September 17

0 comments

Contoh Pembukuan Untuk Jual Baju Online Shop Sederhana

Dalam menjalankan bisnis apa pun, termasuk jual baju online, Anda tetap harus mencatat di pembukuan. Pembukuan merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis, termasuk bisnis fashion.

Proses akuntansi ini mengacu pada aktivitas mengatur dan menyimpan dokumen keuangan dan akuntansi bisnis. Termasuk jurnal, buku besar, laporan keuangan, catatan pajak penghasilan, dan banyak lagi.

Pembukuan tidak hanya cukup ditekankan ketika perusahaan memiliki skala besar, tetapi juga perlu diterapkan pada perusahaan skala kecil agar tidak terseret oleh kegagalan untuk mengetahui masalah keuangan dengan baik dan menghindari kesalahan perhitungan jumlah pajak yang harus dibayar. dibayar.

Dengan pembukuan toko online sederhana atau kompleks yang baik sejak awal bisnis, bisnis kecil yang sedang berkembang akan mengetahui data penjualan harian dan memiliki kekuatan finansial yang sehat.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami terminologi, metode agar lebih akrab dengan praktik akuntansi.

Hal ini tentunya sangat penting bagi Anda dan stabilitas keuangan bisnis Anda dalam bisnis fashion dan toko online Anda.

Jual Baju

Usaha Jual baju Online Juga Perlu Sistem Pembukuan yang Baik

Selain harus mengetahui tren, dalam menjalankan bisnis fashion, Anda juga harus memperhatikan pembukuan keuangan bisnis tersebut.

Pembukuan penjualan harian dalam bisnis fashion sederhana atau toko online juga memiliki peran penting dalam siklus bisnis.

Dengan pembukuan yang buruk, bisnis fashion dapat mengalami kegagalan bisnis karena kurangnya manajemen keuangan dan masalah persediaan.

Contoh Pembukuan Penjualan Harian Usaha Jual Baju Fashion / Olshop (Online Shop) Sederhana

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat contoh pembukuan penjualan harian untuk bisnis fashion clothing, olshop (toko online), atau reseller sederhana:

BACA JUGA:  Tips Membangun Bisnis Fashion Batik Modern Di Era Milenial

Buka Pemesanan

Buku pesanan adalah buku yang fungsinya untuk mencatat semua pesanan atau pesanan yang masuk dan jumlahnya.

Selain itu, setiap order yang masuk juga bisa memberikan keterangan apakah sudah lunas atau belum di pembukuan toko online sederhana ini.

Untuk memudahkan dalam melakukan rekap bulanan, terbuat dalam beberapa kolom yang isinya seperti No., Nama Pelanggan, No. Pesanan, Tanggal Pemesanan, Jumlah Pesanan, Tanggal Pembayaran, Jumlah yang harus terbayar dan Resi Pengiriman.

Setiap bulan, total dari semua pesanan ini direkap kemudian semuanya harus terjumlah untuk mengetahui berapa omzet yang Anda dapatkan selama satu bulan.

Buku Kas Pemasukan Pengeluaran

Buku pengeluaran ini bermanfaat untuk mencatat semua pengeluaran yang terjadi selama satu bulan seperti pembelian barang dagangan, gaji karyawan, listrik dan kebutuhan lainnya.

Untuk memudahkan dalam melakukan rekap bulanan sebaiknya pada kolom, adapun isi kolom tersebut seperti No, Nama Transaksi, Jumlah Transaksi, Tanggal Transaksi, Keterangan, dan Jumlah.

Buku Stok

Buku stok ini merupakan contoh pembukuan toko online sederhana yang berfungsi untuk mencatat semua stok barang, mulai dari jumlah stok yang masih tersisa dari penjualan dan jumlah bahan baku yang masih tersedia, dan lain sebagainya.

Jika jumlah di buku stok berbeda dengan kenyataan, maka Anda bisa mengecek apakah ada kesalahan pencatatan atau ada barang yang hilang.

Karena selisih yang terjadi pada saham akan berpengaruh terutama pada keuntungan yang anda dapatkan.

Tips Agar Proses Pembukuan Berjalan dengan Lancar

Berikut beberapa tips atau cara agar proses pembukuan dan pembukuan bisnis jual baju Anda berjalan lancar:

Pertimbangkan untuk melakukan pembukuan secara mandiri atau menggunakan pembukuan/akuntan

Sementara pengusaha mungkin merasa siap untuk bertindak sebagai kepala akuntansi, penjualan, dan pemasaran pada saat yang sama untuk memangkas biaya, mungkin mempekerjakan seorang akuntan dapat membantu dalam bisnis mode.

BACA JUGA:  Tips Jitu Memulai Bisnis Cafe Kopi Yang Sukses

Sebaiknya percayakan pembukuan toko online sederhana atau kompleks untuk transaksi penjualan Anda kepada seseorang yang lebih berpengalaman dan mengerti dalam hal ini.

Untuk memulainya, Anda bisa menyewa part-timer atau sebagai freelancer, sehingga Anda tidak perlu membayar gaji penuh untuk mengurus pembukuan bisnis fashion ini.

Jangan biarkan klien lolos tanpa membayar tagihan

Melihat jumlah besar di kolom piutang adalah hal yang baik. Tetapi uang itu tidak akan benar-benar melalui proses perhitung sampai ada di rekening bank Anda dalam bisnis fashion.

Jangan biarkan klien menghindari pembayaran rutin dan pastikan Anda dapat tetap (mungkin bersikeras) menerima pembayaran sebelum pelanggan memiliki layanan/produk Anda.

Monitor Setiap Transaksi Secara Maksimal

Ada baiknya bagi pemilik bisnis untuk memeriksa catatan pengeluaran bisnis sehari-hari mereka di perusahaan.

Alih-alih menghitung pengeluaran setiap dua minggu untuk tujuan penggajian, fokuslah pada setiap hari atau setiap minggu.

Ini dapat membantu Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang bagaimana keuangan Anda setiap minggu. Berapa banyak uang yang harus Anda anggarkan untuk minggu mendatang.

Hitung Keuntungan Bulanan Minimum

Saat merencanakan berapa banyak yang Anda butuhkan untuk menjaga bisnis Anda tetap berjalan. Tetap berpegang pada angka di bidang keuangan bisa menjadi pilihan dalam bisnis toko online.

Ini memudahkan Anda untuk mengatur sistem pengeluaran dan kewajiban berulang yang akurat. Sehingga Anda tahu persis pendapatan minimum yang Anda butuhkan untuk setiap bulan.

Tanpa keakuratan pembukuan toko online yang sederhana atau kompleks. Data penjualan Anda ke akuntansi bisnis menjadi membingungkan dan bisnis Anda dapat menderita.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top