September 9

0 comments

Fungsi Catatan Atas Laporan Keuangan Dalam Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan (CALK) mengacu pada CLAK yang sudah diatur ataupun menurut PSAK yang berlaku terutama untuk perusahaan-perusahaan yang sudah go public. Catatan atas laporan keuangan adalah bagian dari laporan keuangan yang menyajikan informasi tambahan atas post-post di dalamnya antara lain :

1. laporan posisi keuangan atau neraca

2. laporan laba rugi

3. laporan perubahan ekuitas

4. laporan arus kas.

Fungsi dari catatan atas laporan keuangan adalah memberikan atau rincian dari post yang disajikan dalam laporan keuangan dan informasi tentang post yang tidak memenuhi kriteria pengakuan dalam laporan keuangan. Tujuan adanya CALK yaitu agar laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen perusahaan dapat dipertanggungjawabkan ke pemilik perusahaan. Karena tidak dapat dipisahkan dari laporan keuangan diikuti dengan CALK.

Selain itu laporan keuangan dan CALK disusun sebagai laporan kepada pihak-pihak diluar perusahaan seperti investor dan juga pemerintah. 

Isi dari catatan atas laporan keuangan biasanya disajikan setelah neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas. Pada gambaran umum perusahaan didalamnya terdapat :

1. Informasi riwayat perusahaan

2. Akte pendirian

3. Aktivitas usaha

4. Tanggal nomor dan jenis penawaran (apabila sudah masuk di bursa penawaran umum efek)

5. Struktur perusahaan, karyawan, direksi dan lain sebagainya

Ikhtisar kebijakan akuntansi signifikan terdapat pernyataan kepatuhan terhadap SAK, ada juga dasar pengukuran dan penyusunan laporan keuangan. Informasi tambahan untuk Neraca, L/R, Ekuitas, Arus Kas sesuai dengan urutan penyajian laporan dan masing-masing post. Misalkan pada bagian pengungkapan post-post laporan keuangan itu ada di aset yang menjelaskan asset lancarnya berupa kas, piutang usaha, asset keuangan lainnya seperti apa, asset tidak lancarnya seperi apa. Kemudian di bagian  liabilitasnya, bagian ekuitas, pendapatan, beban, semua bisa dijelaskan di catatan atas laporan keuangan. 

Pengungkapan lainnya di CALK biasanya tentang pajak penghasilannya, penurunan nilai asset non keuangan. 

Jadi cacatan atas laporan keuangan melengkapi dari apa yang sudah ada di laporan keuangan. Pelengkap atau lampiran yang belum jelas sumbernya ini semisal seperti :

  1. Bagian pengungkapan post-post laporan keuangan 
  2. Bagian laba rugi mengenai beban-beban yang digunakan

Tags


You may also like

Fungsi Arus Kas Bagi Usaha atau Bisnis Anda

Teknik Fixed Asset Opname yang Cepat, Tepat dan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube