November 3

0 comments

Ingin Lapor SPT Online Tapi EFINnya Lupa, Gimana Solusinya?

Saat Anda ingin lapor SPT online baik untuk wajib pajak orang pribadi maupun pegawai pasti membutuhkan EFIN.

Salah satu fasilitas yang Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan berikan adalah melalui e-filing. Untuk melaporkan SPT melalui e-filing, Anda memerlukan EFIN (Electronic Filing Identification Number). EFIN adalah nomor identitas yang DJP terbitkan kepada Wajib Pajak yang melaporkan SPT melalui e-Filing dan menghasilkan kode tagihan pembayaran pajak.

Tanpa EFIN, wajib pajak tidak dapat lapor SPT online. Jadi jika Anda lupa nomor EFIN Anda, Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk mendapatkannya kembali.

Berikut langkah yang bisa Anda lakukan jika lupa kode EFIN.

Nomor Telepon Resmi KPP

Wajib Pajak dapat mengajukan permohonan layanan EFIN yang terlupakan melalui nomor telepon resmi KPP. Nomor telepon resmi KPP tempat Anda terdaftar terdapat di tautan www.pajak.go.id/unit-kerja. Perlu Anda catat, satu panggilan telepon/whatsapp dari wajib pajak hanya untuk satu permintaan layanan EFIN yang terlupakan. Hal ini bermaksud untuk mencegah penyalahgunaan kode EFIN wajib pajak. Untuk memastikan bahwa penelepon adalah wajib pajak yang bersangkutan, petugas akan melakukan verifikasi dan meminta data Proof of Record Ownership (PORO).

PORO adalah proses konfirmasi data wajib pajak untuk memastikan bahwa yang menelepon atau mengajukan permohonan melalui email adalah wajib pajak/pengurus instansi yang bersangkutan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kerahasiaan data wajib pajak dan mencegah penyalahgunaan data wajib pajak.

Email Resmi KPP

Wajib Pajak dapat mengajukan permohonan lupa EFIN melalui email resmi KPP. Satu email wajib pajak hanya dapat terpakai untuk satu aplikasi layanan EFIN yang terlupakan. Permohonan Wajib Pajak melalui email bersama dengan PORO. Adapun persyaratan yang harus Anda serahkan adalah:

  • Pindai formulir aplikasi EFIN, periksa jenis aplikasi cetak ulang. Formulir berada di www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-EFIN. Pastikan nomor telepon dan email yang tertulis di formulir masih aktif.
  • Tanda pengenal berfoto (KTP untuk WNI, KITAP/KITAS untuk WNA)
  • Foto Surat Tanda Pendaftaran (SKT) atau NPWP
  • Selfie/swafoto sambil pegang KTP dan NPWP
BACA JUGA:  Konsultan: Perhitungan Pajak Atas Jasa Konsultasi Terspesialisasi

Petugas memeriksa kesesuaian data yang Wajib Pajak berikan dengan database DJP. Jika semua data sudah benar, petugas akan mengirimkan notifikasi EFIN dalam bentuk PDF melalui email.

Agen Kring Pajak

Ingin Lapor SPT Online Tapi EFINnya Lupa, Gimana Solusinya?

Layanan informasi perpajakan berupa informasi EFIN yang terlupakan (asalkan EFIN sudah diaktifkan) dapat diperoleh melalui line telepon 1500200, Twitter, @kring_pajak, dan live chat di www.pajak.go.id. Sebelum menghubungi, wajib pajak harus menyiapkan beberapa data berupa NPWP, nama, alamat, nomor handphone, dan alamat email yang terdaftar.

Untuk layanan Twitter, mention satu kali untuk masuk ke antrian layanan EFIN yang terlupakan dan mohon cek DM Anda untuk follow up di hari kerja berikutnya. Untuk layanan telepon dan live chat dapat terkases pada hari Senin – Jumat pukul 08.00 s/d 16.00 WIB.

Direct Message (DM) akun media sosial KPP tempat wajib pajak terdaftar

DJP mengelola akun media sosialnya dengan sangat baik. Media sosial DJP berguna untuk menyebarluaskan informasi perpajakan di era digital saat ini. Wajib Pajak dapat meminta informasi mengenai cara mengajukan layanan EFIN yang terlupakan melalui akun media sosial KPP yang terdaftar. Bisa melalui Twitter resmi KPP, Facebook, atau Instagram.

Setelah mengirimkan DM ke akun media sosial KPP yang terdaftar, wajib pajak tidak langsung diberitahu kode EFIN Anda, mengingat keberadaan PORO sebelumnya. Nantinya, setelah DM di media sosial KPP, wajib pajak akan mendapatkan informasi terkait penjelasan layanan yang dibutuhkan, apa saja persyaratannya, dan apa yang harus dilakukan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah terkait dengan EFIN. Jangan lupa selalu menjadi wajib pajak yang taat ya!


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal

3 Cara Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang Ideal
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top