Juni 21

0 comments

Jasa Pembuatan SOP Perusahaan

Halo bertemu lagi dengan kami Jasa Pembuatan SOP Perusahaan, kali ini kami akan membahas tentang SOP yang ada dalam perusahaan yang kami ringkas menjadi sebuah artikel yang berjudul “3 Strategi Menghindari Kerugian Puluhan Milyar Karena Sistem Yang Bermasalah. Baca sampai habis agar mendapatkan banyak manfaatnya

Jasa Pembuatan SOP Perusahaan

 

Sebenarnya apa sih penyebab dari permasalahan yang sering terjadi pada SOP di Perusahaan?

Setelah kami jasa pembuatan SOP perusahaan telusuri, ternyata ada beberapa penyebab dari pada permasalahan diatas. Penyebab tersebut antara lain:

  • Sering kali perusahaan ingin berkembang dan ingin auto pilot secara cepat, tapi tidak menyiapkan Standard Operating Procedure (SOP) yang baik untuk menjalankan perusahaannya.
  • Terkadang mereka sudah memiliki SOP, namun SOP tersebut tidak dilakukan secara konsisten disemua lini perusahaan.
  • Ketika SOP sudah dijalankan didalam perusahaannya pun, terkadang SOP yang dibuat sudah out of date, atau sudah tertinggal jaman. Dikarenakan SOP tersebut sudah dibuat puluhan tahun yang lalu dan tidak ada update kembali hingga saat ini.
  • Seiring dengan perbaikan SOP yang berkesinambungan ternyata belum dilakukan pembagian tugas yang jelas antar masing-masing departemen dan akhirnya menimbulkan kekosongan person in charge dibeberapa pekerjaan utama.
  • Problem terakhir dan yang paling utama adalah tidak adanya orang-orang kunci atau key user yang capable, jujur dan bertanggung jawab untuk memimpin tiap-tiap departemen.

So memang ternyata problem ini adalah problem yang cukup kompleks ya, dan memang tidak semudah membalikan telapak tangan untuk menyelesaikan problem seperti ini! Diperusahaan-perusahaan klien kami pun, kami membutuhkan waktu minimal diatas 6-12 bulan untuk bisa mendampingi dan menyelesaikan problem diatas. Karena ternyata yang kita selesaikan bukan hanya berusan dengan dokumen, data dan software saja.

Namun lebih banyak karena berhubungan dengan menyelesaikan “manusianya”, dan ini adalah hal yang cukup rumit, selain dikarenakan daya tangkap tiap orang berbeda-beda, belum lagi ditambah dengan karakter tiap orang juga berbeda-beda!

Namun ibarat peribahasa “Banyak jalan menuju ROMA”, kami yakin juga setiap masalah pasti ada pemecahannya!

Ketika menghadapi permasalahan diatas, kami pasti akan satu persatu mencari tau akar masalah dan duduk persoalan dari masing-masing departemen. Dari pecahan-pecahan informasi yang kami dapatkan barulah kami dapat membuat suatu konklusi, bagaimana masalah tersebut dapat dipecahkan.

Hmmm… sangat sulit memang! Tapi kali ini, kami mau berikan kepada Anda 3 tips praktisnya, supaya dapat langsung anda terapkan dilapangan….

3 Strategi untuk Menghindari Kerugian Puluhan Milyar Ala Jasa Pembuatan SOP Perusahaan

Secara real di lapangan, secara garis besar kami sebetulnya melakukan 3 hal untuk mengatasi permasalahan diatas yaitu:

  1. Membuat SOP yang Cocok untuk perusahaan
  2. Mencari Team yang Tepat dan melakukan penunjukan untuk melakukan tugas dan fungsi secara benar
  3. Membuat divisi terpisah (team independen) untuk meng-implementasikan SOP di lapangan

Untuk detailnya dari 3 poin diatas sudah kami bahas pada artikel terbaru kami yang dapat Anda baca link berikut ini Baca artikel terbaru selengkapnya..


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

5 Langkah Mudah Melakukan Audit di Perusahaan Anda

5 Langkah Mudah Melakukan Audit di Perusahaan Anda

Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis

Istilah Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Bisnis
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top