingga dapat mengalami kesulitan.

Trafik tinggi di Indonesia

JD.ID yang masuk ke Indonesia pada tahun 2015 silam, memiliki trafik e-commerce dengan peringkat terbesar ke-10. Namun, trafik tersebut tidak menutup kemungkinan akan kebangkrutannya di tahun 2023. E-commerce lain dengan trafik di atas JD.ID antara lain Tokopedia, Shopee, Blbli, Indomaret, Zalora, dan Orami. Nampaknya, e-commerce lain menguasai market share lebih luas dibandingkan JD.ID.

Tidak heran kalau dalam bisnis e-commerce, konsumen yang paling diuntungkan, karena perusahaan berlomba lomba untuk mengeluarkan diskon besar-besaran demi menarik perhatian konsumen. Perusahaan dalam mengeluarkan diskon dan promosi tersebut harus kuat dalam sisi investasi dan finansialnya. Dalam kasus JD.ID, nampaknya perusahaan tersebut masih kalah kuat dalam sisi investasi dan modal jika dibandingkan dengan perusahaan e-commerce pesaing lainnya.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

GEBYAR CUAN MELIMPAH

BUKU STRATEGI MENGELOLA BISNIS TANPA STRES

Promo Potongan 10% dan 6 BONUS Spesial..

Hari
Jam
Menit
Detik