Desember 30

0 comments

Fungsi Struktur Organisasi Bagi Perusahaan Anda

Struktur organisasi memegang peranan penting dalam kelancaran kemajuan kegiatan berskala perusahaan. Ini karena organisasi akan menjadikan pekerjaan lebih efektif, daripada terkonsentrasi pada satu kendali yang merupakan bagian dari fungsi struktur organisasi.

Fungsi struktur organisasi adalah untuk memperjelas setiap fungsi dan hubungan antar berbagai bagian dalam perusahaan. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui dengan jelas siapa yang bertanggung jawab atas suatu bidang. Struktur organisasi biasanya digambarkan dalam bentuk bagan jika berada di perusahaan.

Tujuannya adalah untuk mengatur posisi pekerjaan dan membangun saluran komunikasi dan otoritas. Bagaimana struktur organisasinya? Bagaimana cara kerjanya di perusahaan? Simak lebih lanjut artikel di bawah ini!

fungsi struktur organisasi

Struktur organisasi mengacu pada struktur hierarki yang mengandung komponen perusahaan. Struktur ini akan memperjelas fungsi dan posisi masing-masing posisi secara jelas. Ini termasuk distribusi hak dan kewajiban.

Tujuan kami adalah agar setiap departemen perusahaan mencapai operasi terbaik, sehingga aktivitas perusahaan dapat dilakukan secara efektif. Melalui struktur ini, atasan dapat memberikan tugas kepada bawahan secara adil dan optimal.

Sebaliknya, tanpa struktur, organisasi akan mengalami kebingungan dalam penetapan tugas. Hal ini dikarenakan tidak ada komponen perusahaan yang dapat memikul tanggung jawab berdasarkan fungsinya.

Pembentukan struktur organisasi di perusahaan memiliki beberapa fungsi yaitu:

Tetapkan tanggung jawab keanggotaan

Dengan adanya struktur perusahaan, setiap anggota akan menyadari bahwa mereka bertanggung jawab kepada atasan atau pimpinannya.

Jelaskan lokasi setiap anggota

Struktur perusahaan sangat berguna untuk memahami siapa ketua dan bawahannya. Sehingga kedepannya koordinasi dan relasi dapat ditingkatkan.

Bagikan tugas dengan mudah

Jabatan dalam struktur perusahaan dibentuk sesuai dengan bidang pekerjaannya masing-masing. Tentunya hal ini akan membantu perusahaan dalam membagi tugas, karena deskripsinya sudah jelas.

Memperjelas jalur hubungan kerja

Sebuah jalur hubungan diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawab setiap karyawan di perusahaan. Dengan cara ini akan lebih efektif dan saling menguntungkan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Adanya struktur perusahaan akan memperjelas pembagian tugas untuk setiap pimpinan kantor. Koordinasi antar posisi juga dapat terjalin dengan baik untuk membantu perusahaan mencapai rencana yang lebih besar.

Pada dasarnya tanggung jawab setiap jabatan dalam suatu perusahaan atau organisasi saling berkaitan. Misalnya, departemen penjualan dan departemen produksi memerlukan informasi faktur untuk melacak penjualan sebagian besar produk dan menentukan harga.

Selain menerapkan struktur organisasi, salah satu cara untuk mengelola pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan adalah dengan mengelola keuangannya secara efektif. Pengelolaan keuangan perusahaan juga membutuhkan koordinasi antara semua departemen.

Sebenarnya dalam penerapannya di lapangan, fungsi struktur organisaisi ini memiliki banyak sekali manfaat. Fungsi apa saja kah itu? Simak pada video berikut ini!


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Rahasia Sukses Buka Ratusan Cabang Ala Kopi Janji Jiwa

5 Kesalahan Utama Dalam Membangun Bisnis F&B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube