Oktober 15

0 comments

Fungsi Arus Kas Bagi Usaha atau Bisnis Anda

Arus kas atau cash flow adalah sebuah perincian yang menunjukkan jumlah pemasukan dan pengeluaran dalam suatu periode tertentu. Fungsi arus kas dalam keuangan bisnis dan keluarga memiliki sedikit perbedaan. Jika keuangan keluarga arus kas yang dimaksud adalah cash basis. Sedangkan, dalam keuangan bisnis terdapat cash basis dan accural basis. Laporan arus kas biasanya meliputi jumlah kas yang diterima. Contohnya seperti investasi tunai dan pendapatan tunai, dan jumlah kas yang dikeluarkan perusahaan.

Tujuan Laporan Arus Kas

Tujuan dari laporan arus kas sendiri yaitu menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dalam suatu periode akuntansi. Selain bermanfaat bagi perusahaan, laporan arus kas juga memiliki manfaat untuk investor, kreditor, dan lainnya. Dengan adanya laporan arus kas, Anda dapat menilai hal-hal berikut.

Kemampuan Entitas dalam Mendapatkan Arus Kas

Laporan arus kas dinilai lebih baik dari data aktual. Dengan laporan arus kas, Anda bisa membuat prediksi mengenai kemampuan entitas suatu perusahaan dalam menghasilkan arus kas di masa depan.

Transaksi Investasi & Pendanaan Kas

Jumlah aset dan kewajiban bisa berubah karena faktor tertentu. Adanya pemeriksaan transaksi investasi dan pendanaan, maka Anda dapat mengetahui penyebab perubahan kedua akun tersebut.

Kemampuan Entitas untuk Membayar Dividen dan Kewajiban

Adanya laporan arus kas, perusahaan bisa memastikan jumlah kas untuk membayar sejumlah kewajiban. Seperti misalnya, gaji karyawan, pembayaran hutang, dan membayar dividen (pembagian laba pada pemegang saham). Selain itu, dengan laporan arus kas investor bisa melihat gambaran arus kas dalam kegiatan bisnis perusahaan Anda.

Keterangan atas Perbedaan antara Angka Laba Bersih & Kas Bersih

Informasi laba bersih dibutuhkan oleh pihak-pihak yang menggunakan laporan keuangan. Dengan adanya data laba bersih yang didapat perusahaan, maka bisa dilihat sejauh mana keberhasilan dan kegagalannya.

Lalu apa fungsinya arus kas untuk usaha atau bisnis Anda? Perhatikan di video di bawah ini. Arus kas memiliki fungsi yang demikian bermanfaat untuk analisis usaha Anda. Tonton penjelasannya secara lengkap di dalam video berikut ini.


Tags


You may also like

Apa Pentingnya Software Akuntansi Buat Usaha Anda?

Bagaimana Prosedur Penjualan Yang Tepat Pada Usaha Distributor?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube