April 5

0 comments

Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Masa Perputaran Piutang Cepat

Saat ini istilah tingkat perputaran piutang, atau biasa di sebut dengan rasio perputaran piutang, sedang menjadi trend analisis bagi para pelaku bisnis. Mengapa? Melalui rasio ini, Anda dapat mengetahui kecepatan realisasi invoice menjadi kas.

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang tingkat perputaran piutang, definisinya adalah bagian dari jenis rasio aktivitas. Tentunya Anda juga perlu mengetahui jenis apa saja yang termasuk dalam rasio keuangan tersebut, bukan?

Oleh karena itu, perlu Anda pahami bahwa rasio keuangan jenis ini juga mencakup beberapa bagian, yaitu rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, dan rasio investasi. Seperti pembahasan di atas, artikel ini memperkenalkan rasio perputaran piutang. Di mana ini berguna untuk memahami kemampuan manajemen perusahaan dalam mengelola penghasilan yang belum di terima.

Jika piutang perusahaan dari pelanggan kecil, bukan besar, itu adalah pilihan yang lebih baik. Ini karena perusahaan akan terhindar dari risiko piutang tidak di bayar.

Rasio piutang akan menunjukkan bagaimana Anda mengelola piutang ini. Fakta membuktikan bahwa jika tingkat piutang perusahaan besar, maka Anda dapat memahami apakah perusahaan itu baik dan dengan cepat dalam menagih hutang.

Pentingnya memahami fungsi perputaran piutang perusahaan itu sendiri mungkin saja Anda juga dapat menemukan cara untuk mengelola penghasilan yang belum di terima di perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, semakin cepat perputaran piutangnya, semakin baik posisi keuangan perusahaan.

Untuk menghitung rumusnya adalah penjualan kredit bersih dibagi dengan rata-rata piutang untuk periode tersebut. Berikut rumus rasio jika dituliskan:

masa perputaran piutang

Sedangkan untuk mendapatkan rata-rata piutang, kita harus menggunakan rumus berikut:

masa piutang cepat

Bagaimana cara mengevaluasi masa perputaran piutang yang baik?

Penilaian rasio perputaran ini merupakan ukuran kemampuan dan efisiensi perusahaan, baik kemampuan menagih piutang secara akurat maupun tidak tepat. Semakin tinggi rasionya maka semakin besar pula keuntungan bagi perusahaan dan hasilnya juga bagus.

Misal rasio piutang perusahaan adalah 2 (dua). Artinya, rata-rata perusahaan dapat memperoleh pembayaran piutangnya sebanyak dua kali dalam satu tahun.

Jadi, secara keseluruhan, perusahaan yang menerima uang tunai dari pelanggan. Selain membayar tagihan setiap enam bulan dan meningkatkan efisiensi perusahaan, hal ini juga dapat dilihat dari perspektif arus kas dan profitabilitas perusahaan.

Langkah selanjutnya adalah perusahaan harus mengumpulkan uang tunai secara tepat waktu agar nantinya uang tersebut dapat menutupi kewajiban pembayaran atau tagihan perusahaan lainnya.

Jika kita sudah memahami cara untuk mengukur perputaran di perusahaan Anda, sekarang perhatikan hal apa saja yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan perputaran yang cepat. Sehingga piutang Anda tidak menghambat jalannya operasional perusahaan. Simak penjelasannya dalam video berikut ini.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Rahasia Sukses Buka Ratusan Cabang Ala Kopi Janji Jiwa

5 Kesalahan Utama Dalam Membangun Bisnis F&B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube