April 7

0 comments

Fried Chicken Menjadi Primadona di Pasar Kuliner

fried chicken
Crispy fried chicken on a plate with salad and carrot, Selective focus.

Bisnis fried chicken memang cukup banyak di Indonesia. Bahkan, bisnis ini menjadi salah satu jenis bisnis kuliner yang populer dan diminati oleh banyak orang di Indonesia.

Hal ini terutama disebabkan oleh alasan-alasan seperti rasa yang lezat, harga yang terjangkau, mudah diakses, mudah diproduksi, dan variasi cara penyajian yang beragam, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Selain itu, beberapa merek terkenal dari bisnis fried chicken di Indonesia, seperti KFC, McDonald’s, Texas Chicken, dan Popeyes, telah berhasil membangun citra merek yang kuat dan mampu menarik minat konsumen dengan berbagai strategi pemasaran dan promosi yang kreatif.

Bahkan, beberapa pengusaha lokal juga memanfaatkan peluang bisnis ini dengan membuka warung-warung kecil yang kemudian menawarkan menu fried chicken dengan cita rasa yang khas dan unik. Oleh karena itu, bisnis fried chicken di Indonesia terus berkembang dan menawarkan banyak peluang bagi para pengusaha yang ingin terjun di bidang kuliner.

Persaingan Bisnis Fried Chicken

Persaingan bisnis fried chicken saat ini memang sangat ketat, terutama di Indonesia yang memiliki banyak merek dan waralaba ternama yang telah membangun citra mereknya dengan kuat.

Setiap merek berusaha untuk menarik minat konsumen dengan berbagai strategi pemasaran dan promosi yang kreatif, termasuk dengan menciptakan rasa baru, varian menu yang berbeda, serta menyasar target pasar yang berbeda-beda.

Dalam persaingan ini, bisnis fried chicken harus terus berinovasi dan mengembangkan produk agar dapat tetap eksis dan meraih keuntungan yang lebih tinggi. Meski persaingan sangat ketat, tetapi jika mampu memenangkan hati konsumen, bisnis ini kemudian dapat menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan.

Mengapa Bisnis Fried Chicken Menguntungkan?

Bisnis fried chicken memiliki beberapa alasan mengapa sangat menguntungkan, di antaranya adalah:

  1. Konsumen yang banyak: Makanan jenis ini sangat diminati oleh masyarakat di seluruh dunia, oleh karena itu jumlah konsumen potensialnya sangat besar. Hal ini membuat bisnis fried chicken menjadi bisnis yang menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan yang besar.
  2. Harga yang terjangkau: Harganya relatif terjangkau, oleh karena itu dapat dijangkau oleh berbagai kalangan. Harga yang terjangkau membuat produk ini menjadi salah satu menu yang diminati oleh banyak orang.
  3. Mudah diakses: Fried chicken dapat dengan mudah ditemukan di banyak tempat seperti restoran, warung, food truck, hingga kemudian jaringan restoran cepat saji. Hal ini membuat produk ini mudah diakses oleh konsumen dan memperluas pangsa pasar.
  4. Mudah diproduksi: sehingga kemudian bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja dengan modal yang terjangkau. Hal ini membuat produk ini sangat cocok bagi para pengusaha kecil yang ingin terjun ke dalam bisnis kuliner.
  5. Variasi rasa yang beragam: dapat disajikan dengan berbagai cara, seperti dengan saus pedas, saus asam manis, atau dengan berbagai bumbu lainnya, sehingga kemudian membuat variasi rasa yang beragam. Hal ini membuat produk ini memiliki potensi yang besar dalam menarik minat konsumen.
  6. Merek yang kuat: Beberapa merek ternama dari bisnis fried chicken telah berhasil membangun citra merek yang kuat dan mampu menarik minat konsumen dengan berbagai strategi pemasaran dan promosi yang kreatif. Hal ini membuat merek-merek tersebut menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mencari produk ini yang berkualitas dan lezat.
BACA JUGA:  Strategi Pajak Ekspor Impor yang Harus Diketahui Pengusaha

Dengan alasan-alasan di atas, bisnis ini memiliki potensi yang besar dalam menghasilkan keuntungan yang tinggi dan dapat menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan bagi para pengusaha.

Persiapan Membuka Usaha Fried Chicken

Membuka bisnis fried chicken membutuhkan persiapan yang matang agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuka bisnis ini antara lain:

1. Konsep yang Matang

Tentukan konsep bisnis fried chicken yang ingin Anda buka dan buat rencana bisnis yang matang, termasuk dalam hal lokasi, target pasar, modal, dan strategi pemasaran.

2. Lokasi dan Perizinan

Pilih lokasi yang strategis dan sesuai dengan target pasar. Selain itu, pastikan juga untuk memperoleh perizinan usaha yang diperlukan seperti Izin Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Izin Gangguan, dan Izin Lingkungan.

3. Modal Usaha

Hitung modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, termasuk biaya sewa tempat, peralatan, bahan baku, serta biaya operasional lainnya.

4. Peralatan dan Perlengkapan

Beli peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memproduksi dan penjualan, seperti penggorengan, peralatan dapur, meja, kursi, dan peralatan lainnya.

5. Bahan Baku

Pastikan memperoleh bahan baku berkualitas dan sesuai standar keamanan pangan. Sebaiknya membeli bahan baku dari supplier yang terpercaya dan mempunyai reputasi baik.

6. Tim Kerja

Rekrut tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman dalam produksi dan penjualan. Pastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan tentang kebersihan, kesehatan, dan keamanan makanan.

7. Sistem manajemen

Atur sistem manajemen bisnis dengan baik, termasuk dalam hal manajemen keuangan, manajemen persediaan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen pemasaran.

Dengan persiapan yang matang, bisnis fried chicken dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Pastikan juga untuk terus melakukan evaluasi dan pengembangan bisnis agar dapat bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang ketat.

BACA JUGA:  TIPS Sukses Bisnis F&B, Omzet Bisa Sampai Miliaran Rupiah

Bisnis Fried Chicken Menjadi Primadona di Pasar Kuliner

Bisnis fried chicken tetap menjadi primadona di pasar kuliner karena alasan-alasan berikut:

  1. Rasanya yang lezat: Fried chicken memiliki rasa yang gurih dan renyah, sehingga membuat orang sulit menolaknya.
  2. Harganya yang terjangkau: memiliki harga yang relatif murah, sehingga menjadi pilihan yang terjangkau untuk dinikmati oleh berbagai kalangan.
  3. Mudah diakses: dapat dengan mudah ditemukan di banyak tempat seperti restoran, warung, food truck, hingga jaringan restoran cepat saji.
  4. Mudah diproduksi: sehingga bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja dengan modal yang terjangkau.
  5. Dapat disajikan dengan berbagai cara: seperti dengan saus pedas, saus asam manis, atau dengan berbagai bumbu lainnya, sehingga membuat variasi rasa yang beragam.
  6. Kualitas yang stabil: Pada umumnya menggunakan bahan dasar ayam, sehingga kualitas dan nutrisinya dapat dijaga dengan baik dan stabil.

Dengan alasan-alasan tersebut, bisnis fried chicken masih menjadi pilihan utama bagi banyak orang dalam memenuhi kebutuhan kuliner mereka.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik