Februari 18

0 comments

Faktor Faktor Produksi Yang Penting Untuk Pengembangan Bisnis

Bagi para pebisnis atau mahasiswa yang mempelajari manajemen bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah faktor faktor produksi. Karena ini sudah menjadi elemen manajemen bisnis yang di lakukan dan di pelajari setiap hari.

Namun, masih banyak masyarakat awam yang belum mengetahui lebih jauh tentang faktor produksi. Oleh karena itu, pada artikel berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap mulai dari pengertian, ruang lingkup tujuan, dan jenisnya. Berikut penjelasan lengkapnya:

faktor faktor produksi

Pengertian Faktor Faktor Produksi

Menurut pengertian umum, faktor produksi adalah suatu barang atau proses yang dapat di gunakan sebagai sarana untuk menciptakan nilai jual dan nilai guna produk/jasa. Jika dilihat dari pengertian tersebut, semua barang yang dapat meningkatkan nilai manfaat produk tersebut di sebut faktor produksi. Dapat juga di artikan sebagai segala benda yang membantu kelancaran proses produksi perusahaan.

Pengertian analogi di atas adalah nilai guna sebuah buku. Yang mana buku tersebut tidak mungkin memiliki nilai manfaat dan nilai jual jika tidak ada kertas, lem sebagai bahan bakunya. Juga tidak akan ada buku jika tidak ada tenaga kerja dan modal untuk memuat buku. Kertas, lem, tenaga kerja dan modal di sebut sebagai faktor produksi. Karena dengan itu, produk tersebut memiliki nilai guna yang di sebut buku.

Yang di maksud dengan faktor produksi secara khusus adalah semua kebutuhan usaha yang di perlukan oleh produsen agar dapat melakukan produksi dengan lancar dan mudah. Jika di lihat dari pengertian tersebut, tentunya faktor produksi merupakan hal penting yang harus ada dalam suatu perusahaan. Jika tidak tersedia atau salah satunya tidak ada, maka bisa di pastikan produksi tidak akan berjalan.

Efeknya tidak akan ada produk/jasa yang di hasilkan, proses produksi terhenti yang akan membuat usaha Anda merugi. Bahkan bukan tidak mungkin perusahaan tersebut akan gulung tikar.

BACA JUGA:  Contoh Nota Kontan Yang Penting Untuk Pemilik Bisnis Ketahui

Tujuan Faktor Faktor Produksi

Faktor produksi harus di sediakan oleh produsen sebelum memulai usahanya. Karena ini memiliki tujuan tertentu yang ingin di capai. Berikut adalah tujuan yang di maksud:

1. Melancarkan Produksi

Tujuan pertama tentunya untuk memperlancar produksi produk/jasa. Karena semua sarana dan prasarana sudah tersedia. Bahkan ini tidak hanya terkait dengan produk. Tetapi juga dengan proses pemasaran, penggalangan dana modal, manajemen perusahaan dan sebagainya. Oleh karena itu, faktor produksi harus tersedia secara lengkap. Jangan sampai ada salah satu elemen yang hilang karena semuanya bisa rusak.

2. Memberi Keuntungan Pada Produksi

Tujuan selanjutnya adalah memberikan keuntungan bagi perusahaan. Hal ini jelas karena jika faktor produksi tersedia dan berjalan dengan baik, tentu produk yang di hasilkan juga akan baik.

Jika ini di pasarkan dan laris manis di pasaran, tentu para produsen akan mendapatkan keuntungan yang besar. Sehingga dapat di jadikan modal untuk meningkatkan usaha termasuk mengembangkan faktor produksi lebih lanjut.

3. Produk Sesuai Dengan Harapan Konsumen

Tujuan selanjutnya adalah agar produk yang di hasilkan oleh perusahaan lebih sesuai dengan harapan konsumen. Baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Hal ini membutuhkan faktor produksi yang lengkap serta kualitas yang tinggi. Jika ini tidak tersedia, jangan berharap produk akan di sukai pelanggan, setidaknya efektif untuk kebutuhan mereka.

Karena tujuan inilah faktor-faktor produksi harus di masukkan dalam rencana perusahaan. Minimal harus di ketahui sarana apa saja yang bisa membuat produk sesuai dengan keinginan pasar sasaran (konsumen).

Jika di lihat dari tujuan tersebut maka pihak manajemen perusahaan memang seharusnya mengarahkan pada titik-titik prioritas, karena hal tersebut dapat mendatangkan kepuasan yang dapat meningkatkan penjualan.

Jenis Faktor Faktor Produksi

Dalam pengembangan usaha di perlukan faktor produksi yang baik dan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, beberapa jenis harus di petakan dalam proses pembuatan produk. Berikut jenis-jenis yang di maksud:

BACA JUGA:  Berhenti Tunda dan Mulai Manajemen Waktu dengan Efektif

1. Faktor Sumber Daya Alam

Faktor sumber daya alam adalah jenis faktor produksi yang termasuk dalam bahan baku untuk dijadikan produk. Bahan baku tersebut akan di olah menjadi barang/jasa yang akan di pasarkan ke konsumen.

Sumber daya alam yang termasuk faktor produksi antara lain udara, tanah, air, hewan, tumbuhan, mineral dan bahan tambang lainnya. Contohnya adalah produk yang terbuat dari kulit. Jadi sumber daya alam adalah hewan. Karena dari kulit hewanlah yang di gunakan sebagai bahan baku produk.

2. Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia juga merupakan jenis faktor yang sangat penting. Karena tidak mungkin bahan mentah menjadi bahan setengah jadi kemudian menjadi produk/barang jadi jika tidak ada manusia yang mengolahnya.

Oleh karena itu sumber daya manusia juga harus ada di dalam perusahaan. Terutama yang memang memiliki persaingan yang baik di bidang pengolahan produk. Termasuk mampu mengoperasikan peralatan.

Sumber daya manusia bisa di bilang merupakan poin terpenting. Meski ada beberapa argumen yang kinerjanya bisa di gantikan oleh robot. Namun tentu saja dari segi rasa dan ruh, manusia lebih unggul. Tidak dapat di sangkal bahwa rasa dan jiwa ini juga membuat produk lebih berkualitas.

3. Sumber Modal

Sumber daya manusia maupun sumber daya alam tersedia, namun masih belum cukup untuk menghasilkan produk yang baik. Bisa di bilang ini adalah faktor produksi yang tidak lengkap yang hasilnya juga tidak akan memuaskan.

Dalam pembuatan produk tentunya membutuhkan modal. Ini untuk membeli bahan baku, alat produksi dan untuk membayar tenaga kerja. Oleh karena itu, modal juga perlu di masukkan ke dalam faktor-faktor produksi.

BACA JUGA:  Pentingnya Manajemen Operasional Perusahaan Yang Tepat

Artinya modal juga mempengaruhi terciptanya produk yang berkualitas dan di sukai konsumen. Semakin besar modal yang di miliki tentunya produk tersebut semakin berkualitas karena sumber daya manusia, sumber daya alam dan alat produksi yang di gunakan tentunya juga besar.

4. Faktor Kewirausahaan

Faktor wirausaha atau faktor manajemen juga perlu di masukkan dalam faktor produksi. Karena yang menentukan keberhasilan bukan hanya produknya tetapi teknik, strategi, perencanaan, pengendalian dan sebagainya.

Bahan baku, sumber daya manusia, sumber daya alam dan modal tersedia. Namun tidak adanya strategi, perencanaan, pengendalian dan pengawasan saat produk di buat, tentu hasilnya tidak akan memuaskan. Tentunya hal ini hanya akan menghasilkan produk yang tidak memiliki keunggulan dan tidak laku di pasaran.

Oleh karena itu di perlukan faktor manajemen (kewirausahaan) agar proses berjalan lebih lancar. Termasuk juga pemasaran, pembukuan, distribusi produksi, hingga observasi pasar.

Untuk manajemen pembukuan yang lebih baik, Anda dapat menggunakan software akuntansi yang dapat mengoptimalkan proses pencatatan keuangan bisnis Anda. Gunakan software akuntansi yang memiliki fitur terbaik dan mudah di gunakan meskipun Anda tidak memiliki pemahaman akuntansi yang mendalam.

5. Sumber Daya Informasi

Sumber daya informasi merupakan salah satu faktor yang juga penting, apalagi di era global seperti ini. Yang di mana arus lalu lintas informasi semakin cepat dengan adanya internet. Nah, perusahaan harus mengelola faktor ini dengan baik. Setidaknya jangan sampai ketinggalan informasi mengenai produk apa saja yang di butuhkan masyarakat saat ini.

Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai faktor faktor produksi, pengertian dan jenis-jenisnya. Semoga bisa menambah ilmu khususnya yang ingin menjalankan usaha baik skala kecil maupun menengah. Juga membuat perencanaan dalam pengembangan bisnis agar semuanya berjalan optimal.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik